Mari Memahami Saham Gorengan di Indonesia

Bagi para investor, istilah saham gorengan tidak asing lagi, tetapi berbeda halnya dengan para pemula, sehingga perlu kenali saham gorengan di Indonesia. Saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang membuat panduan untuk para investor saham, terutama bagi pemula, supaya tidak terjebak di saham gorengan ketika bertransaksi atau berinvestasi pada lantai bursa.

Untuk panduan pertama yang disusun yaitu itu melalui unusual market activity, yaitu data yang berisi saham di bawah pengawasan Bursa Efek Indonesia. Saham tersebut diawasi karena baik dari sisi aktivitas perdagangan saham maupun harga saham ternyata di luar kebiasaan. Selain melalui unusual market activity, panduan kedua yaitu melalui trading online dengan adanya notifikasi khusus di emiten yang diperjualbelikan. Dapat dikatakan bahwa hal ini merupakan panduan investor ketika bertransaksi di pasar modal.

Mari Kenali Saham Gorengan di Indonesia yang Menjadi Sorotan!

Saham gorengan memang saat ini menjadi sorotan beberapa pihak, baik dari pasar modal, otoritas bursa, maupun pihak pemerintah. Pada kenyataannya, Presiden Joko Widodo juga menyoroti terkait dengan saham gorengan ini. Bagi para investor pemula, sebenarnya mudah untuk mengetahui apakah suatu saham termasuk saham gorengan atau bukan.

Saham gorengan hanyalah sebuah istilah, karena saat ini diajarkan seperti makanan gorengan, jika semakin digoreng lama maka akan semakin garing dan renyah. Namun demikian, tentunya ada dampak negatif dan resiko kesehatan yang sangat besar dari hal tersebut. Begitu pula dengan saham gorengan, bisa diartikan sebagai saham dari perusahaan yang mengalami kenaikan tidak seperti biasanya karena terjadi rekayasa yang dilakukan oleh pelaku dasar dengan kepentingan tertentu.

Sebenarnya saham gorengan masih bisa dikatakan aman untuk para investor yang sudah berpengalaman, karena mereka sudah mengetahui karakteristik, aturan main, dan risikonya. Jadi tidak boleh main-main terkait dengan hal ini, apalagi bagi para pemula yang belum mengetahui seluk beluk saham. Untuk para investor yang berpengalaman pun tentunya tidak akan mengambil resiko besar dalam berinvestasi sehingga tidak boleh terlalu sering untuk membeli saham gorengan dengan dalih menjadikannya pengalaman untuk masuk pada pasar saham. Selain itu, trader juga perlu aktif untuk memantau pasar saham sehingga bisa mengetahui komando dan informasi yang diperoleh bandar melalui trader lainnya di pasar saham.

Mengenali Karakteristik Saham Gorengan

Bagi orang-orang yang melakukan investasi khususnya bagi para pemula, maka wajib untuk mengetahui karakteristik dan ciri-ciri saham gorengan. Berikut ini yang merupakan penjelasan.

Masuk Daftar Unusual Market Activity

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa unusual market activity merupakan salah satu panduan untuk mengawasi dalam suatu perusahaan yang luar kebiasaan. Biasanya, saham tersebut akan ditindaklanjuti oleh PT Bursa Efek Indonesia karena mengalami kenaikan terlalu ekstrem dalam waktu lebih dari 2 hari. Penelitian ekstrem ini melampaui batas terbesar harian, bisa 20%, 25%, bahkan 35% perhari sesuai dengan harga saham. Dalam hal ini unusual market activity berperan sebagai bagai fasilitator yang memberikan peringatan kepada para trader dan investor di pasar saham bahwa terdapat kemungkinan saham terkait sedang dibandar oleh predator besar dan harganya telah melampaui kebiasaan.

Bid dan Offer Tidak Wajar

Bid merupakan antrian membeli saham pada harga yang rendah, sementara offer merupakan antrian menjual saham pada harga yang tinggi. Umumnya, saham gorengan ditransaksikan pada jumlah yang besar namun posisi bid dan offer tipis. Dalam kata lain, hampir pada setiap harga antrian pada keduanya tidak merata, sering terjadi hanya satu lot per harga sehingga memudahkan Bandar untuk menaikkan harga saham.

Nilai Transaksi Harian dan Volumenya Tidak Wajar

Saham gorengan memiliki kapitalisasi pasar yang kecil sehingga termasuk pada kategori saham lapis 2 atau lapis 3. Namun demikian, saham tersebut memiliki nilai transaksi harian dan volume yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis bahkan dapat menyamai saham unggulan dalam hal transaksinya.

Dalam hal ini, kapitalisasi pasar merupakan ukuran besar kecilnya perusahaan, yang didapatkan dari jumlah saham beredar perseroan x harga pasar. Untuk membandingkan antar perusahaan sejenis, alangkah baiknya memperhatikan kapitalisasi pasar karena jika selisih terlalu jauh bisa membuat perbandingan saham tidak seimbang. Jika kapitalisasi kecil, maka bisa memudahkan bandar untuk mengelola saham gorengan menjadi komoditas di pasar modal.

Tidak Bisa Dianalisis

Penggorengan memiliki kinerja keuangan yang lebih rendah dibandingkan kenaikan harga saham di pasar sehingga rasio valuasi saham gorengan dan keuangan terlalu tinggi jika dibandingkan pesaingnya. Artinya, saham gorengan ini tidak bisa dianalisis dengan fundamental karena tidak masuk akal. Biasanya valuasi yang digunakan oleh perusahaan yaitu rasio harga saham per nilai dan rasio harga saham per laba. Apabila valuasi terlalu tinggi daripada pesaing rumah maka sebaiknya dihindari.

Tips Mencegah Berlanjut Pada Saham Gorengan

Karena sudah mengetahui bahwa saham gorengan memiliki risiko yang sangat besar maka alangkah baiknya untuk segera mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya sehingga tidak terus-menerus terjebak pada saham gorengan. Berikut ini merupakan tips mencegah berlanjut di saham gorengan.

Terus Pantau Pasar dan Jangan Terlalu Lama Dipegang

Menjadi seorang investor atau trader, 2 harus belajar disiplin bertransaksi, sehingga apabila memiliki keuntungan, maka dapat direalisasikan dengan cara menjual saham di pasar. Ketika harga saham turun, terapkan aksi untuk membatasi kerugian (cutloss) saat korupsi harga saham lebih besar daripada batas toleransi yang dimiliki.

Porsi yang Secukupnya

Untuk membatasi risiko, maka mengalokasikan trading porsi saham gorengan maksimal 10% dari portofolio di pasar saham. Jumlah ini tentu sangat relatif karena setiap investor tentu mempunyai profit investasi, toleransi risiko dan horizon investasi yang tidak sama. Selain itu, diutamakan selalu menjaga nilai tidak besar karena dalam saham gorengan risikonya sangat berlipat lipat dibandingkan saham unggulan. Oleh karena itu, apabila harus membeli produk tersebut, jangan membeli terlalu banyak sehingga bisa menjaga portofolio saham.

Beranikan Cutloss

Dalam berinvestasi tentu tidak ada orang yang menginginkan kerugian, tetapi terkadang hal ini terjadi. Jika mengalami kerugian maka tidak perlu takut membatasi kerugian itu. Transaksi dalam saham gorengan, harus selalu memantau harga saham dan pasar saham di setiap menitnya, bahkan tiap detik karena seperti yang telah diketahui bahwa transaksinya sangat cepat.

Apabila mengalami penurunan yang terlalu dalam dan membuat putus harapan, maka saham gorengan tersebut dapat dijual pada harga berapapun sehingga tidak berkepanjangan. Bagaimanapun juga, saham gorengan tidak bisa diandalkan untuk kepastian usaha ke depannya. Memiliki saham gorengan yang terlalu lama maka risikonya menjadi semakin besar.

Demikianlah penjelasan terkait dengan saham gorengan. Usahakan sebelum melakukan investasi dan trading kenali saham gorengan di Indonesia secara mendetail sehingga bisa mengetahui seluk beluknya. Terlagi karena saham gorengan memiliki dampak dan risiko yang sangat besar sehingga kita perlu mengetahui perusahaan apa saja yang memiliki saham gorengan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *