Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Maluku – Ambon Yang Patut Anda Ketahui

Indonesia memiliki beragam kekayaan yang membuat banyak orang dapat melakukan usaha, termasuk peluang usaha dan potensi ekspor Maluku – Ambon. Di Ambon, berbagai usaha dapat Anda kembangkan dan perkenalkan ke khayalak umum. Selain itu, usaha yang dijalankan juga bisa menjadi potensi ekspor yang bernilai daya tinggi. Akan ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda pandai berusaha di Ambon.

Salah satu usaha yang dapat Anda kembangkan di Maluku, Ambon adalah bisnis makanan khas daerah Ambon seperti Bika. Jika turis berdatangan ke kota Ambon, mereka pasti akan mencari oleh-oleh untuk diberikan kepada sanak saudara dan keluarga. Bika dapat menjadi buah tangan yang diincar oleh para wisatawan. Tentunya hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda apabila Anda menjualnya. Jika Anda penasaran, berikut informasi lengkap peluang usaha dan potensi ekspor di Ambon.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Maluku – Ambon: Makanan Khas Daerah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya,  Ambon sendiri memiliki peluang usaha yang cukup besar di bidang makanan. Terlebih, makanan khas Ambon mempunyai cita rasa yang berbeda dan tak bisa didapatkan di daerah lain. Makanan seperti Bika, Papeda, Ikan Asap dapat menarik perhatian wisatawan ketika berkunjung ke Ambon. Jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membuat rumah makan, Anda bisa mencoba untuk menjajal makanan khas Ambon.

Anda dapat menyediakan Ikan Asap dan Nasi Lapola di etalase rumah makan Anda untuk makanan berat. Anda juga bisa menyediakan Gogos, semacam Lemper dari Ambon sebagai pengganti nasi dan Bubur Sagu Ubi bagi mereka yang sedang program diet. Sedangkan untuk makanan ringan atau camilan, Anda bisa menjual Bika atau Pisang Asgar sebagai pemanis mulut saat pelanggan sudah selesai makan besar. Ada juga Roti Kering Kenari yang memanjakan lidah Anda dengan kerenyahan di tiap sisinya.

Membuka usaha tak selamanya mudah. Tentu akan ada rintangan yang perlu Anda hadapi. Ketika Anda belum memiliki dana membuka rumah makan yang besar seperti restoran, Anda bisa mencoba untuk membuka rumah makan sederhana. Namun, Anda tetap harus memerhatikan kebersihan dan pelayanan di rumah makan Anda. Seenak apapun makanan dan senyaman apapun tempatnya, jika pelayanan dan kebersihannya tidak terjaga, maka pembeli pun tidak akan tertarik.

Potensi Ekspor: Camilan Khas Daerah

Sebenarnya, mengawali usaha di bidang makanan dapat dikatakan sebagai usaha paling fleksibel. Anda bisa menjual makanan yang baru dimasak tepat di hari itu. Di satu sisi, Anda juga bisa menawarkan makanan dalam bentuk lebih praktis dengan mengemas makanan tersebut. Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat camilan khas Ambon seperti sagu serut, bika, Anda bisa mengeskpor camilan tersebut ke negara lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu terburu-buru untuk menjual camilan yang dibuat. Anda bisa membungkusnya dan menjualnya ke tempat lain.

Berkaitan dengan ekspor, tentu camilan yang akan dikirim ke negara lain harus awet. Setidaknya, untuk 5 bulan pertama ketika camilan tersebut diproduksi, camilan tersebut masih bisa dikonsumsi. Selain itu, Anda perlu mencantumkan keterangan ketahanan camilan jika ditaruh di kulkas. Untuk pengawet, Anda bisa menggunakan pengawet sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun untuk menjaga kualitas rasanya, Anda dapat memilih pengawet yang unsur kimianya tidak terlalu keras dan memiliki waktu simpan yang ideal.

Peluang Usaha: Properti

Dimanapun itu, setiap orang pasti butuh tempat tinggal. Apalagi, penduduk Sofifi semakin hari semakin bertambah karena pertumbuhan penduduk yang ada. Apabila Anda memiliki lahan yang besar atau modal yang cukup untuk melakukan investasi properti, Anda bisa memilih usaha properti sebagai ide usaha Anda. Dengan kebutuhan yang sejalan, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Namun perlu diingat, properti tidak melulu diasosiasikan dengan rumah. Anda bisa merancang kontrakan atau kosan bagi pasangan muda yang baru saja menikah atau mereka yang bekerja dan berkuliah di Ambon.

Selain menyewakan kontrakan atau kosan, Anda juga bisa melakukan bisnis jual beli bahan bangunan. Mulai dari keramik, cat, penyangga tembok, dan segala keperluan lain terkait dengan pembuatan rumah. Keuntungannya memang tidak langsung besar seperti menyewakan kontrakan/kosan, apalagi menjadi pengembang rumah. Namun, margin atau selisih yang didapatkan selalu konsisten. Keuntungan yang didapat akan menjadi banyak apabila Anda menambah target penjualan per harinya dan bekerjasama dengan pabrik bahan bangunan.

Potensi Ekspor: Rempah-Rempah

Sebelum Indonesia merdeka, Ambon merupakan pusat penjualan rempah-rempah yang sangat terkenal. Saking terkenalnya, hampir tiap negara Eropa mengunjungi Ambon untuk bisa membeli kapulaga, cengkeh, dan rempah lainnya untuk menghangatkan tubuh mereka. Ambon juga merupakan tempat pertama Belanda menggencarkan misi kolonialnya waktu itu. Sampai hari ini, Ambon masih menjadi sentra rempah-rempah yang menjadi acuan para pemilik restoran, hotel, untuk mendapatkan bahan baku terbaik.

Anda bisa memulai berjualan rempah-rempah seperti temulawak, jahe merah untuk mengawali usaha rempah-rempah di Ambon. Atau, Anda juga bisa melakukan usaha gabungan dengan masyarakat Ambon lainnya dalam berjualan rempah-rempah. Biasanya, para pedagang rempah-rempah menawarkan produknya di pasar-pasar. Tetapi, Anda bisa berinovasi untuk menjajakan produk Anda secara online. Dengan begitu, kemungkinan penambahan pelanggan yang membeli rempah-rempah akan semakin besar dan keuntungan yang Anda dapatkan menjadi lebih signifikan.

Peluang Usaha: Alas Kaki

Alas kaki memang barang yang memiliki waktu pemakaian cukup lama. Namun, tak jarang orang salah memahami kegunaaan alas kaki dan merusaknya saat melakukan kegiatan tertentu. Misalnya, sandal yang dirancang untuk jalan digunakan untuk olahraga. Disamping itu, alas kaki dengan desain yang menarik dan eye-catching akan banyak diminati orang, bahkan jika mereka masih mempunyai alas kaki yang layak pakai. Karenanya, membuka usaha berjualan alas kaki dapat menjadi salah satu pilihan berbisnis.

Potensi Ekspor: Sandal Kekinian

Sandal yang dirancang secara biasa saja mungkin hanya akan laku di dalam negeri. Namun, apabila Anda memiliki inovasi dalam membuat sandal, sandal tersebut akan berpotensi sukses jika dikirim ke pasar luar negeri. Sandal dengan desain yang futuristik dan minimalis, atau sandal yang merupakan fusion/gabungan dari konsep etnik Ambon dan gaya modern dapat menarik perhatian banyak orang. Tambahkan juga aksesoris dasar seperti rotan untuk menambah kesan kekinian dari sandal yang Anda ekspor.

Ambon bukanlah kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Namun Ambon menyimpan segudang peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghidupan. Semakin banyak orang yang berusaha di Ambon, maka aktivitas ekonomi di Maluku, Ambon akan mengalami kenaikan ke arah positif. Ini memperbesar peluang Ambon sebagai kota pariwisata dengan kemampuan ekonomi di atas rata-rata. Dengan peluang usaha dan potensi ekspor Maluku – Ambon tersebut, pastinya Anda bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *