Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Lampung

Peluang usaha dan potensi ekspor Lampung – Bandar Lampung sangatlah banyak. Jika Anda mau menggeluti peluang usaha pada berbagai potensi ekspor di Lampung ini, maka Anda bisa sukses dan memperoleh banyak profit. Apalagi, Lampung memiliki banyak sekali potensi alam yang menjanjikan.

Jika Anda mau menelusuri lebih dalam dan menekuninya, maka kesuksesan berbisnis barang ekspor akan sangat menjanjikan. Apa sajakah peluang usaha tersebut? Anda harus membaca pembahasan tentang potensi Lampung ini hingga rampung.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Lampung – Bandar Lampung

Tahukah Anda bahwa ternyata Lampung memiliki potensi ekspor yang luar biasa. Apa sajakah potensi ekspor yang bisa Anda jadikan peluang usaha yang menjanjikan? Antara lain adalah sebagai berikut!

  1. Getah damar

Potensi ekspor yang pertama bisa Anda kembangkan di Bandar Lampung adalah getah damar. Ini adalah potensi ekspor di subsektor kehutanan yang sangat menjanjikan karena ada banyak negara yang membutuhkan pasokan getah damar ini. Getah damar atau disebut juga shorea javanica ini setidaknya memiliki negara penampung komoditas yang menjanjikan yakni negara Tunisa, Sudan, Singapura, Yunani, Yaman, dan juga Sudan.

Getah damar sangat penting sebagai bahan berbagai produk seperti cat, farmasi, kosmetik, stabilisator pada industri, tinta, dan lain sebagainya. Getah damar sendiri di Lampung tersedia dan mudah untuk dikelola sehingga merupakan peluang yang menjanjikan untuk dikembangkan sebagai bisnis.

Saat ini, produk ini masih berupa potensial karena pengelolaan oleh masyarakat masih sangat perlu didampingi.  Tetapi jika sudah dikembangkan dengan baik, maka jangan khawatir profit Anda bahkan akan sangat banyak dan demikian bisnis juga bisa menjadi penyumbang devisa negara yang besar.

  1. Kopi

Kopi khas Lampung juga sangat potensial untuk dijadikan bisnis ekspor karena banyak negara yang suka akan cita rasa kopinya. Apalagi, menurut penelitian dikatakan bahwa kopi Lampung mampu membuat kulit Anda menjadi cantik dan bersinar. Untuk kopi Lampung sendiri, negara tujuan ekspornya adalah Jepang, Timur Tengah, Eropa, Australia, dan lain sebagainya.

Ini adalah komoditas ekspor yang menjanjikan dan bisa Anda jadikan peluang usaha yang baik dikembangkan di Lampung. Bisnis kopi dapat dikatakan adalah bisnis sepanjang masa karena kebutuhan orang akan kopi rasanya tidak pernah surut dan dikatakan selalu meningkat setiap waktunya.

  1. Lengkuas

Dari dulu Indonesia kaya akan rempah-rempah. Dari sekian banyak rempah-rempah, lengkuas adalah salah satu jenis rempah yang potensial untuk dikembangkan dan diekspor ke luar negeri. Di Lampung, lengkuas ini sangat potensial untuk dikembangkan. Bahkan menurut catatan permohonan fasilitasi ekspor, ada tujuan negara baru yakni Inggris yang mana mengartikan bahwa cakupan negara ekspor rempah satu ini semakin besar setiap waktunya.

Permintaan komoditas yang cukup besar dan sedangkan petani lengkuas yang masih belum terlalu banyak menandakan bahwa bisnis ini sangat potensial untuk dikembangkan. Jika Anda mampu menekuninya, maka ini bisa mendatangkan profit yang luar biasa mengingat negara ekspornya juga banyak dan beragam.

  1. Batu bara

Batu bara adalah komoditi yang terkenal dan tetap eksis di negara manapun. Batu bara adalah komoditas yang sangat potensial dikembangkan di Lampung ini. Apalagi, angka eskpornya dari tahun ke tahun terus meningkat. Jika berminat, Anda bisa terjun ke jenis bisnis ini dan tentunya akan mendapatkan banyak profit.

Tetapi yang perlu Anda ingat, batu bara adalah bahan yang tidak dapat diperbaharui, sehingga Anda harus tetap memperhitungkan banyak hal demi kebaikan lingkungan. Jangan lupa memperhatikan berbagai aturan dalam menambang batu bara sehingga akan tetap ramah lingkungan.

Selain potensi diatas, ada juga yang berpotensi dikembangkan di Lampung antara lain adalah ampas sisa industri makanan, minyak hewan dan nabati, lemak, dan lain sebagainya. Anda bahkan bisa mencari potensi lainnya dengan cara melakukan riset serta mengamati kira-kira barang apa yang mungkin berpotensi untuk dikembangkan mengingat Lampung sangatlah kaya hasil alam.

Tips Dalam Melakukan Bisnis Ekspor

Bisnis ekspor dapat dikatakan adalah jenis bisnis tingkat lanjut dibandingkan bisnis biasa karena target pasarnya adalah internasional. Anda bisa memperoleh angka profit yang fantastis jika mau berkecimpung dibidang bisnis ini. Apa saja tips yang harus Anda ketahui? Antara lain adalah sebagai berikut!

  1. Pilih produk yang tepat

Langkah pertama yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan bisnis apapun adalah memilih produk yang tepat. Dikarenakan Anda akan mengekspor atau dengan kata lain Anda akan menjadi pemasok, maka memilih produk yang tepat akan sangat dibutuhkan. Produk yang tepat bagi Anda adalah produk yang tersedia dalam jumlah banyak dan mudah dikembangkan.

Jika Anda berada di Pulau Jawa, tentunya akan berbeda produk yang tepat untuk diekspor dibandingkan ketika Anda di Lampung misalnya. Produk yang tepat bagi Anda yang berada di Lampung untuk bisnis ekspor ini adalah daftar diatas yang telah disebutkan. Produk yang tepat juga sangat mudah untuk dikembangkan karena ketersediaan dan lahannya yang mendukung.

  1. Memahami target pasar

Sudah memiliki produk yang tepat tetapi tidak memahami target pasar maka produk yang tepat itu akan sia-sia. Misalnya Anda mengekspor kopi ke negara yang memiliki komoditas kopi yang terbaik, maka peluang untuk mendapatkan pangsa pasar yang besar agak sulit. Anda perlu memahami target pasar Anda alias negara mana yang ingin Anda tuju.

Dengan begitu, Anda akan lebih hemat dibidang pemasaran karena tidak perlu membuang anggaran untuk negara yang kecil peluangnya untuk memasarkan produk ekspor Anda. Selain itu, dengan memahami target negara Anda juga akan memaksimalkan kesempatan produk Anda laku dengan jumlah yang banyak.

  1. Pahami berbagai aturan tentang ekspor

Ekspor berbeda dengan bisnis jika Anda memasarkannya di dalam negeri. Maka dari itu, Anda harus memahami berbagai aturan karena ini adalah perdagangan antar negara atau perdagangan internasional. Ada aturan perdagangan antar negara yang harus Anda pahami sehingga ketika Anda menjalani bisnis, maka Anda tidak akan tertabrak oleh hukum dan bahkan akan menghambat bisnis Anda.

Saat ini, banyak lembaga yang menaungi eksportir dan juga ada banyak komunitas yang bisa Anda ikuti agar ilmu Anda semakin berkembang. Jangan malu bertanya saat Anda menjadi pemula di bidang ekspor karena dengan banyak bertanya nantinya Anda akan semakin memahami dunia ekspor ini.

Berbisnis ekspor juga akan dikenai pajak. Anda harus memahami betul terkait hal tersebut. Menjadi seorang eksportir juga akan menyumbang devisa negara sehingga Anda menjadi pelaku bisnis sekaligus penyumbang keuangan negara untuk pembangunan.

Itulah peluang usaha dan potensi ekspor Lampung – Bandar Lampung yang harus Anda ketahui. Apakah Anda siap berbisnis ekspor? Jangan lupa memahami berbagai regulasinya dan pelajari dengan benar sehingga Anda akan berhasil di bidang bisnis ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *