Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Barat – Pontianak

Peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Barat – Pontianak bisa kamu ketahui dengan membaca ulasan di bawah ini. Baca sampai selesai agar kamu mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Kalimantan Barat – Pontianak

Iklim perekonomian di Pontianak yang sangat positif mendukung berbagai usaha untuk bisa berkembang di kota tersebut. Selan itu, Kalimantan Barat juga memiliki berbagai komoditas yang layak untuk diekspor. Apa saja peluang usaha dan komoditas ekspor tersebut? Mari kita bahas pada ulasan di bawah ini.

Peluang Usaha di Pontianak

Pusat kegiatan ekonomi Kalimantan Barat berada di ibukota, yaitu Pontianak. Maka tak heran jika perekonomian di Pontianak terus mengalami perkembangan. Hal ini tentu saja menciptakan berbagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa usaha menguntungkan yang bisa dijalankan di Pontianak.

  1. Jualan Jus dan Buah Segar

Kota Pontianak dikenal memiliki suhu yang panas karena dilalui garis khatulistiwa. Suhu yang tinggi ini menyebabkan masyarakat di sana cenderung menyukai minuman dingin dan buah yang menyegarkan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha jualan jus dan buah segar. Usaha ini akan menghasilkan keuntungan yang besar mengingat peminatnya cukup banyak. Tentunya kualitas buah harus tetap terjaga agar dapat mendatangkan banyak pelanggan.

  1. Rumah Makan

Pontianak sebagai kota terbesar di Kalimantan pastinya memiliki jumlah penduduk yang banyak. Maka dari itu, usaha rumah makan patut menjadi pilihan untuk berbisnis. Tidak harus dengan makanan khas kota tersebut, bisa juga dengan menjual makanan dengan menu khas kota lain. Apalagi jika bisa selalu berinovasi dengan menjual menu makanan yang sedang banyak disukai masyarakat saat ini. Maka usaha ini pasti bisa cepat berkembang dan mendatangkan keuntungan.

  1. Tempat Penginapan atau Hotel

Pontianak merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Yang menarik di kota ini adalah Tugu Khatulistiwa yang berdiri di daerah Siantan. Tugu ini sebagai pertanda bahwa daerah tersebut dilalui oleh garis lintang nol derajat (khatulistiwa). Banyak orang dari luar daerah melancong untuk mengunjungi tugu ini. Oleh karena itu, usaha tempat penginapan dan hotel bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha di Pontianak.

  1. Toko Oleh-Oleh Khas Pontianak

Selain hotel, usaha yang patut untuk dipertimbangkan yaitu mendirikan toko oleh-oleh khas Pontianak. Dengan menargetkan para wisatawan dari luar kota, usaha ini bisa sangat menjanjikan dalam jangka panjang. Di sampan itu, tidak ada patokan untuk menentukan harga produk yang dijual. Maka keuntungan yang didapat bisa sangat besar. Oleh-oleh khas Pontianak diantaranya seperti bingke, stik talas, pisang srikaya, kerupuk amplang, pernak-pernik etnik dayak dan masih banyak lagi.

  1. Toko Pakaian

Membuka toko pakaian di Pontianak masih memiliki peluang yang lebar untuk meraup keuntungan besar. Semua orang di kota tersebut tentunya akan terus membutuhkan pakaian. Agar cepat berkembang, promosi wajib dilakukan untuk menarik banyak pembeli. Selain itu, penting juga untuk selalu mengikuti trend dengan menyediakan model pakaian yang sedang disukai masyarakat.

  1. Laundry

Perekonomian Pontianak yang berkembang pesat membuat banyak pendatang tinggal di kota ini. Selain itu, di sana juga banyak mahasiswa luar daerah yang menuntut ilmu dengan tinggal di kos-kosan. Masyarakat Pontianak dan para pendatang ini telah disibukkan dengan berbagai kegiatan masing-masing. Banyak di antara mereka yang tidak memiliki waktu untuk mencuci ataupun sekedar menyeterika pakaian sendiri. Maka usaha laundry bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijalankan di kota ini.

  1. Depot Minuman

Seiring perubahan gaya hidup masyarakat di Pontianak, kebanyakan mereka sudah tidak memasak air sendiri. Mereka lebih memilih membeli air kemasan galon untuk kebutuhan minum sehari-hari. Apalagi saat ini sudah ada alat yang biasa disebut dispenser. Selain untuk menaruh galon aqua agar lebih mudah dituang ke gelas, dispenser juga bisa dipakai untuk memanaskan air. Hal inilah yang membuat usaha depot minuman bisa sangat menguntungkan jika dijalankan di Pontianak.

  1. Fotokopi

Usaha fotokopi sangat cocok dijalankan di Pontianak. Apalagi jika usaha ini didirikan di daerah keramaian, seperti perkantoran atau kampus. Banyak karyawan dan mahasiswa yang membutuhkan jasa fotokopi. Maka jangan heran jika usaha fotokopi tidak akan sepi pengunjung. Untuk menambah penghasilan dan menarik lebih banyak minat orang, sertakan jasa cetak (print), scan, dan penjilidan. Kemudian lengkapi usaha tersebut dengan menjual beragam peralatan ATK, seperti buku, bolpen, pensil, penghapus, penggaris, dan sebagainya.

  1. Salon atau Barber Shop

Salon atau barber shop akan selalu dicari oleh masyarakat Pontianak. Masyarakat akan mendatangi salon yang biasanya menyediakan berbagai perawatan kecantikan untuk wanita. Diantaranya seperti perawatan rambut, perawatan kuku, pijat, hingga jasa rias. Sedangkan bagi laki-laki biasanya akan mendatangi baber shop, baik hanya untuk sekedar memangkas rambut maupun mengubah gaya rambut mereka.

Potensi Ekspor di Kalimantan Barat

Kalimantan Barat memiliki lahan yang sangat luas dan bisa dijadikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Hal ini menjadikan Kalimantan Barat memiliki banyak komoditas yang bisa diekspor. Beberapa komoditas ekspor tersebut antara lain buah-buahan, karet, kopra, kelapa bulat, kelapa parut, sabut kelapa, sapu lidi, biji pinang, mengkudu kering, lada, asam keranji, kayu bengkirai, gaharu buaya serta sarang burung walet.

Pisang adalah salah satu buah ekspor yang paling tinggi peminatnya. Dengan tujuan ekspor ke negara Malaysia, buah pisang kepok yang diekspor sebesar 50 ton. Namun, jumlah ini belum bisa memenuhi permintaan pasar negara tersebut yang mencari 300 ton per minggu. Karet dari hasil perkebunan Kalimantan Barat banyak dikirim ke negara Vietnam, China, Pakistan, Turki, India, Amerika, dan Meksiko.

Untuk kelapa bulat dan parut diekspor ke negara China, Mauritus, Argentina, Yunani, Inggris, Jerman, Turki, Rusia hingga Afrika Selatan. Lalu sapu lidi diekspor ke negara Malaysia, Pakistan dan India. Biji pinang diekspor dengan tujuan negara-negara di Asia, seperti Myanmar, China, Afghanistan, Bangladesh dan India. Sedangkan mengkudu diekspor ke negara Taiwan dan Korea Selatan. Adapun lada diekspor ke Vietnam, China, India, Turki, Kanada hingga Swiss.

Selain berbagai hasil perkebunan di atas, ada juga komoditas unik yang diekspor oleh Kalimantan barat. Diantaranya yaitu tanaman aquarium yang banyak dikirim ke Singapura, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Inggris, Prancis, Denmark hingga Amerika. Kemudian ada Bahan Kimia Anorganik (HS38) dengan negara tujuan ekspor utama yaitu China, Malaysia, dan India.

Berbagai komoditas di atas menunjukkan besarnya potensi ekspor yang dimiliki Kalimantan Barat di sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini membuat pemerintah untuk mendampingi dan mendorong para petani agar bisa mengembangkan hasil pertanian. Nantinya diharapkan hasil pertanian tersebut bisa terjaga kwalitasnya dan dapat memenuhi permintaan pasar luar negeri yang terus meningkat.

Penutup

Demikian ulasan tentang peluang usaha dan potensi ekspor Kalimantan Barat – Pontianak. Berkembangnya kegiatan bisnis dan ekspor di Pontianak juga turut meningkatkan kemajuan perekonomian negara. Jika tertarik memulai usaha di Pontianak, pilihlah salah satu usaha dari daftar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *