Peluang Keuntungan Investasi Emas Saat Pandemi yang Perlu Kamu Ketahui

Meskipun tahun telah berganti namun pandemi masih tetap membayangi kita semua. Oleh sebab itu banyak orang yang sudah berniat untuk berinvestasi emas namun mengurungkan niatnya itu dikarenakan mereka merasa peluang keuntungan investasi emas saat pandemi terbilang cukup kecil.

Namun, faktanya emas adalah salah satu aset berharga yang mempunyai nilai yang disebut-sebut stabil. Faktor inilah yang membuat investasi emas digandrungi banyak kalangan dari investor pemula sampai investor yang telah memiliki jam terbang yang tinggi. Jadi, bisa dikatakan bahwa pandemi tidak terlalu mempengaruhi peluang keuntungan dari investasi emas.

Aset emas yang dapat kamu investasikan adalah emas perhiasan, emas batangan, koin emas, saham perusahaan pertambangan emas, sertifikat emas, DS/MLM emas, reksadana emas, kontrak emas berjangka, ETF emas, emas kuno, dinas emas, dan emas lokal. Hanya saja, jenis emas perhiasan dan emas batangan adalah jenis emas yang sering dipakai untuk berinvestasi.

Peluang keuntungan investasi emas saat pandemi

Meskipun fluktuasi emas terbilang tidak menentu pada saat pandemi, tapi menurut para ahli investasi emas masih termasuk jenis investasi yang memiliki nilai harga yang stabil. Namun, jika perekonomian Indonesia maupun dunia terus mengalami penurunan, bisa jadi harga emas akan mengalami penurunan juga, tapi penurunan yang dialaminya bisa dikatakan tidak terlalu drastis.

Perkembangan emas bisa menjadi salah satu instrumen finansial yang dapat diandalkan walaupun perlu dimulai dari angka termurah atau 0,5 gram jika ingin membeli emas batangan, dan untuk emas perhiasan berhiaskan 12 karat, sehingga kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit dan mencukupi.

Seperti yang sudah kita ketahui dan rasakan sendiri, masa pandemi ini membuat banyak orang kesusahan dalam hal ekonomi, sehingga tidak jarang mereka terdesak kebutuhan sandang dan pangan secara tiba-tiba. Nah, tabungan emas atau investasi emas bisa kamu jadikan pilihan untuk mengurangi kesusahanmu itu, karena mencairkan tabungan emas atau investasi emas merupakan pilihan investasi yang tepat untuk memudahkanmu dalam memenuhi kebutuhan sandang dan panganmu yang terdesak itu.

Investasi yang berupa emas tidak hanya tersedia pada saat situasi yang mendesak dan berjangka panjang namun tingkat keamanan dan kemudahan yang dimiliki investasi jenis ini juga terbilang bagus. Bahkan, investasi emas juga dijadikan sebagai pilihan utama untuk para pengusaha karena emas cocok dijadikan komoditas agar peluang berbisnis melalui aset dalam waktu yang tertentu juga menguntungkan.

Saat ini, investasi emas bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu emas fisik dan non fisik alias digital. Kedua jenis investasi emas ini memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing.

Selain itu, menurut data yang ada, penjualan emas di tahun 2020 yang berarti Indonesia dan seluruh dunia sudah mengalami masa pandemi, mengalami kenaikan yang signifikan. Maka bisa dikatakan bahwa investasi emas masih bisa dilakukan walaupun dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Namun, perlu diingat bahwa berinvestasi juga harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat, hal ini tidak hanya harus dilakukan pada masa pandemi, tapi di setiap waktu.

Keuntungan memilih investasi emas

Seperti halnya jenis investasi lainnya, investasi emas juga memiliki keunggulan atau keuntungan yang membuatnya berbeda dan menjadikannya ciri khas. Keuntungan tersebut adalah:

  1. Mudah untuk dicairkan

Keuntungan pertama yang dapat kamu nikmati untuk kamu yang memilih investasi emas adalah jenis investasi ini bersifat sangat mudah untuk dicairkan sehingga bagi para pemegang investasi ini bisa secara leluasa mencairkannya ke dalam bentuk tunai atau uang dengan cara yang mudah dan waktu yang relatif singkat.

Hal ini membuat investasi emas berbeda dengan investasi jenis lainnya yang pada umumnya memiliki kecenderungan sifat yang rumit untuk mencairkannya dan hanya dapat diklaim di waktu yang telah ditentukan.

  1. Terbebaskan dari pajak

Jika pemegang investasi saham masih belum bisa terbebaskan dari pajak, pemegang investasi emas bisa terbebas dari pajak. Jadi, investasi emas sangat cocok untuk dipilih oleh orang-orang yang malas ribet dalam hal pembayaran pajak.

  1. Sebagai perlindungan nilai kekayaan

Karena nilainya yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, jadi emas sangat cocok untuk dijadikan investasi yang paling bisa melindungi nilai kekayaan. Perlindungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi emas dapat dicerminkan dari harga yang selalu stabil dan selalu mengalami peningkatan sehingga ketika kamu akan menjualnya kembali, kamu yang berperan sebagai pemegang investasi bisa mendapatkan hasil balik dan keuntungan yang lebih tinggi.

Kekurangan memilih investasi emas

Karena semua jenis investasi apapun tidak ada yang sempurna dan selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi investasi emas pun juga memiliki kekurangannya sendiri. Kekurangan-kekurangan yang ada di bawah ini perlu kamu perhatikan dengan baik sebelum memulai investasi emas:

  1. Memiliki resiko kehilangan yang lumayan tinggi

Kekurangan pertama dari investasi emas adalah resiko kehilangannya terbilang cukup tinggi, terutama emas dalam bentuk perhiasan yang menyebabkannya sangat rawan terjadi perampokan. Investasi emas yang berbentuk batangan pun juga memiliki resiko untuk hilang yang lumayan tinggi.

Maka dari itu, untuk melindungi aset emas ini, biasanya pemegang investasi emas akan rela untuk membayar lebih supaya dapat menyimpan aset emasnya dengan aman di safe deposit box atau yang biasa disingkat dengan SDB. Dengan menyewa SDB, para pemegang investasi emas akan lebih merasa aman dan mengurangi kekhawatirannya dari kejadian perampokan.

  1. Dampaknya terbilang kecil terhadap ekonomi riil

Mempunyai investasi yang berupa emas tidak bisa memberikan kontribusi yang bersifat positif bagi pertumbuhan ekonomi secara riil. Sebab, keuntungan yang dimiliki cenderung dipergunakan untuk kepentingan pribadi sang investor atau pemegang investasi. Hal ini tentu berbeda dengan para pemegang investasi saham yang keuntungannya dapat digunakan kembali oleh perusahaan untuk berinvestasi kembali atau untuk membiayai berjalannya roda perusahaan.

  1. Investasi jangka panjang

Meskipun investasi yang berjangka panjang dapat dijadikan sebagai keuntungan dan kelebihan bagi sebagian orang, tapi bagi orang-orang yang tidak menyukai investasi berjangka panjang tentu tidak akan menganggap hal ini sebagai keuntungan yang bisa didapatkan, justru hal ini akan menjadi kekurangan atau kelemahan yang akan didapatkan sang investor.

  1. Pergerakan harganya cenderung lambat ketika kondisi ekonomi sedang stabil

Harga emas biasanya cenderung mengalami peningkatan ketika kondisi ekonomi sedang tidak stabil. Maka dari itu, ketika kondisi ekonomi terbilang sedang stabil, maka pergerakan harga emas cenderung akan melambat. Hal ini disebabkan kondisi yang stabil akan mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi dalam batas yang sewajarnya saja, dan bila kondisi ekonomi sedang tidak stabil, maka emas dijadikan sebagai alternative teraman untuk mengamankan kekayaan investor.

Nah, setelah membacanya sampai sini kamu jadi tahu kan bahwa peluang keuntungan investasi emas saat pandemi tidaklah terlalu berbeda, bahkan masih bisa dibilang stabil. Jadi, meskipun kita masih ada di masa pandemi, kita masih bisa berinvestasi emas dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *