Apa itu Emiten? Pengertian Emiten, Tujuan, Tugas dan Contohnya Lengkap untuk Anda

Sudah tahukah Anda apa itu emiten? pengertian emiten, tujuan, tugas, dan contohnya lengkap ada pada artikel ini untuk Anda supaya Anda memahami dengan baik. Istilah emiten ini memang salah satu dari banyak juga istilah di dunia saham yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang merupakan pemula, memahami emiten ini secara mendalam adalah wajib hukumnya.

Apa itu Emiten? Pengertian Emiten, Tujuan, Tugas, dan Contohnya yang Sangat Penting Dipahami

Sebelum membahas lebih jauh tentang tujuan, tugas, dan contohnya, maka memahami pengertian terlebih dahulu yang harus Anda lewati. Sebenarnya, apa sih emiten ini? Emiten sendiri secara simpelnya adalah perusahaan yang menjual efeknya lewat Bursa Efek dengan berbagai bentuk misalnya saham, warant, obligasi, dan lain sebagainya.

Efek tersebut dijual kepada publik dengan harapan mendapatkan dana tambahan untuk mengembangkan atau menjalankan bisnisnya. Untuk yang menjadi emiten ini sendiri bisa perusahaan swasta ataupun perusahaan milik negara atau BUMN. Tetapi meskipun begini, bukan berarti semua perusahaan merupakan emiten, ya. Yang merupakan emiten adalah perusahaan yang menjual sahamnya kepada masyarakat di Bursa Efek tentunya.

Di Indonesia sendiri, efek yang diperdagangan ada berbagai macam mulai dari saham, obligasi korporasi, exchange traded fund, surat berharga, EBA atau Efek Beragun Aset, dan juga Kontrak Opsi Saham dan Kontrak Berjangka.

Jika perusahaan bisa dipanggil emiten, maka hal itu dikarenakan perusahaan tersebut memenuhi syarat-syarat menjadi emiten. Untuk syaratnya sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan tersebut mengeluarkan atau menerbitkan efek, yang mana nantinya efek tersebut ditawarkan kepada investor. Tujuannya dalam hal ini adalah untuk mendanai perusahaannya.
  2. Perusahaan yang menerbitkan efek harus dan wajib memberikan jaminan bahwa efek yang dikeluarkan tadi adalah sah di mata hukum. Maka dari itu, suatu perusahaan yang menjadi emiten harus mempunyai prestasi dan tidak ada catatan hitam atau kecacatan hukum saat mengeluarkan efek.
  3. Emiten tersebut memiliki peran menjadi sumber informasi pertama tentang efek yang akan jual kepada para investor yang ada di Bursa Efek.
  4. Keakuratan informasi yang terdapat pada perusahan yang mengeluarkan efek merupakan tanggungjawab atas emiten atau perusahaan tersebut

Tujuan Emiten

Lalu sebenarnya apa tujuan emiten tersebut? Jika dilihat secara umum dan luas, tentu tujuannya adalah satu, yakni membuka suatu lapangan investasi bagi para investor sehingga ikut berkecimpung dan ikut andil dalam perusahaanya.

Ketika suatu saham dijual, maka investor yang membeli saham tersebut otomatis akan menjadi pemilik pula atas perusahaan tempatnya membeli saham tersebut. Nantinya, investor tersebut akan mendapatkan dividen dari emiten ini sebagai imbalan atas saham yang dibeli dari emiten tadi.

Selain itu jika dilihat dari kepentingan pribadi emiten sendiri, tentunya tujuannya dalam menjual surat berharga atau sahamnya adalah untuk membantu keuangan yang ada pada perusahaan. Sehingga dengan begini, bisnisnya bisa tetap berjalan tanpa berhutang atau kekurangan uang. Lebih lanjut, tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Guna memperlebar usaha yang dimilikinya yang mana disokong oleh modal yang diberikan investor sehingga pasar, bidang usaha, dan kapasitas bisnis membesar
  2. Melakukan pengalihan saham, yang mana awaknya dipegang oleh orang lama menjadi orang atau pihak yang baru

Tugas Emiten

Emiten dalam menjalankan perannya juga memiliki berbagai tugas yang menyeratinya. Apa saja tugas yang diemban oleh emiten ini? antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengeluarkan atau menerbitkan efek yang mana bisa berupa obligasi, surat berharga, saham, dan lain sebagainya
  2. Melakukan penawaran atas efek yang sudah diterbitkan kepada publik
  3. Memberikan informasi yang sebenar-benarnya tentang efek yang dikeluarkan dan berbagai info yang relevan lainnya

Contoh Emiten di Indonesia

Di Indonesia, hal tentang saham sudah tidak awam dan banyak orang di Indonesia yang sudah melek akan investasi. Ada banyak emiten yang ada sehingga Anda memiliki banyak sekali pilihan untuk menginvestasikan uang Anda. Apa saja contoh emiten di Indonesia? antara lain adalah sebagai berikut!

  1. BCA (Bank Central Asia) Tbk

BCA adalah salah satu contoh emiten yang terkenal dan sahamnya menjadi favorit bagi banyak investor di Indonesia. Bank ini adalah bank yang memiliki nama dalam bidang perusahaannya yakni tentang finansial. Banyak orang yang menginvestasikan uangnya kesini dikarenakan returnnya yang cukup tinggi setiap tahunnya.

  1. PT BISI International Tbk

Yang selanjutnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang ketahanan pangan di Indonesia. Perusahaan ini merupakan produsen benuh yang sudah berdiri sejak 1983 dan merupakan emiten yang sangat bagus di Indonesia. Menurut berita, PT BISI ini sudah menguasai setidaknya 50% pasar benih jagung nasional yang menandakan memang perusahaan ini adalah emiten yang tepat untuk investasi.

  1. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk

PT ini adalah anak usaha PT Bank Maybank Indonesia yang juga merupakan contoh emiten yang bagus di Indonesia. Laba bersihnya setiap tahun sangat tinggi, yang mana menjadikan tempat yang sangat disukai para investor karena mendapatkan banyak dividen saat berinvestasi.

  1. PT Bukaka Teknik Utama Tbk

Perusahaan emiten ini sudah berdiri sejak tahun 78 yang mana perusahaan ini bergerak di bidang bengkel motor. Bagi Anda yang ingin menginvestasikan uang Anda pada lini bisnis engineering, construction, dan procurement, ini adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda.

Pada 2017 bahkan labanya menyentuh angka 2,45 Triliun yang mana menjadikan saham di PT ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yang terjun di bidang investasi. Bukan hanya itu, tahun-tahun berikutnya bahkan naik lebih tinggi dan hingga mencapai 100% kenaikan labanya.

  1. PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk

Emiten yang satu ini bergerak di bidang industri dasar dan kimia, yang mana sudah berdiri sejak 1992. Emiten PT Chandra Asri ini memiliki track record laba yang baik setiap tahunnya sehingga merupakan emiten yang digemari oleh banyak investor di Indonesia. Bahkan, emiten yang satu ini juga masuk ke dalam daftar emiten terbaik di Indonesia

Contoh emiten lainnya antara lain adalah PT Unilever, PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Acset Indonusa Tbk, PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk, dan lain sebagainya. Anda disarankan agar bijak dalam memilih emiten karena ini akan berpengaruh terhadap pengelolaan dan dividen yang akan Anda dapatkan. Perlu Anda pahami juga bahwa berbagai emiten bisa juga mengalami perubahan tergantung dengan pasar.

Jadi, nantinya jika Anda ditanya apa itu emiten? pengertian emiten, tujuan, tugas, dan contohnya semuanya telah Anda pahami dengan baik. Jika Anda sudah memahami ini, maka Anda selangkah lebih dekat lagi menjadi seorang investor yang ulung. Semoga dengan begini, Anda bisa mendapatkan ilmu tentang investasi yang Anda butuhkan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *