Majukan Perekonomian dengan Memanfaatkan Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Sulawesi Barat – Mamuju

Dalam memajukan perekonomian provinsi, masyarakat setempat diharapkan dapat memanfaatkan peluang usaha dan potensi ekspor Sulawesi Barat – Mamuju. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat akan mudah dicapai dan merata.

Dibawah ini akan dibahas mengenai peluang usaha dan potensi ekspor di Sulawesi Barat, Mamuju.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Sulawesi Barat – Mamuju

Kekayaan alam Mamuju menjadi salah satu faktor terbukanya banyak peluang usaha. Bahkan, komoditas ekspor yang berasal dari Mamuju ini pun merupakan hasil kekayaan alamnya. Misalnya saja seperti rumput laut, yang merupakan hasil kekayaan laut di Mamuju. Selain itu, ada pula pisang kepok yang kualitasnya terdengar hingga ke negeri jiran, merupakan hasil tanam dari tanah subur yang dimiliki Mamuju.

Dengan kekayaan Mamuju yang begitu melimpah, diharaokan dapat membuka banyak peluang usaha yang mampu menyerap banyak tenaga kerja, hingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Selain itu, komoditas ekspor yang melimpah juga mampu memajukan perekonomian negara melalui devisa.

Peluang Usaha Mamuju

Berdasarkan letak geografis, Mamuju memiliki lokasi yang strategis untuk mengembangkan suatu usaha, salah satunya adalah paket wisata. Banyak peluang usaha yang dapat digali dari paket wisata ini, contohnya saja seperti :

  1. Wisata Kuliner

Makanan khas Mamuju memang jarang terkekspos. Namun, tak ada salahnya mencicipi makanan khas Mamuju yang pastinya tak kalah nikmat dengan makanan di restoran berbintang. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Mamuju yang wajib dicicipi :

  • Kui kui, yaitu semacam kue pukis khas Sulawesi Barat
  • Bolu Paranggi, yaitu kue yang berbentuk mangkok dan terbuat dari campuran terigu dan gula aren
  • Roti Pawa, yaitu roti yang wujudnya mirip sekali dengan bakpao dan dengan campuran tepung beras dalam adonannya
  • Jepa, yaitu makanan tradisional Sulawesi Barat yang terbuat dari sagu atau singkong, berbentuk bulat, dan berisi gula aren di bagian tengahnya
  • Bau Piapi, yaitu makanan olahan ikan segar dengan kuah kuning yang kaya akan rempah
  • Kue Cucur, yaitu kue yang berbahan dasar tepung beras dengan campuran gula merah dan minyak kelapa khas Sulawesi Barat
  • Kue Paso, yaitu kue khas Mamuju yang berbentuk kerucut, dibalut dengan daun pisang, dan dibuat dengan mencampurkan tepung beras, santan, dan gula aren
  1. Wisata Bahari

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Mamuju tanpa menikmati wisata baharinya yang begitu eksotik. Angin laut yang menyejukkan dan deburan ombak yang menenangkan pastinya akan menjadi tempat yang tepat untuk berlibur dan melepas kepenatan. Berikut ini beberapa destinasi wisata bahari yang dapat dikunjungi :

  • Pantai Palippis, pantai yang terletak di Polewali Mandar dengan hamparan tebing yang mengarah ke laut lepas
  • Pantai Manakarra, pantai yang terletak di Jalan Yos Sudarso ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat cocok sebagai spot untuk menikmati terbenamnya matahari
  • Pulau Karampuang, spot yang tepat untuk melihat pesona keindahan karang dan keindahan bawah laut
  • Pantai Lombang-Lombang, pantai dengan ombak kecil yang cocok untuk beraktifitas, seperti berenang atau snorkeling
  1. Penginapan

Banyaknya tempat wisata di Mamuju, tentu akan membawa banyak keuntungan bagi para pemilik penginapan, seperti hotel, bungalow, villa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, membuka usaha penginapan di Mamuju memiliki prospek yang sangat bagus.

  1. Sewa Kendaraan

Sama halnya dengan penginapan, jasa penyewaan kendaraan juga pastinya akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya untuk mempermudah mobilitas para wisatawan, namun juga dapat menjadi tour guide sekaligus untuk para wisatawan.

  1. Toko Oleh-oleh

Berkunjung dan berbelanja oleh-oleh sepertinya menjadi aktifitas yang tidak terpisahkan saat berlibur. Usai menikmati tempat wisata, toko oleh-oleh pasti akan menjadi tujuan terakhir dan wajib dikunjungi. Tidak hanya makanan khas yang akan diburu para wisatawan, tetapi cenderamata juga banyak diminati untuk dijadikan buah tangan ketika kembali ke kota asal.

Potensi Ekspor Mamuju

Tak banyak yang tahu bahwa Mamuju memiliki potensi ekspor yang besar. Mamuju memiliki lahan perkebunan dan pertanian yang luas. Hasil dari perkebunan dan pertanian diketahui mampu memenuhi kebutuhan, baik untuk dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu, Mamuju juga memiliki komoditas dari budidaya hasil laut, seperti rumput laut. Bahkan, Mamuju juga mengembangkan budidaya burung walet untung memperoleh sarangnya yang dapat dijadikan komoditas ekspor.

Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang tumbuh subur di daratan Mamuju. Produktivitas pisang kepok yang sangat tinggi membuat komoditas satu ini dilirik oleh negeri jiran. Selain kuantitasnya yang melimpah, kualitas pisang kepok asal Mamuju ini  lebih unggul dibandingkan dengan pisang kepok yang berasal dari daerah lain. Tak heran permintaan ekspor akan pisang ini dapat dibilang cukup tinggi.

Ekspor pisang kepok ke Malaysia dilakukan setiap hari selama sepanjang tahun melalui jalur laut. Banyaknya pisang kepok yang diekspor setiap harinya mencapai satu hingga dua ton. Pisang kepok sebanyak itu diketahui dipanen dari lahan seluas 1,6 hektar.

Olahan Sawit

Di Mamuju tengah berkembang industri perkebunan kelapa sawit dan pengolahan sawit untuk memenuhi permintaan ekspor, sekaligus untuk memasok kebutuhan dalam negeri. Kelapa sawit yang telah dipanen, diolah menjadi berbagai produk seperti minyak goreng dan turunannya.

Setiap harinya, PT. Tanjung Sarana Lestari mampu menghasilkan 2.000 metrik ton minyak goreng. Dengan kapasitas produksi yang besar seperti itu, minyak goreng hasil produksi Mamuju mampu memenuhi permintaan ekspor. Sebagai tahap awal, Mamuju telah berhasil mengekspor minyak goreng ke China dan Filipina sebanyak 60.000 metrik ton.

Ternyata tak hanya minyak goreng yang menarik minat warga mancanegara. Cangkang sawit pun memiliki banyak permintaan ekspor. Di bulan Juli 2020, Kementerian Pertanian Mamuju berhasil mengekspor 8.000 ton cangkang sawit yang jika dirupiahkan mencapai 8 milyar rupiah. Melalui pelabuhan Belang-belang Mamuju, cangkang sawit tersebut akan dikirimkan ke negara tujuan ekspor, seperti ke China dan Thailand.

Selain cangkang sawit, Mamuju juga memiliki komoditas ekspor dari olahan sawit, berupa  RBD Palm Olein, RBD Palm Stearin dan Palm Kernel Oil. Pasalnya, ketiga turunan minyak sawit yang diekspor ke China dan Jepang ini akan diolah sebagai bahan baku suatu produk, contohnya seperti olein yang akan digunakan sebagai bahan baku minyak goreng dan stearin sebagai bahan baku margarin.

Kacang Mete

Kacang mete merupakan salah satu komoditas unggulan di Mamuju. Hal tersebut dibuktikan dengan dilakukannya ekspor ke berbagai negara tujuan dengan kuantitas ekspor yang tak main-main. Tercatat bahwa kacang mete asal Mamuju berhasil diekspor sebanyak  26 ribu ton dengan tujuan ekspor ke China, UEA, Belgia, Australia, Jerman, Belanda, dan Turki.

Sarang Burung Walet

Komoditas lain yang memiliki potensi besar adalah sarang burung walet. Khasiat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh telah dibuktikan dari berbagai penelitian. Permintaan ekspor sarang burung walet dari berbagai negara cukup tinggi. Namun, Mamuju baru bisa melakukan ekspor sebanyak 212,5 kg ke negara tujuan Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Rumput Laut

Sama halnya seperti Palu, Mamuju juga memiliki komoditas ekspor rumput laut. Rumput laut asal Mamuju ini telah berhasil diekspor sebanyak 105,6 ribu ton ke negara tujuan China, Argentina, Australia, Jerman, Perancis, dan Belanda.

Demikianlan penjelasan mengenai peluang usaha dan potensi ekspor Sulawesi Barat – Mamuju  Semoga dapat menginspirasi wilayah lain untuk mencari peluang usaha ditengah kelebihan dan potensi yang dimiliki oleh wilayah tersebut. Dengan begitu, devisa negara akan terus meningkat, yang pastinya akan membawa dampak positif bagi kehidupan rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *