Ini Dia Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Jawa Barat – Bandung

Ada banyak peluang usaha dan potensi ekspor Jawa Barat – Bandung yang digemari pasar luar negeri seperti kopi, teh, sayuran, dan masih banyak lagi. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja peluang usaha yang berpotensi ekspor asal Bandung, Jawa Barat. Kalau penasaran, yuk simak sampai selesai!

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Jawa Barat – Bandung

Hampir semua masyarakat Indonesia sudah tahu apa itu Bandung. Ya! Bandung merupakan ibukota dari provinsi Jawa Barat yang juga dikenal sebagai Kota Kembang. Bandung ini juga merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang mempunyai banyak peluang usaha sangat menjanjikan dan komoditas unggulan berpotensi ekspor misalnya seperti produk hortikultur, industri pangan dan lain sebagainya.

Produk yang dihasilkan Bandung pastinya mempunyai kualitas dan ciri khas tersendiri sehingga digemari banyak orang. Bahkan bukan hanya masyarakat Indonesia tetapi juga pasar luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha atau komoditas unggulan kabupaten Bandung yang memiliki potensi ekspor, antara lain:

Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam adalah salah satu bahan pangan yang seringkali diolah menjadi kue, bubur, dan puding. Selain rasanya yang enak beras ketan hitam ini juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan mulai dari melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker dan penyakit jantung.

Bandung sendiri merupakan salah satu daerah penghasil beras ketan hitam yang seringkali diekspor ke berbagai negara seperti Eropa dan lain sebagainya. Terdapat tiga sentra produksi beras ketan hitam di Jawa Barat yaitu kecamatan Pacet, kabupaten Garut, dan kabupaten Tasikmalaya.

Domba Garut

Salah satu produk peternakan yang menjadi andalan Jawa Barat khususnya Bandung adalah domba garut. Domba garut merupakan rumpun domba lokal asal Indonesia yang sebarannya ada di wilayah Jawa Barat khususnya kabupaten Garut.

Ternyata domba ini memiliki permintaan yang cukup tinggi. Bahkan pada tahun 2018 saja Uni Emirat Arab membeli sebanyak 300 ekor domba garut dengan harga yang cukup fantastik yaitu 3 miliar rupiah.

Tidak hanya itu saja, ekspor domba garut suka dilakukan di Negeri Jiran atau Malaysia dengan jumlah sebanyak 60.000 ekor dan harga kurang lebih sekitar 108 miliar rupiah. Banyaknya ekspor ini tentu menjadi kabar baik bagi para peternak domba garut agar bisa lebih meningkatkan kualitas domba sehingga layak untuk diekspor.

Kelapa Parut Kering

Kelapa parut kering atau desiccated coconut adalah salah satu produk olahan dari kelapa yang biasa digunakan untuk membuat biskuit, roti, manisan, hiasan cake, dan lain sebagainya. Kelapa parut ini ini merupakan salah satu produk pertanian asal kabupaten Bandung yang menjadi komoditi ekspor dan banyak dicari atau dikirim ke berbagai negara.

Pada tahun 2019 produk kelapa parut kering yang diproduksi oleh PT Javakakao Industria berhasil mengekspor produk ini ke negara Arab Saudi dengan jumlah kurang lebih sebanyak 25 ton serta bernilai sekitar Rp 443,3 juta.

Kelinci Hias

Kelinci merupakan salah satu hewan yang mempunyai tingkah dan bentuk lucu serta warna bulunya sedap dipandang. Kelinci ini juga mempunyai berbagai jenis salah satunya adalah kelinci hias. Kelinci hias sendiri merupakan jenis kelinci yang banyak di konteskan karena mempunyai karakter dan ciri-ciri standar yang sesuai dengan jenisnya.

Ternyata kelinci hias juga merupakan salah satu produk peternakan Bandung yang mempunyai potensi ekspor cukup tinggi. Kelinci hias ini banyak diminati oleh pasar luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Pakistan, Prancis, dan lain sebagainya.

Kerajinan

Usaha kerajinan tangan atau produk handmade ternyata juga mempunyai peluang usaha yang bagus. Dengan kreativitas yang tinggi seorang seniman bisa menghasilkan kerajinan dengan modal yang sedikit tetapi harganya selangit. Misalnya seperti memanfaatkan limbah bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Contoh dari pemanfaatan limbah tersebut bisa menghasilkan produk bernilai jual seperti dompet, tas, gelang, kalung, anting, dan lain sebagainya.

Adapun salah satu merek atau brand asli Bandung yang bisa membuat berbagai kerajinan dari biji-bijian dan mempunyai banyak permintaan dari luar negeri misalnya seperti Taiwan, Tiongkok, Singapura, Jepang, dan Malaysia.

Kokoa

Bandung juga terkenal dengan produk olahan cokelatnya. Namun produk ini masih berupa produk setengah jadi seperti bubuk cokelat atau kakao. Ternyata kakao dari Bandung sudah diakui dan dikenal oleh dunia sebagai kakao dengan kualitas terbaik dan mampu bersaing di luar negeri.

Pada tahun 2019 sistem automasi perkarantinaan Bandung mencatatkan bahwa terdapat jumlah ekspor produk olahan cokelat atau kakao dengan jumlah sebanyak 16.456 ton dan harganya sekitar Rp 660,9 miliar.

Kolang Kaling

Kolang kaling atau buah atap merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari orang karena mempunyai tekstur kenyal dan rasanya menyegarkan. Buah ini bentuknya lonjong dan warnanya putih transparan. Biasanya kolang kaling banyak ditemukan di olahan es buah, manisan, kolak, dan masih banyak lagi olahan lainnya.

Bandung merupakan salah satu daerah penghasil kolang kaling. Ternyata kolang kaling tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat negara lain.  Pada tahun 2019, Pusat Karantina Pertanian Bandung mencatatkan bahwa terdapat ekspor kolang kaling ke Filipina dengan jumlah sekitar 54,405 ton dan harga sekitar Rp 544,52 juta.

Tidak hanya diekspor ke Filipina tetapi kolang kaling ini juga dikirim ke beberapa negara lain seperti Eropa, Asia, Amerika Serikat, Belanda, Malaysia, Singapura, Arab Saudi, dan Hongkong.

Kopi

Ternyata kopi merupakan salah satu komoditi andalan Bandung. Bahkan kopi dari Bandung ini dikenal memiliki kualitas yang baik sehingga mempunyai banyak permintaan dari luar negeri. Setiap tahunnya Bandung mampu mengekspor kopi hingga 7 ton beratnya ke berbagai negara seperti Amerika, Australia, Jepang, dan Eropa.

Sayuran

Setidaknya terdapat lima komoditas utama sayuran yang ada di kabupaten Bandung yaitu cabai, tomat, kentang, kubis, dan bawang merah. Selain itu ada juga komoditas berspesifikasi lokal dan eksklusif yang dikembangkan atas dasar kerjasama antara petani dengan pelaku pasar yaitu industri, ritel, dan eksportir.

Komoditas tersebut berupa brokoli, wortel, sayuran eksklusif Jepang, dan paprika. Keempat komoditas ini banyak diproduksi di kecamatan Ciwidey, Rancabali, Pangalengan, Pasirjambu, Kertasari, dan Cimenyan.

Teh

Bandung juga dikenal mempunyai banyak perkebunan teh. Terdapat perkebunan milik warga, swasta, dan negara yang sama-sama mengolah pucuk daun teh untuk menjadi berbagai macam produk seperti teh hijau, teh putih, teh merah, dan teh hitam. Teh produksi Kabupaten Bandung ini khususnya jenis teh putih mampu menembus pasar ekspor dan mempunyai banyak permintaan di luar negeri.

Jadi, itu dia informasi yang bisa kami sampaikan mengenai peluang usaha dan potensi ekspor Jawa Barat – Bandung. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua khususnya dalam menambah wawasan. Mohon maaf jika ada salah kata dan terima kasih sudah baca artikel ini dari awal sampai selesai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *