Peluang Usaha dan Potensi Ekspor DKI Jakarta

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai peluang usaha dan potensi ekspor DKI Jakarta – Jakarta. Peluang usaha di perkotaan memang terbuka lebar  Banyak hal yang dapat dijadikan sebagai obyek dan terget usaha  Namun, besarnya populasi manusia di perkotaan tentu membuat para pengusaha harus mengeluarkan usaha lebih besar karena persaingan yang begitu ketat.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor DKI Jakarta-Jakarta

Sebagai ibukota negara dan pusat bisnis terbesar di Indonesia, Jakarta tentu memiliki banyak sekali jenis bisnis dan usaha yang terkadang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bahkan, karena jumlah penduduknya yang fantastis, peluang usaha dari berbagai bidang juga terbuka lebar. Tak hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, peluang bisnis juga membuka peluang lapangan kerja bagi warga Jakarta.

Bicara soal potensi ekspor, tak banyak yang tahu memang bahwa Jakarta memiliki potensi dan komoditas ekspor yang mampu meningkatkan kesejateraan warga DKI Jakarta. Tidak hanya barang, jasa pun dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor yang berasal dari ibukota Indonesia ini. Selain itu, komoditas yang hendak diekspor ini memang memiliki daya tarik dan dibutuhkan oleh konsumen mancanegara.

Peluang Usaha DKI Jakarta

Dibawah ini adalah 3 contoh peluang usaha di kota Jakarta yang dapat dipastikan menghasilkan pundi-pundi rupiah :

Bisnis Makanan dan Minuman

Bisnis makanan seakan tidak ada matinya. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan dari masyarakat Jakarta yang gemar memanjakan lidah mereka. Mulai dari makanan tradisional, western dish, japanese food, chinese cuisine, sampai makanan sehat dan mulai dari catering, makanan siap saji, sampai frozen food masih menjadi incaran warga Jakarta untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tidak hanya itu, bisnis minuman pun di Jakarta pun mampu menghasilkan pundi-pundi yang begitu menggiurkan. Oleh sebab itulah, beragam minuman seperti kopi, boba, cokelat, dan lain sebagainya semakin menjamur di wilayah Jakarta.

Dapat disimpulkan bahwa peluang usaha dalam bidang kuliner terbuka lebar dan begitu menjanjikan. Cukup pastikan bahwa selera penduduk setempat sesuai dengan jenis kuliner yang ditawarkan.

Bisnis Jasa Kurir atau Logistik

Belanja secara online sepertinya bukan lagi hal yang tabu. Selain lebih mudah dalam menyortir harga, belanja secara online diketahui sangat praktis. Maraknya penggunaan marketplace untuk berbelanja online inilah yang membuka peluang usaha dibidang jasa kurir atau logistik begitu besar.

Adanya jasa kurir tentu sangat mempermudah kehidupan generasi milenial yang memang dikenal doyan berbelanja online. Hanya dengan duduk manis dan smartphone di tangan, barang yang diinginkan siap untuk di kirim ke rumah.

Bisnis Jasa Cuci Sofa dan Kasur

Mobilitas dan kesibukan masyarakat kota tentu akan membuka peluang usaha baru, contohnya saja seperti jasa cuci sofa dan kasur. Selain padatnya kegiatan dan macetnya perjalanan yang mengakibatkan masyarakat kota harus berlama-lama menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kebersihan rumah seperti sofa dan kasur tak lagi jadi perhatian.

Kehadiran jasa cuci sofa dan kasur di wilayah perkotaan tentu akan sangat membantu dan bermanfaat. Dengan begitu, masyarakat kota bisa menikmati akhir pekannya untuk beristirahat tanpa harus bersusah- payah untuk mencuci sofa dan kasur.

Potensi Ekspor DKI Jakarta

Mungkin sebagian dari masyarakat berpikir bahwa DKI Jakarta tidak memiliki komoditas ekspor karena tidak tersedianya lahan untuk menanam padi, rempah, rempah, atau buah-buahan. Sesungguhnya, komoditas ekspor tidak melulu soal pertanian, perkebunan, atau hasil bumi saja. Hasil karya dari UMKM pun dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor karena kualitas dan keunikannya yang tidak dimiliki oleh pengusaha dari negara lain. Selain itu, produk dari hasil manufaktur juga dapat dijadikan komoditas ekspor.

Berikut ini akan dibahas 8  komoditas ekspor utama yang berasal dari DKI Jakarta :

  1. Perhiasan

Perhiasan merupakan komoditas ekspor yang paling banyak menyumbang devisa untuk negara yang berasal dari DKI Jakarta. Dengan kata lain, perhiasan merupakan komoditas ekspor utama dari DKI Jakarta. Hal tersebut dikarenakan banyaknya peminat dari mancanegara akan perhiasan asal Jakarta. Terbukti dari tingginya nilai jual perhiasan yang mencapai nilai 1.830,74 (FOB Juta US$) dengan persentasi 19,55% dari keseluruhan komoditas utama.

  1. Kendaraan dan Suku Cadang

Komoditas ekspor berupa kendaraan dan suku cadang menempati posisi kedua komoditas terbesar di Jakarta setelah perhiasan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang didapatkan, yaitu 1.706,13 (FOB JutaUS$) dengan presentasi 18.22%. Adapun jenis kendaraan yang paling diminati adalah mobil, beserta dengan berbagai suku cadangnya.

  1. Ikan dan Udang

Jakarta memiliki hamparan laut yang luas di bagian utara.  Selain itu, jajaran pulau-pulau kecil di Jakarta juga terbilang cukup banyak. Hal tersebut tentu menjadi peluang besar untuk penduduk di sekitar pesisir untuk berprofesi sebagai nelayan. Dari situlah Jakarta memperoleh penghasilan dari laut berupa ikan dan udang yang melimpah, sehingga dapat dijadikan komoditas ekspor untuk dikirim ke belahan dunia yang tidak memiliki hasil laut. Di tahun 2017, kegiatan ekspor ikan dan udang menduduki peringkat ketiga dengan nilai 785,74 (FOB Juta US$) dengan persentasi 8,39%.

  1. Pesawat Mekanik

Gencarnya industri pesawat memberikan dampak besar bagi kegiatan ekspor mesin pesawat mekanik. Mesin pesawat mekanik yang berasal dari Indonesia cukup diminati oleh warga dunia, sehingga komoditas ekspor ini memiliki nilai 659,50 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 7,04% dan menduduki komoditas utama keempat di DKI Jakarta.

  1. Peralatan Listrik

Maraknya industri barang-barang elektronik menjadi peluang besar bagi DKI Jakarta untuk mengekspor hasil dari industri peralatan kistrik. Peralatan listrik dari Indonesia cukup banyak dicari untuk dirakit menjadi barang elektronik sehari-sehari, termasuk pula smartphone. Kegiatan ekspor peralatan listrik ini mampu menghasilkan nilai 440,81 (FOB Juta US$) dan persentasi 4,71%.

  1. Pakaian Jadi

Siapa sangka produk pakaian jadi asal DKI Jakarta memiliki daya jual yang tinggi dan mampu menembus pasar ekspor. Kualitas pakaian jadi asal Jakarta tak kalah pamor dengan produk internasional yang sudah lebih dulu memiliki nama yang cukup dikenal warga dunia. Bahkan, pakaian jadi asal jakarta ini memiliki nilai 427,42 (FOB Juta US$) atau memiliki persentasi 4,56%.

  1. Barang Rajutan

Tak kalah dengan pakaian jadi, barang rajutan asal DKI Jakarta juga banyak diminati oleh penduduk di negara yang beriklim subtropis. Dengan nilai estetika yang tinggi dan kualitas yang setara dengan brand ternama, rajutan asal Jakarta mampu memuaskan konsumen mancanegara, sehingga diperoleh nilai 366,94 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 3,92% dari keseluruhan.

  1. Tembaga

Umumnya, tembaga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kawat, uang, periuk, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, tembaga banyak dicari untuk produksi material tertentu. Hal tersebut tentu memberikan dampak positif pada kegiatan ekspor di Jakarta, dimana komoditas ekspor berupa tembaga ini memiliki nilai 322,08 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 3,55%.

Demikianlah penjelasan mengenai peluang usaha dan potensi ekspor DKI Jakarta-Jakarta. Semoga dapat menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *