Peluang di Saham Multifinance Sangat Menggiurkan?

Para investor tampaknya kini sedang ramai membahas tentang peluang di saham multifinance. Bagaimana tidak, hampir setiap media bisnis pun bahkan kini tengah ramai membahas terkait hal tersebut. Saat mencari topik dengan kata kunci ‘saham’ pasti pemberitaan tentang saham di perusahaan multifinance akan langsung muncul di peringkat teratas mesin pencarian google.

Populernya peluang saham di perusahaan multifinance tentu saja menjadi hal yang cukup menarik, pasalnya perusahan multifinance selama ini memang cenderung dihindari untuk dijadikan prospek saham akibat kinerjanya yang selalu tidak stabil hingga membuat para investor merasa tidak tertarik terhadapnya.

Namun belakangan ini, siapa sangka perusahaan multifinance bahkan banyak mendapat sentimen yang positif dari beberapa sektor yang ditopang. Seorang ahli bisnis bahkan mengatakan bahwa pada kondisi sekarang ini, kinerja pasar saham pada perusahaan multifinance ataupun emiten yang berkaitan dengan pembiayaan akan membawa dampak yang sangat positif terhadap prospek saham.

Fakta Peluang di Saham Multifinance Sangat Menggiurkan

Sebenarnya hal tersebut bukanlah fenomena yang aneh di pasar saham, pada prinsipnya saat menghitung valuasi suatu saham jangan sekalipun hanya melihat asetnya yang berwujud seperti pabrik, piutang, ataupun persediaan. Akan tetapi Anda juga harus melihat aset tidak berwujud seperti brand perusahaan, kekuatan merek dan keunggulan kompetitifnya.

Selama ini saham multifinance memang terkesan dihindari karena banyak orang yang berasumsi bahwa pada perusahaan tipe pembiayaan, memiliki kinerja yang tidak stabil hingga mempengaruhi nilai saham. Namun siapa sangka saham di perusahaan multifinance kabarnya justru akan menjadi peluang yang sangat menggiurkan.

Berikut beberapa fakta terkait peluang saham di multifinance:

  1. Beberapa Saham di Perusahaan Multifinance Mampu Mengalahkan IHSG

Fakta yang cukup menghebohkan bahwa performa saham-saham di perusahaan multifinance  seperti penyedia layanan kredit kendaraan tercatat mampu mengalahkan IHSG dalam jenjang waktu 10 tahun terakhir. Tidak hanya satu perusahaan, bahkan terdapat 5 perusahaan multifinance yang mampu mengunggulinya.

Adapun IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) merupakan indeks pasar saham yang digunakan pada Bursa Efek Indonesia. Tentu saja hal tersebut semakin membuat para investor semakin yakin terhadap saham di perusahaan multifinance.

  1. Saham di Multifinance Merupakan Suatu Peluang yang Minim Resiko Dalam Jangka Panjang

Saham di perusahaan multifinance memang cenderung tidak diminati oleh para investor, hal itu disebabkan karena valuasi saham yang tidak terlalu tinggi. Belum lagi beberapa perusahaan multifinance sering sekali membukukan penurunan laba yang cukup signifikan sehingga membuat banyak orang enggan untuk mengambil resiko dan berujung pada kerugian.

Namun jika dihitung kembali dengan opportunity cost, saham di perusahaan multifinance memberikan peluang cukup besar dalam jangka waktu panjang. Jika Anda berani memegang saham pada perusahaan multifinance selama kurang lebih 5 tahun atau lebih, Anda akan tetap ditawarkan profit cukup signifikan dalam jangka yang pendek.

Hal itu bisa terjadi karena meskipun saham tidak likuid, namun perusahaan memiliki kinerja fundamental yang sangat bagus maka tentu saja profit akan naik bahkan besarannya bisa mencapai hingga tiga kali lipat, itu pun belum termasuk dividen. Tentu saja hal tersebut dapat menjadi pertimbangan yang baik untuk Anda. Anda pun dapat meminimalisir resiko dalam jangka panjang.

Dalam opportunity cost, saham di perusahaan multifinance tampaknya akan menjadi peluang yang baik, terutama dalam jangka panjang hasilnya pasti akan sangat menggiurkan. Namun sayangnya tidak semua investor berani untuk mengambil kesempatan dan peluang yang sudah ada.

  1. Kinerja Perusahaan Multifinance Selalu Berjalan Baik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memilih saham untuk investasi tidak cukup jika hanya melihat dari nilai sahamnya saja. Banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan sebelum memilih saham yang tepat. Salah satu faktor pentingnya yaitu dari segi kinerja perusahaan.

Meskipun likuid saham di perusahaan multifinance tidak stabil, namun jika dilihat dari kinerja perusahaan banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan memiliki kinerja yang sangat baik. Hal yang harus Anda ingat, faktanya nilai saham dalam jangka panjang akan dipengaruhi juga oleh kinerja perusahaan. Apabila perusahaan memiliki kinerja yang baik dan stabil, tentu saja tidak ada yang perlu Anda khawatirkan untuk saham yang Anda tanam.

Prospek Saham yang Menjanjikan di Perusahaan Multifinance

Seperti yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, kabarnya terdapat prospek saham yang sangat menjanjikan di beberapa perusahaan multifinance. Dan beberapa perusahaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. BFI Finance Tbk

Tampak seperti perusahaan multifinance biasa, namun BFI Finance kini tengah menjadi sorotan dimana dalam kurun waktu 10 tahun perusahaan ini tercatat sahamnya naik sebesar 126,21 %

  1. Trust Finance Indonesia Tbk

Pt. Trust Finance Indonesia Tbk memang dikenal sebagai perusahaan multifinance yang memiliki branding yang sangat baik. Dalam kurun waktu 10 tahun, saham di perusahaan ini naik sebesar 81,11 %

  1. Batavia Prosperindo Finance Tbk

Tidak kalah mengejutkan, Pt. Batavia Prosperindo Finance Tbk juga bergerak pada bidang pembiayaan mengalami kenaikan harga saham yaitu sebesar 720,34 %. Hal tersebut menjadi pembahasan yang cukup menarik karena sebelumnya tidak ada yang akan menyangka bahwa perusahaan ini akan mengalami kenaikan performa saham yang cukup tinggi.

  1. Mandala Multifinance Tbk

Pt. Mandala Multifinance merupakan perusahaan yang berfokus pada pembiayaan konsumen. Layanan pembiayaan yang ditawarkan mencakup biaya sewa untuk usaha, kartu kredit, dan pembiayaan kendaraan seperti motor.  Siapa sangka, dalam kurun waktu 10 tahun, tercatat Pt. Mandala Multifinance Tbk mengalami kenaikan harga saham sebesar 300 %

  1. Danasupra Erapacific Tbk

Perusahaan multifinance ini memang terkenal memiliki performa kinerja yang cukup baik. Tak heran dari beberapa perusahaan multifinance lainnya, Pt. Danasupra Erapacific Tbk layaknya seperti primadona bagi para investor saat ini, hal itu karena perusahaan ini tercatat memiliki performa kenaikan saham yang cukup kuat. Selama 10 tahun terakhir, sahamnya tercatat naik sebesar 2.479, 37 %

Peluang pada saham multifinance memang cukup langka, pasalnya tidak semua perusahaan multifinance memiliki kriteria yang baik sebagai pemegang saham. Namun tak perlu khawatir dari beberapa perusahaan multifinance yang memiliki prospek saham,  jika perusahaan mampu menjaga kinerjanya dengan konsisten maka dalam beberapa tahun yang akan datang perusahaan tersebut bahkan bisa saja menjadi primadona di pasar saham.

Seperti kebanyakan investor pada umumnya, lakukanlah riset pasar dan tentunya sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Dengan demikian Anda bisa meminimalisir segala resiko dan kerugian yang mungkin akan terjadi di kemudian hari. Itulah sebabnya mengapa menjadi seorang investor ataupun trader harus cermat dan teliti sebelum mengambil keputusan untuk memilih saham yang tepat.

Dan Itulah beberapa peluang di saham multifinance yang sangat menggiurkan. Meski beberapa perusahaan memang tampak menggiurkan, faktanya tidak semua investor berani untuk mengambil kesempatan dan peluang yang ada. Jika Anda ingin mencobanya, sebaiknya pertimbangkan dengan matang dan lakukan perhitungan dengan opportunity cost.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *