Punya Gaji Pas-Pasan Tapi Ingin Berinvestasi? Simak Tips Berikut Ini

Investasi adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menambahkan keuntungan yang dapat anda miliki. Namun terdapat satu permasalahan bagi orang untuk melakukan investasi. Ya apalagi kalau bukan penghasilan atau gaji yang pas-pasan atau kecil.

Bagi sebagian orang apalagi yang memiliki gaji pas-pasan mungkin akan berfikir beberapa kali sebelum melakukan investasi. Faktor utamanya mungkin pada modal yang diperlihukan.Sebenarnya anggapan seperti itu lebih baik anda buang jauh-jauh karena tidak semua investasi memerluhkan modal yang banyak.

Apabila anda memiliki gaji yang terhitung pas pasan mungkin anda akan mengubur dalam-dalam keinginan untuk berinvestasi. Mengingat pengeluaran untuk kebutuhan sendiri sudah banyak dan sangat tidak mungkin untuk berinvestasi. Namun sebenarnya dalam investasi kuncinya adalah mampu melakukan analisa dengan baik dan memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

Mengingat dalam investasi menghadirkan banyak keuntungan, sebaiknya anda mulai memikirkan untuk melakukan investasi. Investasi memiliki beragam sarana yang dapat anda pergunakan. Mulai dari investasi emas, reksadana, deposito ataupun jenis investasi lainnya.

Investasi pastinya akan menambah penghasilan anda. Namun anda juga harus mengerti bagaimana cara agar investasi tersebut menguntungkan?. Anda pastinya menginginkan keuntungan yang banyak bukan?, karena memang investasi dilakukan dengan harapan memperoleh keuntungan.

Lantas apa saja tips berinvestasi untuk orang dengan penghasilan pas-pasan? Berikut ini adalah beberapa tips yang perluh anda ketahui dalam melakukan investasi.

Menentukan Besaran Alokasi Dana Untuk Investasi

Menentukan alokasi dana untuk investasi perluh anda lakukan, sebab kalau tidak anda tentukan pastinya akan mengganggu keuangan anda dalam setiap bulannya. Nah menentukan alokasi dana untuk investasi sendiri lebih baik dilakukan pada saat awal bulan atau setelah anda menerima gaji. Namun sebelum anda menentukan besarannya, anda harus mengerti berapa kebutuhan anda dalam satu bulannya.

Untuk alokasi dana investasi anda dapat menggunakan rumus 5-10% dari gaji yang anda terima. Tidak teralu menyita gaji anda bukan? Nah hal ini dapat anda pakai untuk permulaan investasi. Misalnya gaji yang anda terima 5 juta, jadi anda sisihkan dana sebesar 250 ribu sampai 500 ribu untuk investasi. Tetapi pastikan anda telah mengalokasikan dana lainnya yang bersifat tetap seperti untuk keperluan listrik ataupun yang lainnya.

Pilih Investasi Dengan Risiko Rendah

Apa maksudnya memilih investasi dengan risiko rendah?. Maksudnya anda memilih jenis investasi yang menawarkan keuntungan yang tetap dan pasti menghasilkan. Hal ini sangat sesuai karena dalam investasi berrisiko rendah, tidak akan membuat anda rugi. Memang jenis investasi ini tidak menawarkan hasil yang tinggi, Tetapi yang terpenting adalah investasi ini tidak membuat anda rugi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas apa saja pilihannya?, anda mungkin dapat mempertimbangkan deposito dan reksadana. Kedua jenis investasi ini memang tidak memberikan hasil keuntungan sebesar saham atau jenis investasi dengan risiko tinggi lainnya. Namun deposito dan reksadana tetap memberikan keuntungan yang pasti akan anda terima. Apalagi saat ini sudah mulai banyak platform investasi reksadana dengan setoran ringan, mulai dari 100 ribu saja.

Perhatikan Keuntungan Dan Pengeluaran

Inilah hal yang juga sangat penting dalam berinvestasi. Karena tujuan investasi adalah mendapat keuntungan maka anda harus dapat menganalisa mengenai investasi yang anda pilih. Misalnya anda memilih berinvestasi di salah satu sarana. Apabila dirasa tidak memberikan keuntungan, anda dapat mencari alternatif lainnya.

Perhatikan juga pengeluaran anda dalam kehidupan sehari-hari. Mulai kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Pengeluaran yang tidak perluh sama dengan anda membuang uang anda dengan percuma. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran tidak perluh tersebut dan alokasikan untuk investasi ataupun tabungan. Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, apabila pengeluaran yang tidak perluh tersebut anda tabung atau investasi maka lama lama akan menjadi banyak.

Pilih Investasi Emas Atau Investasi Berwujud lainnya

Investasi emas atau kedalam benda berwujud lain merupakan hal yang menguntungkan. Harga emas yang tidak turun serta investasi dalam wujud properti misalnya harganya akan selalu naik. Jenis investasi ini cocok sekali karena tidak ada risiko turunnya nilai dari benda berwujud yang di investasikan.

Lantas bagaimana menjalankan investasi ini? Sebenarnya cukup mudah dilakukan. Awali dengan membeli emas 1 gram atau dalam jumlah lain yang sesuai dengan anggaran yang telah anda miliki. Kemudian anda selalu memantau dan menganalisa mengenai harga per satuannya. Apabila harga naik maka anda dapat menjual emas tersebut dan menggunkan keuntungannya sebagai modal untuk menambah emas yang dimiliki yang kemudian untuk berinvestasi lagi.

Kendalikan Diri

Setelah anda memperoleh gaji problem yang sering muncul adalah mengikuti kepuasan diri. Contohnya saat anda melihat teman anda membeli ponsel baru, anda juga buru-buru langsung membeli. Padahal ponsel anda masih layak untuk digunakan. Hal ini tentu saja membuat anda senang namun hal itu bisa saja menjadi kesenangan sesaat.

Sama seperti dalam investasi apabila anda mendapatkan keuntungan, jangan langsung buru-buru untuk dihabiskan. Mulailah mengendalikan diri dengan membagi hasil keuntungan, entah anda tabung atau anda jadikan modal lagi untuk berinvestasi. Hal ini memang dirasa sulit karena sifat manusia yang memang tidak pernah puas, namun bila anda dapat mengendalikan diri dengan baik, tentu saja banyak hal baik yang akan anda dapati.

Itulah tadi beberapa tips berinvestasi untuk anda yang memiliki gaji yang dirasa pas-pasan. Investasi tujuannya adalah menambah penghasilan anda jadi lakukan investasi selagi anda memiliki penghasilan. Terimakasih telah membaca artikel ini, jangan lupa untuk mampir kembali untuk artikel-artikel menarik lainnya. Selalu jaga kesehatan dan selalu melaksanakan kewajiban terlebih dahulu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.