Apa itu Sekuritas? Pengertian Sekuritas dan Tips Memilih Sekuritas Yang Tepat

Berbicara mengenai apa itu Sekuritas? Pengertian Sekuritas itu sendiri tentunya dapat dibahas terlebih dahulu. Karena bagi pemain lama dalam dunia investasi, istilah yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi.

Sedangkan bagi Anda yang baru dalam dunia investasi, khususnya dalam investasi jual beli saham ini pasti akan sedikit kebingungan dengan istilah “Sekuritas”. Maka, dalam kegiatan jual beli saham di pasar modal, keberadaan Sekuritas sendiri dinilai sangat penting dan harus ada.

Apa itu Sekuritas? Pengertian Sekuritas dan Aspek Penting Lainnya

Sekuritas merupakan salah satu instrumen keuangan yang dapat menggantikan kedudukan kepemilikan saham yang terdapat dalam satu perusahaan publik. Dengan kata lain, sekuritas dapat menjadi bukti resmi yang dimiliki perusahaan publik mengenai kepemilikan sahamnya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, sekuritas ini erat kaitannya dengan Perusahaan Sekuritas. Nah, yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas ialah suatu perusahaan yang telah mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sehingga perusahaan sekuritas dapat melakukan berbagai kegiatan usaha, misalnya berperan sebagai pihak perantara dalam perdagangan efek, menjadi pihak penjamin dalam emisi efek, dan kegiatan lainnya yang sesuai dalam ketentuan dan juga peraturan pengawas di pasar modal.

Bagi Anda yang tertarik membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Anda tidak dapat langsung membeli saham tersebut tanpa adanya perusahaan sekuritas tadi. Karena itulah perusahaan sekuritas tersebut dapat menjadi pihak perantara antara perusahaan jual beli saham dan Anda sebagai investor di BEI.

Di Indonesia terdapat dua jenis perusahaan sekuritas yaitu perusahaan sekuritas asing dan perusahaan sekuritas lokal. Selain itu, pergerakan perusahaan sekuritas asing lebih banyak diikuti karena diklaim dapat melakukan transaksi dengan nilai yang cukup tinggi.

Sehingga secara umum terdapat dua jenis aktivitas usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan sekuritas tadi. Aktivitas usaha tersebut sebagai berikut:

  • Perantara Perdagangan Efek

Perusahaan sekuritas berperan menjadi pihak perantara dalam perdagangan efek. Dalam hal ini perusahaan sekuritas disebut pula sebagai broker dealer. Dengan kata lain, perusahaan sekuritas dapat melakukan aktivitas jual beli efek yang berupa surat berharga.

Jual beli efek tersebut dapat dilakukan untuk kepentingan orang lain ataupun kepentingannya sendiri. Sehingga, perusahaan sekuritas pada umumnya dapat melakukan aktivitas jual beli saham ataupun obligasi yang dapat dilakukan di BEI maupun di luar BEI.

  • Penjamin Emisi Efek

Dalam hal ini perusahaan sekuritas bertanggung jawab penuh membantu calon emitennya melakukan penawaran saham. Aktivitas inipun biasanya dikenal sebagai initial public offering atau IPO. Hal inipun berlandaskan dengan atau tanpa adanya suatu kewajiban membeli sisa efek di pasar saham yang tidak terjual.

Tips Memilih Sekuritas yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk memilih sekuritas, Anda dapat menilai sekuritas secara tepat dari berbagai aspek. Untuk itu, simak beberapa tips dalam memilih sekuritas yang tepat di bawah ini:

  1. Sekuritas yang Terdaftar di OJK

Tips pertama yang paling penting harus Anda perhatikan ialah, berhati-hatilah dalam memilih perusahaan sekuritas. Anda dapat memastikan suatu perusahaan sekuritas yang hendak digandeng sudah terdaftar secara resmi di OJK dan BEI.

Hal ini penting, agar seluruh kegiatan transaksi yang akan dilakukan ke depannya sudah terjamin aman. Karena aktivitas tersebut telah diawasi lembaga keuangan yang resmi seperti OJK.

  1. Sekuritas yang Memberikan Kemudahan Transaksi

Saat ini telah banyak perusahaan sekuritas yang memiliki sistem jual beli secara online. Hal inipun dapat menjadi salah satu kemudahan dalam transaksi. Sehingga, Anda dapat mengetahui lebih dalam lagi terkait kemudahan transaksi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tersebut.

  1. Mempertimbangkan Analisis Riset yang Diberikan

Perusahaan sekuritas yang berkualitas dapat memberikan analisis riset penting yang berhubungan dengan keadaan pasar saham secara berkala. Apabila riset yang diberikan perusahaan sekuritas tersebut dinilai cukup memuaskan, Anda tak perlu ragu lagi untuk mengajaknya bekerja sama.

  1. Biaya yang Sepadan

Menilik biaya atau fee yang ditawarkan perusahaan sekuritas tentu sangat penting untuk dibahas. Biaya transaksi sendiri merupakan pendapatan yang telah diperoleh pada setiap perusahaan sekuritas. Pada umumnya setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan biaya yang berbeda-beda.

  1. Perhatikan Customer Service dari Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang tepat dapat memberikan pelayanan customer service yang baik. Jangan salah, hal inipun dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Sebab dalam proses investasi yang dijalankan bersama perusahaan sekuritas, Anda bisa saja mendapatkan suatu kendala di dalamnya. Sehingga layanan customer service dapat dibutuhkan sewaktu-waktu.

Mengenal Jenis-Jenis Sekuritas

  • Utang

Sekuritas utang merupakan salah satu jenis sekuritas yang berperan sebagai bukti kepemilikan suatu utang dengan bentuk surat berharga. Surat berharga inipun dapat jadi berbeda-beda, tergantung dari tenggat waktu ataupun jatuh tempo pembayaran, hingga ciri-ciri lainnya yang terdapat di dalamnya.

  • Ekuitas

Sekuritas ekuitas merupakan suatu bentuk kepemilikan yang dapat dimiliki oleh pemegang saham yang berasal dari suatu entitas tertentu. Contohnya saja pada suatu perusahaan, ekuitas yang didapatkan dapat memiliki wujud saham yang meliputi jenis saham biasa dan juga saham preferen.

Pada umumnya, setiap dari pemegang saham tersebut dapat mengantongi suatu hak untuk dapat mengendalikan suatu perusahaan. Dalam hal ini perusahaan yang dikendalikan telah meliputi hak suara yang terdapat di dalamnya.

Golongan yang Terlibat di Perusahaan Sekuritas

Di satu perusahaan sekuritas pada umumnya terdapat broker atau dikenal juga sebagai pialang, yang bertugas melaksanakan kegiatan jual beli saham. Kegiatan tersebut dilakukan dengan pihak klien dan juga pembeli saham.

Di sini pialang menjadi perantara saja dalam transaksi jual beli saham tadi. Sehingga seorang pialang tidak dibekali tugas untuk membeli dan menjual saham dari investornya secara langsung. Tugas lain pialang atau broker lainnya cukup banyak.

Seperti memberikan rekomendasi yang tepat pada klien mengenai kapan harus membeli saham atau menjual saham. Dapat merekomendasikan jenis-jenis saham yang cocok untuk dibeli. Mampu merekomendasikan klien berdasarkan analisa dari kegiatan pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, dan lainnya.

Pentingnya Analisis Riset dari Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang kredibel tentunya memiliki berbagai kelebihan dan telah dipercaya banyak kliennya. Hal inipun tak lepas dari analisis riset penting yang telah dikerjakannya. Sehingga dapat memberikan rekomendasi paling akurat untuk kliennya.

Umumnya hasil dari rekomendasi tersebut, dapat mempengaruhi reputasi pada perusahaan sekuritas itu sendiri. Dengan kata lain, apabila rekomendasinya dapat memberikan hasil yang stabil, pihak klien dapat lebih percaya. Hal ini membuat reputasi perusahaan sekuritas semakin baik di mata klien lainnya.

Selektif dalam Memilih Sekuritas

Demikianlah apa itu Sekuritas? Pengertian Sekuritas, tips mudah memilih sekuritas yang tepat, dan semua aspek pentingnya. Karenanya, dalam memilih perusahaan sekuritas yang hendak Anda gandeng sebagai perantara dalam jual beli saham di pasar modal, dapat berpatokan pada beberapa kriteria di atas agar hasil yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *