Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Tengah – Palangkaraya

Apakah Anda pernah bertanya-tanya terkait peluang usaha dan potensi ekspor di Kalimantan Tengah – Palangkaraya? Jika benar begitu, Anda tidak sendirian. Banyak orang penasaran dengan kemungkinan usaha yang bisa Anda lakukan di Palangkaraya. Apalagi Kalimantan Timur diproyeksikan menjadi ibukota Indonesia untuk kedepannya. Sehingga, akses yang didapat dalam memasarkan sebuah produk atau menjalankan sebuah usaha akan lebih mudah.

Selain segudang peluang usaha yang ada di Kalimantan Tengah, Palangkaraya, potensi ekspor juga sudah mulai terlihat di Kalimantan Tengah. Kekayaan alam dan posisi Kalimantan Tengah yang strategis akan sangat mendukung kegiatan eskpor, terlebih apabila Kalimantan Timur kelak menjadi Ibukota Indonesia. Tentunya hal ini dapat meningkatkan intensitas kegiatan ekonomi di Kalimantan Tengah. Apabila Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca penjelasan peluang usaha di bawah ini.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Tengah – Palangkaraya: Tanaman Obat

Kalimantan Tengah memiliki luas lahan kosong yang cukup banyak. Struktur tanah dan tipografi tanahnya sangat mendukung untuk menanam berbagai macam tanaman dan tumbuhan obat. Lahan dengan jenis tanah gambut, sulfat, akan sangat berguna untuk menyuburkan tanaman dan tumbuhan obat. Beberapa tanaman dan tumbuhan obat yang bisa ditanam di Kalimantan Tengah antara lain pasak bumi, karamunting, sambung urat, taya, dan masih banyak lagi.

Selain itu, tumbuhan yang dimaksud tidak hanya mencakup tumbuhan dengan jenis pohon saja. Tumbuhan seperti herba, palempalem, perdu, liana, juga merupakan tumbuhan obat yang bisa ditanam di Kalimantan Tengah atau Palangkaraya. Herba sejenis Bawang Hantu, Bawang Dayak, Daun Dewa, juga termasuk ke dalam bagian jenis tumbuhan atau tanaman obat yang dapat ditanam di Kalimantan Tengah.

Untuk bisa memaksimalkan peluang usaha ini, Anda harus memiliki lahan resmi dan tercatat di akta notaris. Baru setelahnya, Anda bisa menanam berbagai tanaman dan tumbuhan obat yang sebagian kecilnya sudah disebutkan di atas. Tanaman dan tumbuhan obat banyak diminati oleh masyarakat, terutama mereka yang masih memercayai bahwa obat herbal adalah obat paling mujarab. Tentunya dengan pasar yang jelas ini, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan.

Potensi Ekspor: Bahan Baku Obat

Selain dapat dikonsumsi menjadi obat herbal, tanaman dan tumbuhan obat bisa digunakan menjadi bahan baku obat bagi perusahaan yang tertarik dengan khasiat dari tanaman dan tumbuhan tersebut. Mereka akan menggunakan bahan baku organik untuk menyeimbangi bahan baku kimia yang terkandung di dalam obat. Sebut saja pasak bumi yang berguna untuk mengembalikan energi ibu yang baru melahirkan. Komposisi pasak bumi dapat menyeimbangi efek samping yang dihasilkan dari proses kimiawi obat.

Sehingga, tanaman dan tumbuhan obat yang ditanam di Kalimantan Tengah sangat berpotensi untuk diekspor ke luar negeri. Selain bahan bakunya bersifat organik, tanaman dan tumbuhan obat tidak menghasilkan efek samping sebesar bahan kimia. Perusahaan-perusahaan yang sudah mulai mencari inovasi dalam produknya akan tertarik untuk memasukkan tanaman dan tumbuhan obat ke dalam obatnya. Selama Anda berusaha membuktikan bahwa kadar tanaman obat yang dimaksud terbukti mengurangi gejala, maka akan banyak orang yang meminta ekspor.

Peluang Usaha: Makanan dan Minuman Khas Daerah

Apakah Anda bisa menyebutkan makanan dan minuman khas daerah Anda? Sepertinya bisa, namun mustahil untuk menyebutkan semuanya. Indonesia sendiri memiliki beragam makanan dan minuman khas daerah yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan. Makanan dan minuman yang disebut tidak akan ada habisnya. Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengelola makanan tersebut, maka Anda bisa menggunakannya sebagai peluang usaha di Kalimantan Tengah. Dijamin, akan banyak orang yang penasaran.

Walaupun merupakan ibukota Kalimantan Tengah, Palangkaraya sendiri masih belum memiliki beragam kuliner khas daerah lain di Indonesia. Berbeda dengan kota lain seperti Jakarta atau Bandung yang memiliki banyak makanan khas nusantara tersebar di kotanya. Karena adanya peluang ini, maka Anda harus bisa menangkap apa kuliner yang kira-kira akan disenangi oleh masyarakat Palangkaraya. Jika Anda dapat membuat Ketoprak, mungkin saja banyak orang yang akan membelinya.

Hal tersebut dikarenakan Ketoprak masih belum banyak ditemui di Banjarmasin. Atau misalkan, Bolen khas Bandung. Bagi Anda yang berada di pulau Jawa, sebagian besar pasti tahu bentuk Bolen. Namun, belum tentu dengan mereka yang di Kalimantan Tengah atau Palangkaraya. Tidak adanya kuliner yang menarik dari daerah lain bisa menjadi peluang usaha bagi Anda yang ingin membuka usaha di Kalimantan Tengah.

Potensi Ekspor: Camilan Khas Daerah

Selain menjual makanan dan minuman khas daerah, Anda juga bisa membungkus camilan khas daerah dan menjual camilan tersebut ke negeri seberang. Sebagai contohnya, keripik pisang khas Lampung atau bahkan makanan atau camilan khas Kalimantan Tengah sendiri seperti keripik kalakai atau kue gagatas. Jika makanan yang dijual membutuhkan suhu udara tetap, maka Anda bisa melakukan pressing untuk menyerap seluruh udara agar makanan tidak basi.

Peluang Usaha: Wedding Organizer

Setiap tahunnya, akan selalu ada pasangan yang menikah di Kalimantan Tengah atau Palangkaraya. Sederhananya, karena memang kecenderungan menikah di Kalimantan Tengah masih banyak. Sehingga pesta Pernikahan sangat dinanti oleh orang banyak. Otomatis, pasangan yang akan menikah tersebut menyewa kelompok yang bisa mengatur, merancang, dan mengurus pernikahan klien.

Mulai dari dekor tampilan, adat yang dikenakan, baju pengantin, sampai makanan yang disediakan, semuanya dikelola oleh wedding organizer. Ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha karena akan selalu ada orang yang membutuhkan sekelompok orang yang mengurus pernikahan mereka. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha di Kalimantan Tengah, Anda dapat menawarkan jasa wedding organizer pada orang-orang.

Potensi Ekspor: Baju Pernikahan

Berbicara tentang wedding organizer, tentu tidak akan jauh-jauh dari baju yang dikenakan di saat momen spesial. Baik itu bagi mempelai pria, mempelai wanita, ataupun keluarga kedua belah mempelai, baju pernikahan penting untuk diperhatikan. Anda dapat mengeskpor baju pernikahan kepada negeri seberang dengan daftar baju sebagai berikut:

  1. Baju pengantin Melayu lengkap dengan aksesorisnya
  2. Baju keluarga pengantin Melayu lengkap dengan aksesorisnya
  3. Baju bridesmaid atau pengiring kedua mempelai
  4. Segala aksesoris yang berkaitan dengan budaya yang digunakan dan segala kebutuhan yang berkaitan dengan proses adat yang dilakukan

Setelah mengetahui peluang usaha dan potensi ekspor yang ada di Kalimantan Tengah, Anda dapat memulai usaha Anda dengan menentukan terlebih dahulu jenis usaha yang akan dijalankan. Selain itu, jika Anda ingin membuat sebuah badan hukum, buatlah dengan cara legal. Sehingga di kemudian hari, Anda tidak akan tersangkut dengan masalah hukum dan usaha yang Anda jalankan bisa lancar sesuai dengan yang diharapkan. Semoga informasi tentang peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Tengah – Palangkaraya ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *