Strategi Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Emas Tahun Ini

Informasi mengenai strategi mendapatkan keuntungan dari investasi emas tahun ini sangat dicari-cari oleh banyak investor yang masih pemula. Sebab, sebagian besar investor pemula atau orang-orang yang masih memiliki pola pikir klasik memilih emas sebagai pilihan terbaik untuk dijadikan investasi apalagi ketika melihat fakta bahwa harga emas tahun demi tahunnya cenderung mengalami kenaikan.

Secara prinsip, investasi emas memanglah berawal dari membeli emas, lalu menyimpannya, baru setelah itu menjualnya kembali ketika harga emas sedang naik. Hal inilah yang membawamu ke jalan untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, seperti jenis investasi lainnya, investasi emas juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena jika kamu salah ambil langkah sekali saja nantinya kamu justru malah mengalami kerugian daripada keuntungan.

Keunggulan lainnya dari investasi emas selain memiliki resiko yang rendah karena harganya kemungkinan besar mengalami kenaikan adalah investasi emas juga memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu yang panjang dan memiliki likuiditas yang tinggi sehingga bisa mempermudah para investor ketika ingin menjualnya. Maka dari itu, investasi emas sampai saat ini pun masih menjadi pilihan investasi yang paling tepat.

Strategi mendapatkan keuntungan dari investasi emas tahun ini, perlu dicatat!

Bagi para investor pemula, strategi untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas sangatlah dibutuhkan, karena tidak semua investor emas memiliki keberanian yang tinggi, ada juga dari mereka yang takut untuk mengambil resiko, mereka selalu memperhitungkan kerugian yang bisa saja mereka dapatkan di kemudian hari, sehingga akhirnya mereka mengurungkan niatnya untuk berinvestasi emas.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, terdapat strategi dan tips yang bisa kamu terapkan. Berikut strategi dan tips tersebut:

  1. Pastikan tujuan dan buat perencanaan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam kegiatan investasi emas adalah menentukan tujuanmu dalam berinvestasi emas, jangan hanya melakukannya secara sembarangan seperti membeli emas, disimpan, lalu dijual begitu saja.

Dengan memiliki tujuan yang tepat dan jelas, kamu bisa melakukan perencanaan dalam menentukan berapa banyak emas yang akan dikumpulkan untuk mencapai tujuanmu itu.

Contoh dari langkah ini adalah kamu berinvestasi emas untuk biaya pernikahan yang akan kamu lakukan dalam beberapa tahun ke depan, atau untuk dana pendidikan anakmu di masa depan, dan kegiatan-kegiatan sejenis ini lainnya.

  1. Perhatikan dengan jelas kemampuan finansial yang kamu miliki

Untuk berinvestasi emas, lebih tepatnya investasi jenis apapun itu, kamu diharuskan untuk memperhitungkan kemampuan finansial yang kamu miliki, apakah kamu benar-benar mempunyai dana lebih untuk memulai sebuah investasi, karena jangan sampai kamu mengorbankan seluruh penghasilanmu atau bahkan dengan berhutang untuk melakukan investasi jenis apapun itu.

Disarankan, paling tidak kamu harus memiliki tabungan dana darurat dengan jangka waktu selama 6-12 bulan yang telah terjamin siap sebelum berinvestasi. Hal ini dilakukan untuk menutupi pengeluaran yang datang secara tidak terduga.

  1. Perhatikan waktu saat investasi emas yang tepat

Memperhatikan waktu saat melakukan investasi emas juga merupakan salah satu faktor yang harus kamu perhatikan. Kamu harus rajin memantau pergerakan harga emas di pasaran. Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran. Kegiatan-kegiatan ini penting untuk dilakukan supaya kamu dapat menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas dengan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Menurut beberapa ahli, waktu yang tepat dalam investasi emas adalah ketika harga emas sedang turun dan menjualnya saat pergerakan harganya sedang naik. Selain itu, ada juga yang menyarankan untuk menyimpan investasi emasmu dalam kisaran waktu yang cukup panjang yaitu 5 tahunan.

  1. Pastikan jenis emas yang kamu pilih sesuai

Biasanya, bagi para investor yang masih pemula disarankan untuk berinvestasi emas dalam bentuk logam mulia. Sebab, investasi emas logam mulia akan lebih menguntungkan dan lebih cocok untuk dipakai sebagai dana simpanan masa depan daripada investasi emas yang berbentuk perhiasan.

Selain itu, keunggulan lain dari emas logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung akan lebih tinggi. Hal ini tentu berbeda dengan emas perhiasan yang harga jualnya biasanya akan lebih rendah yang disebabkan karena beberapa faktor seperti biaya komponen, jumlah karat, nilai seni, model, dan penurunan harga.

  1. Pastikan tempat penyimpanan emas yang kamu investasikan aman

Kamu tidak boleh menyimpan emas yang kamu investasikan dengan ceroboh, karena jika kamu dengan ceroboh menyimpannya di tempat yang tidak aman, hal itu dapat mengakibatkan emas tersebut beresiko hilang. Penyimpanan emas yang paling aman adalah di brankas rumah atau safe deposit box (SDB). Pada umumnya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan yang biasanya disediakan oleh agen investasimu. Biasanya, mereka akan menawarkan layanan jenis ini yang terpadu selama 24 jam.

Cara berinvestasi emas agar selalu menguntungkan

Untuk melakukan investasi emas hingga mendapat keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, kamu perlu melakukan cara-cara yang ada di bawah ini:

  1. Teknik investasi emas klasik

Arti dari teknik investasi emas klasik sendiri adalah membeli emas pada saat harga cukup murah dan menjualnya pada saat sudah naik dan memiliki selisih jual yang cukup banyak. Teknik ini biasanya digunakan oleh para orang tua jaman dulu namun teknik ini sudah terbilang efektif. Dengan melakukan teknik ini, berarti bisa dikatakan emas yang kamu simpan itu akan menjadi investasi jangka panjang.

  1. Membuat tabungan emas

Kamu juga bisa berinvestasi emas dengan cara menabungnya atau membuat emas tersebut sebagai sebuah asuransi. Jadi, pada saat tabungan sudah terkumpul, kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhanmu.

  1. Investasi emas untuk dijadikan modal usaha

Biasanya cara ini dilakukan oleh tempat pegadaian atau sistem gadai. Namun, untuk benar-benar menjalankan teknik ini kamu harus memahami penuh mengenai kelemahan yang dimiliki sistem ini.

  1. Teknik kebun emas

Teknik kebun emas juga bisa kamu lakukan, hanya saja sejak sekitar tahun 2013-an cara ini mulai ditinggalkan dan dianggap kuno karena dirasa sudah tidak cocok lagi dengan tren yang ada saat ini. Apalagi, teknik ini menggunakan sistem pegadaian yang apabila dihitung-hitung biayanya akan cukup tinggi dan tidak balik modal kalau harga emas sedang mengalami penurunan drastis.

Kesimpulannya, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dalam berinvestasi emas, kamu diharuskan mempelajari dan memahami strategi mendapatkan keuntungan dari investasi emas tahun ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *