Perbedaan Opening balance, Cash balance, dan Current balance di Software Saham!

Untuk mengetahui perbedaan opening balance, Cash balance, dan Current balance di software saham, pastilah anda adalah orang yang sedang memulai untuk berinvestasi saham. Sudah sangat banyak software yang menjadi platform berisi transaksi jual beli. Masing-masing software itu pastinya akan mempunyai menu modal atau dana yang anda miliki seperti di antaranya adalah opening balance, Cash balance, dan Current balance.

Meskipun dalam setiap software ada tujuan dan ciri khasnya sendiri-sendiri, namun ketiga menu tersebut adalah hal wajib dan mendasar yang harus ada karena berisi informasi pengguna. Lalu, apa definisi dan perbedaan dari ketiganya itu?

Apa Perbedaan opening balance, Cash balance, dan Current balance di software saham?

Menjadi hal yang wajib ada, nyatanya ketiga hal ini masih menjadi kebingungan yang banyak orang tidak pahami. Ada saja yang tidak mengerti bahkan terbalik-balik dalam mengartikannya.

Dalam aplikasi saham, anda pasti memiliki tujuan awal untuk bermain saham seperti bertransaksi saham. Namun sebelum bertransaksi, anda juga butuh mencari informasi-informasi seperti chart yang bisa anda gunakan untuk melakukan analisis teknikal dalam memilih saham perusahaan, serta daftar-daftar harga saham dan lainnya.

Jika anda sudah memiliki akun dan berniat untuk melakukan transaksi saham, anda membutuhkan modal untuk bertransaksi. Anda bisa melihat informasi diri anda dan juga modal atau aktivitas keuangan anda di Account Information. Lalu pilih cash account apabila ingin menilik informasi keuangan anda.

  1. Opening balance

Opening balance ini berisi informasi tentang jumlah uang cash anda yang sudah ada masukkan pada software saham itu. Opening balance ini menyertakan jumlah uang anda pada awal hari, saat pertama kali anda memasukkan saldo pada rekening saham.

  1. Cash balance

Cash balance adalah informasi mengenai jumlah uang cash anda pada akhir hari. Jadi, Cash balance berisi informasi uang cash anda terakhir kali pada hari itu. Apabila anda hari itu melakukan transaksi, maka akan ada perhitungan untuk Cash balance ini.

Ada rumus yang digunakan dalam menghitung Cash balance. Yaitu:

Cash balance = Opening balance + Today Deposit – Today Withdrawal

  • Opening balance yaitu jumlah uang pada awal hari
  • Today deposit adalah simpanan uang anda pada hari itu
  • Today withdrawal adalah penarikan uang yang anda lakukan pada hari itu
  1. Current balance

Current balance adalah informasi jumlah uang anda, yang juga berisi kewajiban pembayaran apabila anda melakukan transaksi. Rumus:

Current balance = Cash balance + Receivable – Payable – Today Buy + Today Sell

  • Cash balance adalah jumlah uang pada akhir hari, merupakan hasil dari Opening balance + Today Deposit – Today Withdrawal
  • Receivable adalah jumlah uang yang akan masuk ke rekening anda setelah melakukan penjualan
  • Payable adalah jumlah kewajiban yang yang harus dibayar karena pembelian
  • Today Buy adalah jumlah uang yang dibutuhkan dalam melakukan pembelian
  • Today Sell adalah jumlah uang yang dibutuhkan dalam melakukan penjualan

Pentingnya Memahami Opening balance, Cash balance, dan Current balance

Mengapa sepertinya hal itu sangat serius dan sangat wajib dimengerti? Padahal ketiga hal tersebut hanya berisi data keuangan pribadi anda sendiri.

Dalam penggunaan keuangan di situs saham, ada aturan-aturan perhitungan lain yang bisa menjerumuskan anda pada langkah yang salah. Karena dalam ketiga hal tersebut ada rumus perhitungannya sendiri-sendiri yang akan menyisakan saldo baru milik anda.

Seperti halnya Current balance yang menyertakan rumus Cash balance + Receivable – Payable – today buy + today sell.

Opening balance adalah uang anda di awal hari. Jadi jika anda sudah mengisi saldo di software dengan modal awal Rp. 10.000.000,00 maka yang akan tertulis di cash account bahwa opening balance anda adalah Rp. 10.000.000,00

Sedangkan apabila Cash balance, adalah modal awal anda di awal hari, yaitu Rp. 10.000.000,00. Sedangkan anda kemarin sudah menyuntikkan dana sebesar Rp. 10.000.000, maka jumlah today deposit anda hari ini adalah Rp. 10.000.000. dengan itu, jumlah Cash balance anda adalah Rp. 30.000.000

Current balance adalah apabila anda memiliki Cash balance sebesar Rp. 30.000.000, dan anda membeli saham pada suatu perusahaan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000.000, maka apabila menggunakan rumus adalah seperti ini:

Current balance = Cash balance (Rp. 30.000.000) + Receivable (0) – Payable (0) – Today Buy (Rp. 5.000.000) + Today Sell (0)

Current balance = Rp. 30.000.000 – RP. 5.000.000

Current balance = Rp. 25.000.000

Sedangkan apabila anda pada hari itu melakukan penjualan saham, maka yang digunakan adalah today sell. Namun today buy akan tetap dihitung apabila anda juga membeli saham di hari yang sama. Dengan permisalan anda menjual saham dengan harga Rp. 7.000.000, perhitungannya akan jadi seperti di bawah ini:

Current balance = Cash balance (Rp. 30.000.000) + Receivable (0) – Payable (0) – Today Buy (0) + Today Sell (Rp. 7.000.000)

Current balance = Rp. 30.000.000 + Rp. 7.000.000

Current balance = Rp. 37.000.000

Hal yang bisa anda jadikan patokan adalah dengan melihat informasi jumlah uang anda di Current balance. Karena itu adalah sisa uang asli yang anda miliki. Jangan sampai saat anda melakukan transaksi beli saham, anda menggunakan patokan Cash balance apalagi opening balance.

Karena jumlah ketiganya berbeda, jika anda mengira uang sisa uang anda masih Rp. 5.000.000 saat melihat Cash balance, padahal sisa uang anda di Current balance adalah Rp. 3.000.000 karena sudah terpakai dengan transaksi sebelumnya, lalu membeli saham dengan harga Rp. 5.000.000, maka anda secara tidak sadar sudah menggunakan uang utang. Dan jika anda tidak menyadarinya dan tidak segera mengembalikannya dengan mengisi saldo baru maka saham anda bisa dikenakan force sell atau jual paksa dari pihak pasar.

Force sell ini tidak hanya menjual saham yang terakhir anda beli untuk utang, tetapi bisa jadi menggunakan saham random yang bisa saja saham yang paling menguntungkan. Pastinya anda akan rugi karena penjualan paksa itu ditambah dengan uang penjualannya tidak adan terima namun untuk membayar utang yang tidak anda ketahui. Jadi wajib sekali bagi anda untuk mengetahui ketiga hal tersebut.

Memang dalam investasi dan juga bisnis ada banyak sekali penggunaan-penggunaan istilah asing untuk setiap kegiatannya. Yang membuat orang-orang yang memutuskan untuk bergabung dalam dunia investasi terpaksa ataupun tidak terpaksa harus memahami istilah-istilah tersebut agar tidak salah arti. Bisa saja anda mengira rugi padahal pengetahuan anda yang belum dapat memahami perhitungan yang berlaku.

Jadi, jangan berhenti untuk mempelajari ilmu pengetahuan tentang bisnis. Belajar dari pengalaman, yang bisa membuat anda menyadari bahwa pengetahuan anda masih sangat sedikit. Demikian perbedaan opening balance, cash balance, dan current balance di software saham. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *