Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Bengkulu

Mengetahui peluang usaha dan potensi ekspor Bengkulu – Bengkulu sangatlah penting bagi Anda yang merupakan penduduk daerah sana ataupun orang yang tertarik mengambil peluang bisnis disana. Peluang usaha dan potensi tersebut bisa Anda kembangkan dan olah sehingga Anda mampu berhasil dalam bidang bisnis

Daerah A bisa saja sangat baik jika mengembangkan komoditas teh untuk ekspor tetapi mungkin tidak berlaku untuk B. Maka dari itu, artikel ini hadir untuk Anda agar Anda tahu potensi dan peluang usaha apa yang dimiliki daerah Bengkulu ini.

Peluang Usaha dan Potensi Ekspor Bengkulu – Bengkulu

Ada banyak sekali potensi ekspor yang bisa Anda kelola sebagai peluang usaha yang menjanjikan di Bengkulu. Potensi ekspor tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Durian Bengkulu

Bengkulu memiliki buah durian yang khas daerah sana karena citrarasanya yang unik dan juga sangat fresh. Kualitas yang dimiliki oleh durian daerah Bengkulu ini tidak kalah dengan kualitas buah durian dari negara tetangga yang juga menjadikan buah durian sebagai komoditas utamanya.

Bahkan, potensi ekspor durian dari Bengkulu ini telah dikonfirmasi secara langsung oleh BPS Provinsi Bengkulu yakni Dyah Anugrah Kuswardani MA pada 2019 silam. Jika Anda mampu mengambil peluang ini serta mampu mengelola keberadaan petani durian yang masih belum terkoordinir dalam menjual hasil panennya, maka ini bisa menjadi peluang bisnis ekspor durian yang sangat menjanjikan.

  1. Kayu olahan

Kayu olahan juga bisa menjadi peluang bisnis ekspor yang menjanjikan. Beberapa jenis kayu olahan yang siap ekspor yang mana berasal dari Bengkulu ini antara lain adalah Rubber Wood Moulding, Rubber Wood Laminating Board, dan lain sebagainya. Ini adalah bisnis ekspor yang bagus untuk Anda olah karena kayu-kayu sendiri sangat banyak tersedia di daerah Bengkulu ini.

  1. Sarang walet

Tidak ada habisnya potensi yang bisa Anda olah di Bengkulu ini, Anda juga bisa mencoba eksplorasi bisnis sarang walet. Hal ini dikarenakan memang sarang walet yang terkenal akan khasiatnya ini selalu menjadi permintaan bagi banyak negara asing. Salah satu negara yang merupakan negara tujuan dari ekspor sarang walet ini adalah negara Taiwan.

Harganya yang fantasis juga menyebabkan sarang walet dapat dikatakan adalah bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin mengelola potensi bisnis ekspor di Bengkulu ini. Jika Anda mau menekuni bidang bisnis satu ini, maka dapat dipastikan Anda akan mampu berhasil di bidang bisnis sarang walet ini.

  1. Kopi

Kopi adalah produk yang sangat universal dan banyak orang yang membutuhkan untuk berbagai keperluan. Dalam hal ini, kopi bukan hanya sekedar minuman untuk menemani saat bercengkrama, lebih dari itu, bisa menjadi suatu kebutuhan pokok untuk dihidangkan. Penggemar kopi yang juga tidak sedikit turut mengambil andil atas dibutuhkannya pemasok kopi yang berkualitas.

Dalam hal ini, Bengkulu juga memiliki potensi ekspor atas produk kopi yang khas dari Bengkulu. Beberapa negara target untuk ekspor kopi ini adalah negara Kanada, Afrika, Vietnam, Malaysia, Swiss, Jepang, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Cangkang sawit

Tahukah Anda bahwa ternyata cangkang sawit bisa menjadi potensi bisnis dan peluang ekspor yang menjanjikan? Keberadaan kelapa sawit yang ada di Bengkulu ternyata bisa dimanfaatkan untuk bisnis ekspor yang menjanjikan. Tetapi yang perlu Anda ingat adalah cangkang sawit yang dimaksut dalam hal ini adalah cangkang sawit yang bukan olahan dari bekas pabrik.

Salah satu negara yang bisa menjadi tujuan ekspor ini adalah negara Jepang karena negara tersebut sedang membutuhkan cangkang ini untuk bahan bakar PLTBM atau Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa. Selain negara Jepang, negara-negara lain baik di Asia Tenggara atau Eropa juga banyak yang membutuhkannya.

  1. Ikan

Sebenarnya potensi ekspor ikan dari Bengkulu juga tidak kalah dengan berbagai potensi ekspor yang lain. Sayangnya, masih sangat minim orang yang mengelola potensi satu ini. Hal ini bisa Anda buat sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis karena dapat dikatakan juga minim akan saingan.

Potensi kekayaan alam hayati dan hewani di Bengkulu sangatlah  banyak, maka dari itu, sangat disayangkan jika tidak dikembangkan dengan baik. Dalam hal ini, ikan juga sangat  berpotensi karena Bengkulu juga merupakan daerah penghasil ikan yang banyak dan berkualitas. Sayangnya, menurut data terakhir, nilai ekspornya masih sangat sedikit dan ikan cenderung hanya dijual ke daerah lain, Riau misalnya.

Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis Ekspor

Berminat untuk menekuni bisnis ekspor? Itu adalah ide yang sangat bagus. Tetapi alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai hal tentang bisnis ekspor yang mana antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah produk yang tepat

Ketika Anda ingin menggeluti dunia ekspor, maka Anda harus memilih produk yang tepat. Dapat dikatakan tepat apabila Anda mampu mendapatkan produk ekspor dengan mudah, pengelolaannya bisa Anda jangkau, dan Anda memahami ilmunya. Dengan begitu, produk dapat dikatakan tepat. Jika Anda berada di Bengkulu, maka produk yang ada diatas bisa menjadi alternatif terbaik.

  1. Menentukan negara tujuan

Dalam hal ini Anda harus melakukan riset pasar tentang negara tujuan ekspor Anda. Misalnya, Anda sebaiknya mengekspor cangkang sawit ke Jepang karena negara tersebut memang negara yang membutuhkan pasokan cangkang sawit dengan jumlah besar setiap tahunnya. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sehingga tidak salah tujuan negara.

  1. Memahami tentang berbagai aturan ekspor impor

Bisnis ini tentunya lebih kompleks dibandingkan Anda bisnis di dalam negeri. Tetapi meskipun demikian, bisnis ini pantas untuk digeluti mengingat potensi profitnya yang juga tidak main-main. Maka dari itu, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari secara benar terkait berbagai aturan ekspor dan impor mulai dari pajak, bagaimana cara mengirimnya, cara menjangkau importir dari negara lain, dan lain sebagainya.

  1. Siapkan marketing

Marketing atau pemasaran adalah hal yang sangat penting ketika Anda terjun di bisnis perdagangan. Tentunya marketing yang dilakukan untuk suatu bisnis ekspor berbeda dengan jika Anda berbisnis dalam negeri saja. Maka dari itu, Anda harus melakukan persiapan dengan baik mulai dari riset, promosi, dan lain sebagainya.

  1. Pengelolaan dana yang baik

Dana untuk ekspor tentunya juga sedikit lebih banyak jika dibandingkan Anda berbisnis lokal saja. Maka dari itu, Anda harus melakukan pengelolaan dana dengan baik sehingga bisnis Anda nantinya dapat berjalan dengan lancar dan tidak menumpuk hutang untuk modal.

Itulah peluang usaha dan potensi ekspor Bengkulu – bengkulu. Kini Anda tahu bahwa potensi Bengkulu sendiri sangatlah banyak sehingga Anda tidak perlu bingung dan hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam bisnis ini. Semoga bisnis ekspor Anda berhasil, dan jangan lupa bahwa ketika Anda berbisnis ekspor maka Anda turut menyumbang devisa negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *