Ini Dia! 5 Komoditi Pertanian dan Perkebunan sebagai Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Sumatra Utara – Medan

Sumatra merupakan salah satu pulau terbesar yang berada di Indonesia. Dalam sejarah yang telah diceritakan, julukan lain dari pulau Sumatra adalah pulau Swarnadwipa yang berarti pulau emas.

Horas!! Pasti kalian tidak asing dengan sapaan ini bukan? Yap, sapaan tersebut merupakan sapaan yang biasa digunakan oleh masyarakat kota Medan untuk menyapa. Medan sendiri terletak di Provinsi Medan yang merupakan provinsi terbesar di antara provinsi Aceh, Riau, Lampung, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Sumatra Selatan yang masuk dalam kawasan pulau Sumatra.

Medan merupakan salah satu kota yang selalu ramai dan tidak pernah lengang, karena Medan merupakan pusat pertumbuhan sosial dan ekonomi di pulau Sumatra.

Tak jarang di sana sering terjadi akulturasi budaya, karena etnis yang bertempat tinggal di Medan- pun sangat beragam mulai dari etnis Jawa, Melayu, Batak, Aceh, Karo, Tionghoa, Mandailing, Minangkabau, hingga Sunda.

Agama yang menyebar juga beragam yaitu ada Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Walaupun adanya perbedaan atas keberagaman ini, Medan termasuk dalam kota yang jarang ada konflik mengenai isu SARA.

Tidak hanya cukup di sosial dan agamanya, bidang ekonomi kota Medan juga berjalan sangat dinamis. Hal ini dikarenakan sumber daya alam yang dihasilkan sangatlah melimpah. Maka dari itu sudah menjadi hal umum jika Sumatra merupakan pulau yang subur sehingga segala jenis tanaman dapat ditanam dengan mudah.

Adanya sumber daya alam yang melimpah ini membuat masyarakat harus cermat dan kreatif dalam melihat peluang usaha dan potensi ekspor Sumatra Utara – Medan demi membangun dan mengelelola perekonomian dengan baik.

Potensi Ekspor Sumatra Utara

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Sumatra Utara – Medan

Sebenarnya komoditi lokal yang memiliki potensial ekspor banyak, akan tetapi komoditi ekspor yang paling unggul dan terkenal adalah pada sektor pertanian dan perkebunan.

  1. Karet

Karet merupakan bahan dasar yang banyak diperlukan dan memiliki prospek yang bagus di bidang industri. Kualitas dan kuantitas karet yang diproduksi sangatlah bagus.

Negara Tiongkok dan Jepang menjadi negara yang membutuhkan ekspor karet dari Sumatra Utara. Hingga sekarang prospek dari karet masih mengalami kestabilan walaupun di tengah wabah pandemi covid – 19.

Karet dapat menjadi peluang usaha dan potensi ekspor yang dapat membangun perekonomian setempat karena dengan adanya perkebunan ini dapat memberikan kontribusi besar dalam perekonomian bagi masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan setempat seperti profesi petani, pengepul, pedagang besar maupun kecil.

  1. Kelapa sawit

Nilai jual kelapa sawit sangatlah tinggi di kancah dunia internasional. Maka dari itu produk kelapa sawit harus selalu dikembangkan agar memiliki peluang yang terus tinggi dalam dunia ekspor karena tuntutan gaya hidup masyarakat.

Minyak Goreng Sawit memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai komposisi produk berbasis lemak yang sehat.

Kelapa sawit sebagai bahan dasar pembuatan minyak goreng yang kebutuhannya selalu meningkat setiap tahunnya. Karena minyak goreng sawit memiliki keunggulan lebih dari minyak lainnya.

  1. Kopi

Medan merupakan kota terkenal yang dijuluki sebagai poros kopi Sumatra Utara. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan orang Medan untuk mengonsumsi kopi sehingga di mana- mana selalu dapat ditemukan warung atau kopi yang khas.

Adanya hal ini, menandakan bahwa kualitas kopi dari Medan sangatlah bagus dan terbaik. Variasi kopi yang ditanam sangat bermacam, akan tetapi yang paling diunggulkan adalah kopi jenis robusta.

Kopi dari Medan ini sudah diekspor sampai Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Jepang. Bahkan jenis kopi yang berasal dari Sumatra Utara ini sudah sampai dipakai oleh Sturbucks.

  1. Kayu Manis

Kayu manis memiliki ruang tersendiri bagi bangsa Amerika Serikat. Kayu manis sendiri memiliki segudang manfaat untuk bumbu dapur, penghangat tubuh ketika musim salju, sebagai obat juga seperti penyakit persendian, lambung hingga jantung. karena hal inilah nilai ekonomi kayu manis menjadi tinggi.

Kayu manis dari Medan yang dipasarkan ke pasar Internasional kualitasnya tak kalah bagus. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan perhatian dalam produktivitas kayu manis, karena permintaan di manca negara tidaklah sedikit.

  1. Cengkih

Cengkih adalah produk yang paling banyak diminati di negara Eropa. Indonesia sebagai negara tropis pastilah dapat menghasilkan cengkih yang bagus dan berkualitas nilai jual yang tinggi.

Tidak hanya kawasan Eropa yang telah mengimpor produk Cengkih dari Sumatra Utara akan tetapi juga negara India, Israel, hingga Yordania.

Cengkih banyak dibutuhkan sebagai bahan obat, bahan dasar pembuatan bumbu, makanan, kue, hingga campuran kosmetik.

Walaupun keadaan pandemi seperti ini, permintaan produk cengkeh tetap stabil dan bahkan mengalami peningkatan tidak hanya dari luar negeri akan tetapi juga dalam negeri.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menjadikan Produk Lokal Menjadi Produk Ekspor

Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan bisnis di bidang ekspor, ada baiknya kalian perlu memperhatikan hal di bawah ini:

  • Memperhatikan kualitas produk apakah sesuai dengan parameter kualitas pasar Internasional.
  • Mengukur apakah produk tersebut konsisten selalu tersedia atau tidak. Jangan sampai mengekspor produk lokal yang stoknya sangat minim dan cepat habis.
  • Mencari dan memperluas jangkauan koneksi agar barang dapat dipasarkan dengan mudah dan luas.
  • Gunakan strategi pemasaran yang baik dengan mempelajari kebutuhan dari negara yang dituju.
  • Buat investor tertarik dengan barang produk lokal kita. Apabila produk memiliki kualitas yang bagus maka tak segan-segan para investor akan berinvestasi. Aspek investasi sangat perlu untuk menjalankan roda produksi hingga distribusi.
  • Tahap distribusi harus diperhatikan baik-baik. Akan sangat percuma jika kualitas produk baik tapi dalam pendistribusian barang menjadi rusak.

Sumbangsih Ekspor Terhadap Ekonomi Negara

Manfaat dan benefit yang didapatkan ketika melakukan ekspor sangatlah banyak. Dari adanya ekspor tersebut, bisanya terjadi pertukaran produk  antar negara sehingga kebutuhan dari masing – masing negara akan terpenuhi. Berikut sumbangsih ekspor terhadap negara terutama dalam bidang ekonomi:

  • Keuntungan negara menjadi terpenuhi melalui devisa
  • Industri dalam negeri menjadi berkembang dan maju
  • Meningkatan peluang pekerjaan bagi masyarakat baik kalangan menengah – ke bawah hingga menengah – ke atas.
  • Memperluan produksi dan distribusi.
  • Menjalin kerja sama bilateral maupun multilateral yang berguna bagi kebijakan perekonomian dalam negeri.
  • Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Sumatra Utara – Medan terutama di bidang perkebunan dan pertanian perlu ditingkatkan dan diperbaiki kedepannya lagi. Adanya ekspor tentunya dibarengi dengan impor. Mungkin masyarakat masih memiliki pandangan bahwa barang impor itu merupakan barang branded yang mempunyai kualitas bagus sehingga bergengsi di kalangan masyarakat. Akan tetapi, dengan adanya artikel ini membuktikan bahwa negara kita negara Indonesia juga memiliki produk dengan kualitas yang tinggi pula dan dapat bersaing di kancah pasar dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *