Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Timur – Samarinda

Peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Timur – Samarinda terbilang cukup menjamin, dikarenakan lokasi provinsi Kalimantan Timur berbatasan dengan Malaysia. Belum lagi, provinsi Kalimantan Timur juga dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan sumber daya.

Hasil utama sumber daya dari keseluruhan provinsi Kalimantan sendiri adalah minyak, gas, alam, dan batu bara. Sedangkan sektor lainnya, mereka bergerak di bidang agrikultur, pariwisata, dan industri pengolahan.

Hasil utama sumber daya alam ini sebagian besar telah diekspor keluar negeri, sehingga Kalimantan Timur ialah provinsi yang menghasilkan devisa paling utama bagi Indonesia terutama dari sektor atau industri pertambangan dan kehutanan.

Selain itu, karena seiring berjalannya waktu Kalimantan Timur dan beberapa bagian lainnya yang ada di pulau Kalimantan merupakan penghasil kayu terbanyak di Indonesia, maka pada tahun 2019 pemerintah melepas hasil olahan turunan kelapa sawit Palm Kernel Expeller (PKE) sebanyak 1.996.78 ton yang bernilai hingga Rp. 2.230.000.000 atau 2,23 miliar rupiah dan diekspor ke negara Vietnam. Dan, sampai saat ini hasil olahan kayu masih merupakan sumber daya yang menjadi primadona ekspor di Kalimantan Timur.

Pada saat mengekspor hasil olahan turunan kelapa sawit PKE, pemerintah juga mengekspor lada biji yang menjadi komoditas potensial asli Kalimantan Timur. Pemerintah mengekspor lada biji sebanyak 50 ton yang seharga Rp. 476.000.000 ke tujuan yang sama yakni Vietnam.

Peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Timur – Samarinda

Seperti yang sudah disebutkan di awal kalimat tadi, Kalimantan Timur khususnya Samarinda merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya, dan hal itu menyebabkan peluang usaha dan potensi ekspor di daerah ini terbilang bagus.

Daftar potensi sumber daya yang ada di Kalimantan Timur:

  1. Sektor Perkebunan

Di Kalimantan Timur, terdapat beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha dan potensi ekspor, yaitu karet, kelapa, kopi, lada, coklat, kelapa sawit, gula aren, dan tanaman sejenis ini lainnya. Namun, usaha seperti ini terbagi menjadi 3 macam, perkebunan besar pemerintah, perkebunan besar swasta, dan perkebunan rakyat. Dan wilayah terbesar dari luas area perkebunan di Kalimantan Timur telah ditanami dengan kelapa sawit.

Setelah tanaman kelapa sawit menjadi peringkat pertama dalam bidang ini, perkebunan karet menyusul di peringkat kedua sebagai jumlah produksi terbesar di Kalimantan Timur.

Selain itu, tahun demi tahun perkebunan kelapa sawit semakin meluas dikarenakan pemerintah setempat khususnya gubernur setempat membuat sebuah program yang bernama “Satu juta hektar kelapa sawit”.

peluang usaha samarinda

  1. Sektor Pertanian

Semenjak tahun 2012, perkembangan luas panen dan hasil panen dalam produksi padi mengalami peningkatan. Sekitar 36% produksi padi dihasilkan oleh kabupaten Kutai Kartanegara dan total padi sawah mencapai 45,35% dari seluruh daerah padi sawah yang ada di Kalimantan Timur.

Tanaman palawija di Kalimantan Timur yang memiliki peluang usaha dan potensi ekspor cukup tinggi adalah jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau. Tanaman-tanaman ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan luas panen.

Lalu apa jenis tanaman sayuran terbanyak yang dimiliki oleh Kalimantan Timur? Jawabannya adalah ketimun dan kangkung. Namun, berbeda dengan tanaman palawija, tanaman sayur-sayuran perkembangannya lebih tidak bisa dipastikan.

  1. Sektor Perikanan

Karena adanya reklamasi lahan batu bara menjadi area danau untuk perikanan, jumlah rumah tangga perikanan di Kalimantan Timur mengalami peningkatan yang signifikan. Fenomena ini khususnya terjadi di daerah Nunukan, Kutai Timur, dan Berau.

Sarana atau fasilitas yang disediakan untuk penangkapan ikan laut terdiri dari perahu tanpa motor, perahu motor, dan kapal motor, dan jumlah armadanya sebanyak 27.518 unit, dan setiap tahunnya akan bertambah meskipun mungkin secara perlahan.

  1. Sektor Peternakan

Jumlah peternakan di Kalimantan Timur terdiri dari peternakan sapi perah, peternakan kerbau, peternakan kambing, peternakan babi, peternakan domba, dan peternakan kuda, sungguh bervariasi bukan?

Selain ternak-ternak yang disebutkan tadi, ada juga ternak potong yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi. Sistem pemotongan ternak-ternak ini yang digunakan untuk dikonsumsi, bisa dilakukan di rumah potong hewan atau secara mandiri alias tanpa bantuan dari rumah potong hewan.

Daging sapi merupakan penghasil produksi terbanyak di bidang ini, sedangkan untuk jenis unggas, ayam kampung, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, dan itik merupakan pemimpin di bidangnya.

  1. Sektor Pertambangan

Kalimantan Timur termasuk salah satu daerah di Indonesia yang terbaik jika menyangkut tentang pertambangan. Kegiatan pertambangan di provinsi ini mencakup pertambangan migas dan nonmigas.

Komoditi ekspor utama Kalimantan Timur dari sektor pertambangan ialah minyak bumi dan gas alam, karena kedua jenis ini merupakan hasil tambang yang memiliki pengaruh terbesar dalam perekonomian Kalimantan Timur itu sendiri maupun perekonomian Indonesia. Jadi, hal ini akan sangat membantu kemajuan ekonomi negara Indonesia jika kegiatan ini terus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan membuahkan hasil yang selalu menguntungkan.

Rencana pemerintah untuk meningkatkan peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Timur

Untuk meningkatkan peluang usaha dan potensi ekspor di Kalimantan Timur, pemerintah Indonesia berniat akan mengajak para investor industri olahan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada seperti mengolah lada menjadi produk yang sudah jadi atau paling tidak setengah jadi. Pemerintah berharap hasil olahan ini dapat memberikan nilai tambahan bagi masyarakat setempat.

Yang berperan untuk meningkatkan akselerasi ekspor adalah Karantina Pertanian Samarinda yang menjadi unit Pelaksana Teknis Barantan. Salah satu cara yang dilakukan tim ini adalah memberikan layanan tercepat dan memfasilitasi Phytosanitary Certificate (PC). Pemerintah juga berharap, dengan adanya bantuan dari Karantina Pertanian Samarinda ini, akselerasi ekspor yang ada di Kalimantan Timur akan meningkat hingga 200% dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, Kalimantan Timur juga sudah secara rutin mengekspor komoditas unggulannya seperti hasil olahan karet, produk kayu olahan, dan produk olahan turunan kelapa sawit ke berbagai negara lain seperti Tiongkok, Myanmar, India, Vietnam, Taiwan, dan bahkan pernah sampai ke Amerika Serikat.

Pemerintah setempat sendiri juga sangat mendukung kegiatan mengajak lebih banyak lagi investor industri olahan ini. Bahkan, pemerintah setempat mengajukan usul untuk semakin meningkatkan potensi ekspor dalam sektor pertanian dan mengolahnya menjadi produk-produk pertanian yang khas dengan kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Hingga sekarang, pemerintah tidak pernah berhenti melakukan terobosan dan percepatan layanan untuk mendongkrak/meningkatkan potensi ekspor di Kalimantan Timur khususnya Samarinda.

Nah, sekarang pembahasan ini akan kita tutup, dan akhir kata dari artikel ini adalah peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Timur – Samarinda cukup tinggi apalagi dengan bantuan dari pemerintah yang datang secara bertubi-tubi setiap tahunnya. Manfaatkan peluang dan potensi yang ada, dan ciptakan kota dan negara yang lebih maju lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *