Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Selatan – Banjarmasin

Selayaknya daerah yang semakin berkembang, Kalimantan semakin menunjukkan peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Selatan – Banjarmasin. Tak dapat dipungkiri bahwa Banjarmasin selaku ibukota Kalimantan Selatan memiliki sumber daya alam yang dapat didayagunakan. Disamping itu, lahan yang masih tersedia menjadi keuntungan bagi mereka yang ingin membuka usaha dan melakukan kegiatan ekspor di Kalimantan Selatan.

Beberapa usaha yang bisa dilakukan di Kalimantan Selatan diantaranya ialah usaha ritel atau usaha sejenis UMKM. Terlebih, adanya Bandara Noor Syamsudin yang baru saja dibuat di tahun 2019 mempermudah keluar masuk barang yang dibutuhkan oleh pelaku usaha di Kalimantan Selatan. Kegiatan ekspor ke negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura juga akan semakin mudah karena adanya akses untuk melakukan ekspor. Jika Anda ingin mengetahui peluang usaha dan potensi ekspor lebih lanjut, maka Anda dapat membaca informasi di bawah ini.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Selatan – Banjarmasin: Bisnis Katering Rumahan

Mungkin bagi sebagian orang, bisnis katering rumahan tidak akan begitu laku. Masih banyak orang yang memasak di rumah tanpa harus membeli katering. Namun perlu diketahui bahwa pegawai, anak sekolah, mahasiswa, sangat membutuhkan katering untuk memenuhi asupan gizi mereka. Selain itu, berlangganan katering tidak susah dan tergolong murah. Mereka tidak perlu pergi ke rumah makan atau menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan makannya.

Katering rumahan juga lebih terjamin kebersihannya. Sendok yang digunakan adalah sendok baru, begitu juga dengan tempat makannya. Sehingga, bisnis katering rumahan akan sangat laku di Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda ke perusahaan, universitas, sekolah, hingga rumah sakit untuk bisa mendapatkan klien yang berlangganan dengan katering Anda. Pastikan juga bahwa menu yang Anda tawarkan adalah menu yang banyak disenangi, sehingga orang-orang akan tertarik.

Berikut tips dalam membuka bisnis katering rumahan:

  1. Berikan foto yang menarik dan keterangan yang jelas terkait menu katering
  2. Promosikan dengan bahasa persuasif namun tidak membual
  3. Sertakan testimoni dari pembeli atau pelanggan katering sebelumnya
  4. Tawarkan harga yang bersaing. Tidak murah, tidak juga mahal. Harga tersebut berguna untuk menjaga harga pasar

Potensi Ekspor: Makanan Khas Daerah

Indonesia memiliki beribu-ribu makanan khas daerah. Baik yang asin, manis, pedas, asam, semuanya lengkap. Kekayaan makanan dari Indonesia ini bisa Anda jadikan potensi ekspor ke luar negeri. Misalnya, Anda ingin memproduksi makanan pedas seperti kerupuk seblak. Maka Anda bisa menargetkan pasar dengan melihat kesenangan tiap daerah. Masyarakat Korea Selatan rata-rata menggemari makanan pedas. Lidah orang Korea Selatan juga hampir sama dengan lidah orang Indonesia. Maka, kemungkinan kerupuk seblak pedas itu juga akan laku jika dijual ke Korea Selatan.

Contohnya lagi. Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang menyenangi masakan yang digoreng, gurih, dan asin. Anda bisa mencoba menjual keripik singkong atau gorengan karena rasa asin dan gurih yang ada di kedua makanan. Jika Anda ingin mengeskpornya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa makanan akan tahan lama dalam suhu tertentu. Untuk gorengan, Anda bisa menggorengnya terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke plastik tebal dan dipressing.

Peluang Usaha: Suplai Sembako

Kalimantan Selatan terkenal dengan tanahnya yang subur. Beras-beras yang dihasilkan merupakan beras berkualitas karena tanahnya yang sangat cocok digunakan untuk bertani. Selain itu, pemrosesan tepung terigu, tepung jagung, banyak dilakukan di Kalimantan Selatan karena bahan bakunya ditanam di sawah yang sama. Sehingga tak heran jika banyak orang yang ingin menjadi supplier sembako di Kalimantan Selatan.

Anda bisa memilih beras-beras jenis apa yang Anda akan jual. Kemudian, tepung apa yang Anda akan berikan ke distributor. Ini merupakan peluang usaha yang sulit sekali mati karena semua orang akan selalu mencari sembako karena itulah kebutuhan utamanya. Yang penting dalam menjual sembako, Anda harus bisa memberikan kualitas yang memuaskan untuk pelanggan Anda. Selain itu, harga yang ditetapkan juga tidak boleh terlalu mahal atau terlalu murah. Anda justru tidak akan mendapatkan keuntungan dari situ.

Potensi Ekspor: Pengiriman Bahan Baku Makanan

Berlimpahnya hasil alam yang ada di Kalimantan Selatan membuat banyak tumbuhan, sayuran, dan tanaman berkembang dengan baik. Kentang, wortel, bombai semuanya merupakan produk unggul jika ditanam di Kalimantan Selatan. Hal ini dipertegas kembali dengan bukti bahwa Kalimantan Selatan memiliki tanah yang sangat luas untuk bercocok tanam. Tentu akan sia-sia saja jika tidak didayagunakan dengan baik. Maka, bagi Anda yang sedang mencari potensi ekspor di Kalimantan Selatan, Anda bisa menjual bahan baku makanan ke negara lain.

Apabila Anda berniat menjualnya ke perusahaan camilan kentang, maka Anda bisa menjual hasil panen kentang Anda ke perusahaan tersebut. Lakukanlah pendekatan dengan membicarakan harga dan kualitas produk. Anda perlu meyakinkan perusahaan bahwa kentang yang Anda tumbuhkan ditanami di lahan yang subur. Pupuknya pun tidak begitu banyak. Sehingga residunya tidak akan menumpuk di dalam tubuh kelak. Sampaikan juga penawaran uang menarik. Tidak perlu tinggi, yang penting seimbang dan sesuai kebutuhan.

Peluang Usaha: Agrobisnis & Hortikultura

Apakah Anda senang berkebun? Jika ya, maka usaha agrobisnis dan hortikultura akan sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan menanam jenis buah-buahan seperti nanas, pepaya, duku, manggis, Anda akan bisa mendapatkan profit. Untuk memulai usaha agrobisnis atau multikultura, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tanaman apa yang Anda akan tanam di musim kemarau dan tanaman apa yang Anda akan tanam di musim penghujan.

Pembagian yang dilakukan ditujukan untuk memaksimalkan buah-buahan atau sayur-sayuran yang akan ditanam. Daripada buah-buahan atau sayur-sayuran yang dihasilkan tidak begitu segar, lebih baik kita fokus dalam memberikan produk yang sehat dan terbaik. Maka, kerugian akan semakin diminimalisir dan keuntungan akan semakin meningkat signifikan.

Potensi Eskpor: Buah-buahan & Sayur-sayuran

Untuk melakukan ekspor buah-buahan dan sayur-sayuran dari Kalimantan Selatan Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Tentukan pasar Anda. Cari negara yang menyukai produk yang Anda hasilkan. Jangan sampai, Anda memberinya durian ketika mereka tidak menyukainya
  2. Berikan produk yang segar untuk ditawarkan pada pembeli
  3. Packing dengan benar dan jangan biarkan ada bakteri yang menempel

Setelah mengetahui peluang usaha dan potensi ekspor yang ada di Banjarmasin, Anda bisa langsung menyusun rencana untuk melakukan usaha tersebut. Pilihlah usaha yang menurut Anda paling bisa dilakukan oleh Anda dan mereka yang bekerja sama dengan Anda. Selain itu, dana yang disediakan juga harus sesuai dengan rencana Anda. Jangan sampai karena keinginan Anda yang cukup besar, Anda harus mencari dana tanpa memikirkan apa yang harus Anda tanggung kedepannya. Semoga informasi tentang peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Selatan – Banjarmasin ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *