Sekuritas Syariah, Lihat Daftar Sekuritas Syariah Terbaik

Sekuritas syariah menjadi komponen penting yang diinovasikan karena masyarakat Indonesia yang mayoritasnya Islam, sangat mengedepankan segala sesuatu berjalan sesuai ketentuan syariah. Sekuritas yang berlabel syariah berada pada kategori bisnis yang dirubah ketetapannya yang masih umum menjadi berbentuk syariah.

Berbisnis yang menguntungkan pun harus melihat asal muasal perusahaan yang akan diinvestasikan dana. Membeli saham atau obligasi yang belum jelas peroses pengoperasian dan pengolahan uang serta produk yang dihasilkan akan menimbulkan tanda tanya. Uang yang anda hasilkan dan yang anda putarkan, sesuai dengan syariat Islam atau tidak?

Sama halnya seperti pada perbankan, sekuritas berlabel syariah memastikan transaksi dan pengolahannya dalam jalan yang halal dan tidak ada sesuatu yang diharamkan. Seperti halnya menimbun barang, riba dan lain-lain yang menjadi pertimbangan masyarakat muslim di Indonesia. Namun, hal tersebut berhasil diinovasikan dengan berlabel syariah, karena masyarakat muslim pun harus hidup dengan semestinya tanpa harus terhalang geraknya.

Mengetahui Sekuritas Syariah

Sekuritas turut menjadi pertimbangan dalam negara Indonesia yang mayoritas muslim. Mengapa? Karena pada dasarnya sekuritas memperjualkan hutang. Sekuritas adalah surat penting berisi bukti utang dalam arti penanaman modal, seperti saham, obligasi, dan lainnya. Surat berharga ini dapat diperjual belikan.

Lalu apa yang menjadi masalah? Masalahnya adalah mengenai perdagangan utang. Dalam Islam, perdagangan utang tidak diperbolehkan.

Sekuritas yang syariah itu seperti apa? sekuritas yang berlabel syariah berarti akadnya, metode penjualannya, serta manajemen perusahaannya tidak boleh ada sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam. Jika dalam sekuritas konvensional atau sekuritas non syariah, emiten atau penjual saham perusahaan masih bersifat umum atau campuran, tidak mengklasifikasikan mana yang “halal” dan mana yang “haram”. Halal dan haram disini bisa dilihat dari manajemen perusahaannya dan produk apa yang diperjual belikan.

Dalam sekuritas berlabel syariah, semua emitennya sudah dipastikan tidak ada penggunaan unsur riba. Perusahaan sekuritas sudah menyortir semua emiten yang akan menjual belikan efeknya. Saham yang diperjual belikan pun dipastikan sudah dimiliki oleh investor. Tidak berupa saham atau obligasi yang belum memiliki nama atau masih diperjualkan dari pihak emitennya. Berhutang pun tidak diperbolehkan dalam transaksi, pembelian harus lunas dan dilakukan dengan tunai.

Kategori Sekuritas dalam Pandangan Syariah

Ada hal-hal dalam sekuritas yang menjadi perhatian dalam pandangan syariah. Untuk dapat dinilai sesuai syariat atau tidaknya, ada beberapa kategori yang dipertimbangkan:

  1. Keuntungan yang pasti dalam sekuritas konvensional, tidak diperbolehkan dalam pandangan syariah. Hal tersebut masuk ke dalam kategori riba. Penggunaan riba, baik itu dalam jangka waktu singkat maupun panjang akan sangat tidak diperbolehkan. Karena dalam Islam pun riba sangat dilarang dan harus ditinggalkan, itulah mengapa riba sekecil apapun tidak diperbolehkan.
  2. Sekuritas konvensional selain menggunakan konsep riba, pun masih diperdebatkan karena adanya ketidak jelasan dalam pengoperasiannya dan juga produk yang dihasilkan dan dipasarkan. Apabila ingin yang lebih aman, carilah yang sudah pasti mengikuti aturan syariah.
  3. Syariah memperbolehkan sekuritas dalam hal saham dan obligasi, baik yang menerapkan syarat dan ketentuan maupun tidak. Sedangkan sekuritas pemerintahan yang diperbolehkan adalah yang menghitungkan untung rugi secara adil dan sesuai kesepakatan bersama.

Transaksi Saham dengan SOTS (Syariah Online Trading System)

Anda wajib mengetahui sistem online trading syariah apabila anda akan terjun dalam dunia sekuritas yang sesuai syariah. SOTS ini adalah sistem transaksi saham online dengan ketentuan agama Islam dalam memperdagangkan barang-barang investasi di pasar modal. Sudah dipastikan bahwa transaksi dan emiten yang ada di dalamnya tidak bertentangan dengan syariah, jadi anda tidak perlu takut lagi.

Fitur-fitur ketetapan yang digunakan dalam SOTS ini adalah:

  1. Di dalamnya hanya memperjual belikan saham syariah, saham yang juga sudah ditentukan benar atau tidaknya berdasarkan pengoperasian, manajemen perusahaan, serta hasil yang dipasarkan.
  2. Pembayaran hanya bisa dilakukan secara tunai dalam membeli saham syariah (cash basis transaction), tidak disahkan apabila melakukan transaksi dengan perantara.
  3. Tidak dapat menggunakan dana pinjaman pada sekuritas untuk melakukan transaksi.
  4. Saham syariah yang belum berkepemilikan tidak bisa diperjual belikan, jadi bagi emiten yang menyediakan saham harus memiliki pembeli pada saham-saham yang ada di sekuritas
  5. Portofolio saham syariah yang terpisah

Tidak ada emiten dengan proses dan hasil dari perusahaannya yang tidak sesuai syariah dan tidak ada unsur riba yang digunakan dalam bertransaksi. Merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang selama ini tertarik dengan dunia sekuritas namun terhambat hal-hal yang tidak dianjurkan dalam syariat. Perusahaan-perusahaan sekuritas dengan sistem syariah akan memastikan emiten-emiten yang menjualkan sahamnya memiliki kebenaran syariah.

Perusahaan-Perusahaan Sekuritas Syariah yang Menawarkan SOTS

Berikut ini ada perusahaan-perusahaan sekuritas di Indonesia yang sudah memiliki sistem online trading syariah, diantaranya:

  1. PT Indo Premier Securities, yang memiliki nama SOTS yaitu IPOT Syariah.
  2. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, memiliki nama SOTS yaitu HOTS Syariah
  3. PT BNI Securities, memiliki nama SOTS yaitu e-Smart Syariah
  4. PT Trimegah Securities Tbk., memiliki nama SOTS yaitu iTrimegah Syariah
  5. PT Mandiri Sekuritas, emmiliki nama SOTS yaitu MOST Syariah
  6. PT Panin Sekuritas Tbk., memiliki nama SOTS yaitu POST Syariah
  7. Phintraco Securities, memiliki nama SOTS yaitu PROFITS Syariah
  8. PT Sucorinvest, memiliki nama SOTS yaitu SPOT Syariah
  9. PT FAC Sekuritas Indonesia, memiliki nama SOTS yaitu FAST Syariah
  10. PT MNC Securities, memiliki nama SOTS yaitu MNC Trade Syariah
  11. PT Henan Putihrai, memiliki nama SOTS yaitu HPX Syariah
  12. PT Philip Sekuritas, memiliki nama SOTS yaitu POEM Syariah
  13. PT RHB Sekuritas, memiliki nama SOTS yaitu RHB TradeSmart
  14. PT Samuel Sekuritas, memiliki nama SOTS yaitu Star Syariah
  15. PT Maybank Kim Eng Sekuritas, memiliki nama SOTS yaitu KE Trade Syariah

Perusahaan-perusahaan di atas merupakan perusahaan sekuritas yang sudah menerapkan sistem online trading syariah agar masyarakat muslim dapat menggunakannya tanpa lagi ada rasa khawatir dan was-was akan kehalalan emiten.

SOTS atau Syariah Online Trading System ini yang mulai dikembangkan pada tahun 2011 berhasil berkembang pesat di masyarakat Indonesia. Jumlah investor syariah serta saham syariah meningkat pesat di pasar modal, sehingga sekuritas konvensional pun seringkali kalah saing karena banyaknya yang beralih ke sekuritas berlabel syariah. Selain keamanan dan kehalalannya terjaga, keadilan dalam penghasilan dan transaksinya pun terjamin.

Bagaimana? Tertarik untuk terjun di sekuritas syariah? Keuntungannya dan perbedaannya dengan sekuritas konvensional sudah dijabarkan di atas. Melakukan investasi bisnis untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan pun harus melihat latar belakang dari perusahaannya. Yang pastinya harus jelas agar bisa mengetahui uang yang dihasilkan akan halal atau haram.

9 thoughts on “Sekuritas Syariah, Lihat Daftar Sekuritas Syariah Terbaik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *