Peluang Investasi (Saham) Di Sektor Kabel

Belakangan ini, peluang investasi (saham) di sektor kabel sedang diperbincangkan. Malahan, investor mulai bertambah banyak, seiring dengan kebutuhan kabel yang terus meningkat. Sebab, analis dari harga saham-saham kabel tumbuh sangat mengesankan. Lalu, apakah ke depannya juga terus demikian?

Seperti Apa Peluang Investasi (Saham) Di Sektor Kabel?

Semenjak diumumkannya proyek pembangunan listrik 35.000 MW oleh presiden Joko Widodo, pemerintah membutuhkan support kabel konduktor aluminium dalam jumlah banyak. Semula, proyek listrik berada di angka 10.000 MW, dan ini artinya, perusahaan di sektor kabel punya prospek yang bagus, bukan? Ini menjadi peluang tersendiri bagi investor untuk menoleh ke saham kabel, bukan?

Belum lagi ditambah dengan semakin banyaknya program infrastruktur yang terus dibangun. Maka semakin banyak proyek listrik yang kena dampak positifnya. Artinya, perusahaan di bidang kabel pun punya peluang yang sangat cerah. Bahkan pergerakan perusahaan kabel turut mengalami kemajuan yang menakjubkan.

Kenapa Memilih Investasi Saham Di Bidang Kabel-Kabel?

Apakah kamu tengah mempertanyakan seberapa bagus investasi saham di bidang kabel-kabel? Apakah alasannya ya? Simak berikut!

  • Pembangunan infrastruktur yang membutuhkan kabel, semakin banyak. Baik itu pembangunan dari pihak pemerintah maupun swasta. Artinya, permintaan aneka kabel akan semakin bertambah.
  • Harga saham terbilang sangat murah, dengan prospek yang mengesankan.
  • Cocok untuk investor pemula maupun profesional, dengan budget sedikit maupun banyak.
  • Prospeknya di bidang kabel mulai mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

Sedikitnya, itulah beberapa alasan kenapa harus memilih inves saham di sektor kabel-kabel. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah siap untuk menanam saham sekarang juga?

Contoh Perusahaan Di Sektor Kabel Dengan Prospek Bagus

Sebagai salah satu contohnya, ada PT. KMI Wire & Cable TBK atau KBLI yang memiliki prospek positif. Di mana, harga sahamnya pada Oktober 2019 lalu ada di level Rp635 (per saham). Kemudian, saham itu juga bergerak dengan nilai transaksi mencapai 2, 56 triliun rupiah atau sebanyak 4.263 transaksi. Performa tersebut tampak luar biasa, bukan? Pasalnya, kenaikan harga sahamnya mengalami kenaikan yang sangat-sangat signifikan.

Prospek saham KBLI semakin bagus karena menjadi pemasok utama kabel pln. Sangat mengesankan sekali, bukan? Jelas ini sebuah peluang yang bagus dan harga sahamnya tergolong masih murah. Lalu, bagaimana menurutmu?

Sebetulnya, selain KBLI ada juga perusahaan lain yang bergerak dalam investasi di sektor kabel. Hanya saja, perusahaan satu ini diklaim lebih besar peluangnya karena dipilih menjadi penyedia utama kebutuhan kabel di PLN.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika pemerintah memiliki target untuk mengarah ke pembangunan listrik 35.000 MW. Sementara, proyek tersebut dimulai pada saat listrik berada di level 10.000 MW. Otomatis, untuk memenuhi jalanya proyek itu dibutuhkan pasokan kabel listrik dalam jumlah yang banyak. Jika menginveskan saham di sektor kabel, sudah bisa dipertimbangkan keuntungan yang diperoleh, bukan?

Harga Saham KBLI Anjlok! Apakah Bisa Bangkit Atau Terus Menurun?

Rupanya, setelah mengalami kesuksesan di tahun 2019, harga saham KBLI mengalami penurunan. Di mana akhir ditutup dengan nominal 498 rupiah pada 10 januari 2020 tahun lalu. Kemudian, harga tersebut merosot lagi ke angka 390 rupiah pada 16 februari 2021. Lalu, apakah saham ini akan terus menurun? Atau justru bisa kembali bangkit?

Sekalipun harga saham di sektor kabel milik KBLI tengah menurun, bukan berarti prospeknya tidak bagus. Malahan ini bisa menjadi saat yang tepat untuk membeli saham, selagi harganya murah. Baik itu untuk membeli saham di sektor kabel atau justru beralih ke sektor lain, semua bisa dipertimbangkan lagi.

Tak ada salahnya untuk melihat tren pasar saham yang ada. Agar kamu mendapatkan jawaban yang tepat untuk investasi saham di bidang kabel ataukah justru ke sektor lainnya. Pertimbangan demi pertimbangan harus diperhatikan ya, karena perusahaan yang bergerak di bidang kabel ada banyak.

Bagaimana Menyikapi Risiko Investasi Saham Yang Tengah Anjlok?

Selain menawarkan keuntungan, investasi saham tak luput dengan risiko. Begitu pun dengan inves di bidang kabel, yang beberapa waktu lalu tengah naik daun. Sedangkan saat ini, harga sahamnya tengah anjlok! Risiko seperti ini jelas bisa terjadi kapan saja dan sebagai investor harus siap akan hal itu.

Ketika harga saham tengah turun bukan tidak mungkin kita cemas dan khawatir. Di sini, kita tidak sebaiknya buru-buru untuk menjual saham tersebut. Sebab bukan tidak mungkin jika di lain waktu harganya akan mengalami kenaikan. Apalagi, jika waktu inves yang dipilih masih seumur jagung dan belum waktunya menarik dana.

Merasa rugi ketika saham yang dimiliki tengah menurun, itu pasti. Tapi kerugian itu benar-benar nyata jika ternyata saham yang ada dijual saat itu juga. Padahal, harga jual yang ada lebih kecil dari pada harga beli. Sangat-sangat rugi, bukan? Oleh karena itu, tunggu terlebih dulu karena pergerakan di pasar saham selalu berubah setiap saat.

Kiat Memaksimalkan Peluang Investasi Saham Kabel Dan Meminimalisir Risikonya

Dalam berinvestasi siapa saja pasti ingin mendapatkan keuntungan. Tak terkecuali dengan inves di sektor kabel. Kira-kira, bagaimana upaya agar investasi tersebut bisa lebih untung? Simak berikut!

  • Kontrol keuangan, sekalipun harga saham kabel sangat murah. Sering kali ada keinginan untuk membeli saham dalam jumlah banyak karena harganya yang murah. Padahal, itu belum tentu memberikan banyak keuntungan. Oleh karena itu, ada baiknya jika disiapkan budget secukupnya dalam berinvestasi. Jadi ketika sewaktu-waktu harga saham sedang turun, tidak panik dengan sejumlah dana yang ada. Karena finansial untuk bermain saham sudah disediakan secara khusus.
  • Pilih pihak yang tepercaya untuk mengelola dana yang tengah diinvestasikan. Kamu bisa pilih sekuritas maupun lainnya.
  • Pantau perkembangan pasar saham yang ada, supaya bisa menentukan waktu yang tepat untuk membeli dan menjualkannya kembali.

Itulah beberapa upaya untuk mengurangi risiko bermain saham yang ada. Karena sebagai investor, kita lah yang memegang kendali atas investasi yang ditanamkan. Termasuk investasi saham di sektor kabel, yang punya peluang bagus dan risiko yang sebanding.

Bukan rahasia lagi jika investasi saham menawarkan keuntungan dan risiko yang berbanding lurus. Seperti saham di bidang kabel-kabel yang sekarang tengah anjlok. Padahal beberapa waktu lalu memiliki harga yang bagus. Ini menjadi bukti bahwa high risk and high retur dalam investasi saham dapat terjadi kapan saja.

Melihat detail laju investasi saham di sektor kabel yang naik turun ini, bagaimana menurutmu? Apakah kamu akan berinvestasi sekarang juga saat harganya tengah murah? Atau kamu akan melihat perkembangan inves ini lebih lama lagi?

Dalam bermain saham memang harus hati-hati. Tak terkecuali saat peluang investasi (saham) di sektor kabel itu tengah bagus ataupun sebaliknya. Jangan sampai terburu-buru untuk membeli saat harganya tengah turun ataupun naik. Semua harus dipertimbangkan betul-betul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *