Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI, Lihat Daftarnya Berikut

Sudahkah kamu mengetahui perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI? Informasi ini sangat penting bagi Anda yang merupakan pebisnis atau seorang investor. Perlu diketahui, bahwa BEI sendiri merupakan Bursa Efek Indonesia yang mana adalah suatu wadah untuk menampung kegiatan transaksi dan mengawasi jual beli efek masyarakat Indonesia.

Perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei sendiri juga terdiri dari berbagai jenis sektor. Nah untuk di artikel ini, Kita secara khusus akan membahas tentang perusahaan industri manufaktur. Jadi bagi Anda yang ingin menginvestasikan uang Anda pada perusahaan manufaktur pilihan Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa saham tersebut sudah masuk kedalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Sebelum itu, penting bagi Anda untuk memahami apa itu perusahaan manufaktur sendiri. Jadi, simpelnya perusahaan manufaktur adalah definisi untuk perusahaan yang pekerjaannya adalah mengubah bahan baku kemudian menjadi barang jadi atau bisa juga masih setengah jadi. Pada perusahaan ini, ada ciri khas atau keidentikan yakni adanya berbagai mesin, peralatan, serta teknik rekayasa.

Lalu apa saja perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI? banyak sekali tentunya. Jadi memang yang sudah terdaftar di BEI berarti perusahaan itu ikut serta dalam memperjualbelikan sahamnya kepada masyarakat luas di Indonesia. berikut ini adalah contoh perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei:

Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia

Perusahaan manufaktur khususnya di sektor industri dasar dan kimia ini, cukup banyak perusahaan yang menempatinya. Disini yang sudah terdaftar di BEI antara lain adalah INTP Tbk (Indocement Tunggal Prakarsa), ARNA (Arwana Citramulia Tbk), KIAS (Keramika Indonesia Assosiasi Tbk), EKAD (Ekadharma International Tbk), BRPT (Barito Pacific Tbk), BTON (Betonjaya Manunggal tbk), AKPI (Argha Karya Prima Industri Tbk), MAIN (Malindo Feedmill Tbk), TIRT (Tirta Mahakam Resources), KBRI (Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk).

Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi

Untuk sektor manufaktur yang ini dikhususkan untuk jenis barang yang bisa dikonsumsi. Yang masuk jajaran perusahaan manufaktur industri barang konsumsi ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • DLTA (Delta Djakarta Tbk)
  • LMPI (Langgeng Makmur Industri Tbk)
  • ICBP (Indofood CBP Sukses Makmir Tbk)
  • KDSI (Kedawung Setia Industrial Tbk)
  • RMBA (Bentoel Internasional Investama Tbk)
  • SIDO (Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk)
  • MRAT (Mustika Ratu Tbk)
  • KAEF (Kimia Farma Tbk)
  • UNVR (Unilever Indonesia Tbk)

Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri

Dan penjabaran perusahaan manufaktur yang terakhir adalah berbagai industri yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • KRAH (Grand Kartech Tbk)
  • ASII (Astra International Tbk)
  • POLY (Asia Pacific Fibers Tbk)
  • MYTX (Asia Pacific Investama Tbk)
  • KBLM (Kabelindo Murni Tbk)
  • SCCO (Supreme Cable Manufacturing and Commerce Tbk)
  • PSTN (Sat Nusapersada Tbk)
  • Dan lain sebagainya

Perusahaan Manufaktur Terbesar di Indonesia

Membahas tentang perusahaan manufaktur memang sangat menarik, karena memang diantaranya adalah penyumbang kas negara terbesar dari pajaknya karena asetnya yang juga sangat banyak. Ada setidaknya tiga perusahaan manufaktur terbesar, yang mana mungkin membuat kamu tertarik untuk menginvestasikan uang kamu disana. Berikut ini daftar perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia:

ASII (PT Astra International Tbk)

Siapa yang tidak tahu PT Astra ini. PT Astra bahkan menempati peringkat pertama untuk perusahaan dengan asetnya yang sangat besar, yakni sekitar Rp. 366,74 Triliun. Dia sendiri berdiri pada sektor manufaktur aneka industri serta berada pada sub sektor komponen serta otomotif yang mana sangat terkenal di Indonesia.

Berbagai produk Astra sendiri pasti sudah Anda ketahui karena saking terkenalnya. Bahkan tanpa Anda sadari, mungkin Anda bisa saja memiliki lebih dari satu barang yang diproduksi oleh PT Astra ini.

INDF (PT Indofood Sukses Makmur Tbk)

Perusahaan manufaktur yang satu ini adalah perusahaan yang memproduksi makanan favorit Anda sekalian, yaitu Indomie. Dengan berbagai produk yang dikeluarkan oleh PT Indofood ini, maka tidak mengherankan bahwa perusahaanya juga sudah berkembang sebesar ini. Ia menempati nomer dua sebagai perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia.

Nilai aset yang dimilikinya sendiri sudah mencapai Rp. 102,66 Triliun yang mana adalah angka yang sangat fantastis bagi perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages. Dan ternyata, faktanya perusahaan saudaranya ICBP atau Indofood CBP Sukses Makmur juga memiliki nilai aset yang tinggi yakni sekitar Rp. 42 Triliun.

SMGR (PT Semen Indonesia)

Siapa yang tidak tahu perusahaan semen di Indonesia yang satu ini. Perusahaan dibidang industri dasar dan kimia yang satu ini adalah perusahaan yang menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia untuk membeli semen sebagai bahan baku membangun bangunan. Asetnya juga sangat banyak, yang mana adalah nomer 3 tertinggi di Indonesia yakni nilainya hingga Rp. 79,28 Triliun.

Perusahaan manufaktur yang satu ini sangat layak diperhitungkan keberadaannya dan tentunya keberadaannya ikut menyumbang kas negara. Di Indonesia sendiri, perusahaan manufaktur sangat banyak dan sebagian sudah disebutkan pada daftar manufaktur yang ada di BEI tadi.

Tips Investasi Saham Perusahaan Manufaktur

Sudah mengerti berbagai perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei, mungkin Anda berminat untuk membeli saham disana. Itu adalah hal yang bagus, mengingat bahkan kehidupan Kita sehari-hari tidak pernah lepas dari berbagai produk manufaktur. Ada beberapa tips yang harus Anda pahami jika ingin investasi saham, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda ingin menginvestasikan uang Anda, lebih baik menginvestasikan di beberapa perusahaan sehingga tidak pada satu tempat saja. Ini akan membuat Anda tidak beresiko terlalu tinggi ketika semisalnya ada naik turunnya perusahaan.
  2. Ingatlah selalu istilah jangan meletakkan uang Anda dalam satu keranjang saja, maka dari itu jangan lupa untuk menginvestasikan uang Anda di berbagai tempat
  3. Lihat selalu perkembangan pasar sehingga Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual saham Anda atau mungkin menambah aset saham Anda
  4. Pelajari baik-baik tentang dunia investasi, jangan hanya ikut-ikutan saja
  5. Anda bisa memilih perusahaan manufaktur yang Anda sukai pula sebagai bentuk dukungan atau loyalitas Anda terhadap perusahaan yang Anda kehendaki
  6. Jangan nafsu dalam melakukan investasi karena tidak ada hal yang baik dalam nafsu tersebut
  7. Pahami kemungkinan resiko kerugian dan keuntungan jika Anda menginvestasikan uang Anda di perusahaan manufaktur
  8. Jika Anda adalah investor pemula, jangan malu untuk belajar dan juga bertanya kepada mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi manufaktur

Itulah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang harus Anda ketahui, lengkap berserta dengan tipsnya. Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk menginvestasikan uang Anda pada perusahaan manufaktur? Apapun pilihan Anda, pastikan Anda sudah menguasai ilmunya dengan baik sehingga modal yang Anda miliki tidak terbuang sia-sia. Jadi, perusahaan manufaktur di BEI mana yang merupakan favorit Anda?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *