Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Utara – Tanjung Selor

Peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Utara – Tanjung Selor termasuk yang cukup tinggi dan menjanjikan, karena provinsi ini memiliki luas lahan pertanian yang cukup besar dan jumlah produksi dari sektor lainnya juga tidak kalah memiliki peluang yang tinggi. Hanya saja, potensi pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di provinsi ini memiliki peluang untuk semakin meningkatkan ekspor komoditas ke berbagai negara lainnya.

Selain sektor pertanian dan perkebunan, provinsi Kalimantan Utara juga memiliki banyak produk yang dapat terus dikembangkan hingga membuahkan hasil di luar negeri. Sektor-sektor ini sangatlah beragam dengan produk yang memiliki khasnya tersendiri.

Faktor utama yang membuat peluang usaha dan potensi ekspor di Kalimantan Utara ini bisa menjanjikan adalah karena letak provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, lokasi tepatnya dengan bagian Sabah dari Serawak, Malaysia. Selain itu, letak geografis Kalimantan Utara juga yang menjadikannya seperti itu, karena daerah ini sering dilalui alur pelayaran yang termasuk dalam Alur Laut Kawasan Indonesia II (ALKI II). Kapal-kapal berlayar dari perairan Indonesia ke perairan internasional yang meliputi kawasan Malaysia, Filipina, Brunei, Singapura, negara-negara ASEAN lainnya, Hongkong, China, Korea Selatan, dan Jepang.

Kalimantan Utara sendiri adalah provinsi termuda di Indonesia yang baru resmi berdiri pada tahun 2012. Karena itulah pemerintah Indonesia mendorong pemerintah setempat untuk meningkatkan lagi peluang usaha dan potensi ekspor yang ada di provinsi ini supaya mereka tidak tertinggal jauh dengan provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia.

Peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Utara – Tanjung Selor

Tanjung Selor merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Utara. Peluang usaha dan potensi perekonomian di kota ini sangat mengandalkan sektor pertanian serta sektor pertambangan dan penggalian.

Namun, meskipun begitu hal itu tidak membuat sektor-sektor lainnya tidak membuahkan hasil yang positif, hanya saja di provinsi Kalimantan Utara sektor-sektor selain sektor pertanian dan pertambangan tidaklah terlalu dominan. Bahkan, sektor industri pengolahan tidak memiliki peran yang besar dan terbilang sangat kecil, hal ini sangat berbeda dengan daerah Kalimantan lainnya.

Tanjung Selor memiliki potensi yang besar untuk berkembang. Maka dari itu, pemerintah pun membuat permintaan supaya kinerja ekspor luar negeri dan peluang investasi semakin ditingkatkan sejalan dengan meningkatnya kinerja dan peluang lapangan usaha pertambangan dan pertanian.

Berikut informasi lengkap mengenai sektor-sektor yang dapat menghasilkan peluang usaha dan potensi ekspor yang baik:

  1. Sektor Pertanian

Komoditas yang menjadi unggulan di daerah Tanjung Selor adalah padi sawah. Produksi padi sawah di daerah ini tahun demi tahunnya selalu mengalami peningkatan sehingga memiliki potensi ekspor yang tinggi jika dimanfaatkan dengan baik.

potensi ekspor kalimantan utara

Sektor pertanian disini sendiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi Kalimantan Utara. Jadi, sangat diharapkan pemerintah dapat menyusun kembali strategi pembangunan wilayah dan menetapkan kebijakan pengembangan sektor pertanian di provinsi Kalimantan Utara.

  1. Sektor Perkebunan

Sektor perkebunan didominasi oleh kelapa sawit, kelapa dalam, dan kakao. Beberapa pabrik yang menggeluti bidang ini juga sudah banyak yang beroperasi.

Selain itu, peluang investasi terbesar dari sektor ini adalah kilang minyak goring biodiesel dan hasil turunan kelapa sawit lainnya yang tentu jenisnya pun sangat beragam.

  1. Sektor Pertambangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peluang usaha dan potensi perekonomian di Kalimantan Utara sangatlah mengandalkan sektor pertanian serta sektor pertambangan dan penggalian, maka dari itu komoditas batu bara menjadi produk unggulan yang ada di provinsi ini. Hasil sektor pertambangan non-migas ini umumnya banyak ditemui di kota/kabupaten Tanjung Selor, yang selaku ibukota provinsi Kalimantan Utara.

Sedangkan komoditas yang berasal dari sektor penggalian adalah penggalian batu gamping, andesit, dan lempung. Ketiga hal ini sangat berpotensial untuk berkembang dan dikembangkan.

  1. Sektor Energi Listrik

Karena kegiatan ekonomi di setiap daerah pasti memerlukan ketersediaan infrastruktur pembangkit listrik, Kalimantan Utara telah meletakkan batu pertama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang terbesar di Indonesia yang letaknya di kecamatan Peso, sungai Kayan, kabupaten Bulungan. Energi yang dihasilkan pun paling banyak, yaitu kisaran 6.080 megawatt (MW), sehingga energi sebesar ini tidak hanya akan menguntungkan lokasi dimana PLTA tersebut berada, tapi juga menguntungkan bagi seluruh wilayah di Kalimantan Utara.

  1. Sektor Kelautan dan Perikanan

Untuk sektor ini cukup berbeda dengan sektor-sektor sebelumnya, karena dari data yang sudah ada, perkembangannya masih dibilang tertinggal jauh dari sektor lainnya. Namun, tidak bisa dipastikan bahwa sektor ini tidak akan berkembang seterusnya, jika pemerintah dan masyarakat daerah itu sendiri mampu menyusun strategi, diperkirakan sektor ini juga akan mengalami perkembangan yang signifikan.

  1. Sektor Industri dan Perdagangan

Sektor industri dan perdagangan juga belum terlalu berkembang di daerah ini. Untuk sektor ini, Kalimantan Utara masih mengandalkan pada industri kecil dan menengah (IKM), perdagangan dan UMKM, serta tidak ketinggalan juga koperasi.

  1. Sektor Pariwisata

Karena Kalimantan Utara memiliki alam yang masih hijau nan asri, jadi tempat pariwisata yang ada di provinsi ini juga masih bisa menarik perhatian banyak orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Contoh tempat wisata yang ada di provinsi ini adalah Pantai Tanah Kuning, Pantai Cemara, Arung Jeram sungai Keburau, dan lain sebagainya.

Keadaan sosial Kalimantan Utara

Tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah salah satu faktor utama dari berhasilnya pembangunan di suatu negara maupun daerah. Dan, sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan, dengan melalui jalur pendidikan pemerintah berusaha secara konsisten untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) penduduk.

Di provinsi Kalimantan Utara sendiri, perkembangan sumber daya manusianya dalam jalur pendidikan terbilang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Maka dari itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) sekarang ini lebih difokuskan ke pertumbuhan ekonomi pemberian suatu kesempatan seluas-luasnya untuk mengenyam pendidikan bagi penduduk yang berusia sekolah (7-24 tahun).

Tahun demi tahun perkembangan dalam bidang ini selalu menunjukkan angka yang besar, ini menunjukkan bahwa pemerintah juga tidak berhenti untuk berusaha meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di daerah ini.

Berikut program-program yang termasuk dalam usaha yang dilakukan pemerintah:

  • Program wajib belajar 9-12 tahun
  • Gerakan Nasional Orang Tua Asuh
  • Dan berbagai program pendukung pendidikan lainnya.

Karena menurut presiden Indonesia, bapak Joko Widodo atau yang biasa kita kenal dengan bapak Jokowi, provinsi Kalimantan Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki  potensi ekspor yang cukup besar, maka kita harus memanfaatkannya dengan baik-baik untuk menghasilkan kemakmuran pada rakyatnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Utara – Tanjung Selor cukuplah besar untuk dimanfaatkan. Maka, sekarang tinggal tugas dari individu masing-masinglah yang belum terlaksana, yaitu berusaha untuk meningkatkan kembali peluang dan potensi yang sudah ada ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *