Apa Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan untuk Investasi Saham?

Laporan keuangan merupakan salah satu laporan penting dalam sebuah perusahaan, terutama untuk melihat pencapaian perusahaan secara berkala. Tapi sekarang, memahami pengertian laporan keuangan perusahaan untuk investasi saham juga penting. Tanpa pemahaman yang jelas, pelaku saham rentan salah pilih transaksi.

Berikut ini, penjelasan lengkap tentang laporan keuangan, hingga manfaatnya untuk yang berinvestasi saham. Jadi, untuk Anda yang baru mau mulai pakai instrumen saham take your time untuk menyimak sampai tuntas!

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan untuk Investasi Saham

Ketika Anda ingin berinvestasi pada sebuah perusahaan, mengetahui fundamental keuangannya adalah hal penting. Mulai dari laba dan rugi yang didapat perusahaan selama jangka waktu tertentu, hingga semua plot-plot anggaran wajib dan tambahan.

Semua informasi itu letaknya ada di laporan keuangan, yang biasanya dibuat secara berkala. Paling lama adalah sekali setahun, tapi ada juga yang dibuat bulanan, triwulan, atau semester.

Tapi, memang tak semua orang bisa membaca laporan keuangan dengan benar sehingga salah persepsi banyak terjadi. Sebelum itu terjadi pada Anda, apalagi saat akan berinvestasi saham, kenali beberapa hal berikut ini.

  • Apa Saja yang Ada Dalam Laporan Keuangan

Secara umum, di dalam sebuah laporan keuangan akan terdapat bab-bab yang berisi data hingga kesimpulan. Mulai dari jumlah kekayaan perusahaan, apa saja kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulan.

Kemudian data laba dan rugi perusahaan dalam jangka waktu tertentu, siapa pemberi modal dan beberapa komposisi tiap pemilik modal. Hingga bagaimana arus kas perusahaan, termasuk dana yang masuk bersumber dari mana dan pembiayaan untuk hal-hal apa saja.

  • Urutan Informasi Laporan Keuangan

Dalam sebuah laporan keuangan yang benar, ada urutan informasi yang ditampilkan dan pada umumnya akan sama untuk setiap perusahaan yaitu neraca keuangan, laba rugi, perubahan pada ekuitas dan modal, arus pada kas, dan catatan-catatan terkait laporan yang disampaikan.

Masing-masing penjabaran tersebut, punya pengertian yang juga perlu dipahami, Anda akan dibuat paham melalui penjelasan selanjutnya.

Mengenal Bagian-Bagian Laporan Keuangan Sebuah Perusahaan

Ada lima bagian atau bab penting yang ada pada sebuah laporan keuangan, masing-masing perlu dipahami dengan jelas. Sehingga, saat akan berinvestasi pada perusahaan tersebut Anda bisa yakin bahwa keputusan tersebut benar.

  1. Neraca

Yaitu bagian laporan yang berisikan informasi modal, kekayaan, dan kewajiban sebuah perusahaan di periode sebelumnya. Jika dibuat rumus, kondisi neraca yang baik adalah aset = kewajiban + modal.

  1. Laba dan Rugi

Informasi tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan, apakah seimbang ataukah mendapatkan laba yang memiliki grafik meningkat secara stabil bahkan signifikan di tiap tahun berjalan. Mungkin juga malah merugi dengan kondisi grafik pengeluaran yang lebih besar jika dibandingkan pendapatan.

Sebagai pembanding dan penyempurna informasi, di bagian ini juga akan dijabarkan tentang nilai pendapatan secara berkala, penghasilan lainnya, beban bunga yang perlu dibayar, berapa besar biaya operasional dan sejumlah informasi lainnya.

  1. Ekuitas dan Modal

Penjelasan secara detail tentang asal modal dan berapa persen modal yang dari masing-masing pemodal. Apakah terdapat perubahan modal yang terjadi selama tahun berjalan atau tidak, juga termasuk informasi pada bagian ini.

  1. Arus Kas

Secara umum dibagi atas tiga informasi penting yaitu bagaimana arus kas pada sektor pendanaan, operasional, dan investasi.

  1. Catatan

Pada bagian catatan, akan dijabarkan informasi tentang hal-hal yang menimbulkan pertanyaan. Misalnya soal rugi yang diderita perusahaan, atau apa saja penjelasan lengkap dibalik semua laporan berbentuk angka yang disajikan.

Bagaimana Cara Mengecek Laporan Keuangan Perusahaan yang Valid?

Saat ini sangat mudah melihat laporan keuangan sebuah perusahaan, kebanyakan memberikan transparansi melalui situs resmi perusahaan. Salah satu fungsinya adalah menggaet investor ketika perusahaan tersebut go public.

Bisa juga sebagai upaya menegaskan kepada klien dan konsumen, bahwa mereka adalah perusahaan yang aman dan tidak memiliki masalah keuangan yang berarti. Tapi, apakah laporan tersebut asli dan bisa dipertanggung jawabkan?

Anda bisa mengeceknya dengan melihat siapa yang membuat laporan tersebut, kemudian apakah ada pihak auditor yang melakukan audit. Bisa saja auditor tersebut berasal dari pihak internal perusahaan atau eksternal yang berkualitas. Biasanya untuk audit eksternal dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang sudah terakreditasi.

Sebab, salah satu sarat emiten yang boleh menjual saham di bursa efek adalah yang menyampaikan laporan keuangannya secara berkala minimal sekali setahun.

Dimanakah Anda Bisa Melihat Laporan Keuangan Perusahaan?

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa laporan keuangan yang tersedia di website tersebut sama dengan laporan perusahaan sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dua lokasi tersebut, merupakan sumber informasi laporan keuangan yang validitasnya sudah teruji.

  • Laporan Keuangan Bursa Efek Indonesia

Di dalam situs BEI, Anda bisa mengecek laporan keuangan setiap emiten atau perusahaan yang sahamnya bisa dibeli secara umum oleh siapa saja atau kalangan tertentu.

Pada perusahaan yang taat aturan dan ingin memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk memiliki saham mereka, laporan keuangan adalah hal wajib untuk disampaikan pada BEI. Jadi, Anda akan dengan mudah melihat laporan keuangan beberapa tahun belakangan secara jelas, lengkap, dan terpercaya.

  • Laporan Keuangan Website Perusahaan

Sama halnya dengan laporan pada BEI, pada website emiten tersebut Anda juga bisa melihat laporan keuangan. Biasanya akan muncul menu khusus yang menjabarkan soal laporan keuangan yang lengkap. Bahkan ada perusahaan yang juga menyertakan laporan tambahan untuk menambah wawasan pengunjung situs tersebut.

Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan untuk Investasi Saham

Saatnya untuk mengetahui, apa sebenarnya manfaat ketika Anda sudah mendapatkan laporan keuangan dari sebuah perusahaan emiten investasi saham? Ada beberapa manfaat, yaitu:

  • Bahan Audit

Mendapatkan laporan keuangan dari tangan pertama yaitu pihak perusahaan emiten itu sendiri, memungkinkan Anda untuk melakukan audit lanjutan terhadap laporan tersebut. Sehingga bisa didapatkan kondisi riil keuangan perusahaan, kemudian jadi bahan pertimbangan Anda untuk berinvestasi saham.

  • Analisa Lebih Maksimal

Anda akan punya hasil analisa yang lebih akurat, ketika mendapatkan laporan keuangan perusahaan yang benar. Jika tidak punya kemampuan analisis, bisa melibatkan tenaga profesional untuk melakukannya sehingga hasil analisis jadi lebih maksimal.

  • Maju atau Mundur

Dengan mengetahui detail laporan keuangan sebuah perusahaan, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan. Apakah akan membeli saham go public dari perusahaan tersebut, bisa juga mundur dan mencari perusahaan lain yang lebih menjanjikan keuntungan jangka panjang melalui investasi saham yang Anda lakukan.

Tapi, tetap saja banyak pertimbangan lain yang juga perlu diperhatikan. Tentunya yang berhubungan dengan kemungkinan untung bagi Anda selaku investor. Sebagai ilustrasi lagi: laporan keuangan+informasi penting lainnya=investasi saham tepat sasaran.

Sudah paham semua hal, tentang pengertian laporan keuangan perusahaan untuk investasi saham dan semua informasi pendukungnya? Saatnya untuk menentukan pilihan, apakah akan mulai berinvestasi saham atau beralih menggunakan instrumen investasi lain? Semua keputusan ada di tangan Anda.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *