11 Pasar Modal Terbesar di Dunia dengan Nilai Kapitaliasi di Atas 2 Triliun Dollar

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan pasar modal dengan menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

Di dalam setiap negara pasti terdapat pasar modal atau bursa efek, dan apabila masing – masing diurutkan dapat dinilai sampai sejauh mana tingkat kebesaran dan kesuksesan pasar modal dalam negara tersebut. Berikut disajikan 11 pasar modal terbesar di dunia.

Daftar Isi

Pasar Modal Terbesar di Dunia

  1. New York Stock Exchange (USA)

Pasar modal ini berdiri pada tahun 1792 yang dibentuk secara resmi oleh lembaga bursa di New York oleh 24 pialang yang menjadi asal mula New York Stock Exchange Board, yang merupakan asal mula pembentukan otoritas pasar modal yang saat ini dikenal sengn nama Securitas and Exchange Commision (SEC).

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $22,9 triliun yang terdiri atas 2.400 perusahaan yang sudah terdaftar.

  1. NASDAQ (USA)

NASDAQ (National Association of Securities Traders Automated Quotes) merupakan pasar modal terbesar kedua Amerika Serikat yang didirikan pada 1971. Pasar  modal ini memiliki kurang lebih 3.200 perusahaan yang sudah terdaftar seperti perusahaan teknologi yang terkenal yaitu Apple, Facebook, Alfabet, Tesla, Cisco, eBay, Microsoft, Sun, Amazon, hingga Intel.

Yang membedakan dari New York Stock Exchange adalah terletak pada perdagangannya yang dilakukan dengan cara elektronik dengan transkip lengkap mengenai industri dan volume perdagangan harian.

Pada tahun 2018 kemarin, tercatat bahwa pasar modal NASDAQ mempunyai kapitalisasi pasar $10, 8 triliun.

  1. Japan Exchange Group (Jepang)

Pasar modal ini didirikan pada tahun 2013 yang berasal dari gabungan Osaka Securities Exchange dan Tokyo Stock Exchange Group yang dulunya didirikan pada tahun 1878. Pada tahun 2019 Japan Exchange Group diakusisi menjadi Tokyo Commodity Exchange karena bisnisnya dikembangkan ke perdagangan derivatif komoditas.

Dalam pasar modal ini disediakan infrastruktur pasar, data pasar, layanan kliring, serta penyelesaian sekaligus pengawasan.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $5, 67  triliun yang terdiri atas 2.300 perusahaan yang sudah terdaftar seperti perusahaan yang terkenal yaitu Suzuki, Honda, Toyota, hingga Sony.

  1. Shanghai Stock Exchange (China)

Bursa efek ini didirikan pada 1866 kemudian ditutup pada 1949 karena revolusi Tiongkok. Dibuka kembali pada 1990 dengan mempunyai 2 kelas saham yaitu Saham A dan Saham B.

Saham A bermata uang Yuan, perusahaan asing boleh melakukan investasi asalkan mau mengikuti program QFFI. Saham B bermata uang dolar Amerika Serikat dan terbuka untuk investasi asing.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $4, 02  triliun yang terdiri atas 1. 000 perusahaan yang sudah terdaftar.

  1. Hong Kong Stock Exchange (Hong Kong)

Hong Kong Stock Exchange didirikan pada 1891 dengan nama asal Asosiasi Pialang Saham dan diganti pada 1914 menjadi HKSE. Pasar modal ini terus maju dan berkembang karena disokong oleh hampir 2. 000 perusahaan yang terdaftar dengan jumlah dominan berasal dari daratan Cina.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $3, 93  triliun.

  1. Euronext (Uni Eropa)

Euronext merupakan pasar modal yang didirikan pada tahun 2000 hasil dari penggabungan bursa saham Paris, Amsterdam dan Brussel. Pasar modal ini memiliki anak perusahaan bernama Euronext.liffe yang memiliki tanggung jawab pada kontrak masa depan dan perdagangan option.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $3, 92  triliun yang terdiri atas kurang lebih 1.300 perusahaan yang telah terdaftar.

  1. London Stock Exchange Group (UK)

LSEG merupakan pasar modal yang berdiri pada tahun 1698 yang memiliki fokus dalam kekayaan intelektual, pembentukan modal hingga manajemen neraca. Dalam pengoperasiannya, LSEG menerapkan teknologi yang berkinerja tinggi. Produk yang diperdagangakan adalah bursa, derivatif dan obligasi.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $3, 76  triliun yang terdiri atas 3.000 lebih perusahaan yang telah terdaftar seperti contohnya beberapa perusahaan yang terkenal yaitu Barclays, Glaxo Smith Kline, hingga British Petroleum

  1. Shenzhen Stock Exchange (China)

Bursa efek ini didirikan pada tahun 1990 dengan sistem yang hampir sama dengan  Shanghai Stock Exchange yaitu membuka seluas – luasnya investor asing. Berbeda dengan Shanghai Stock Exchange yang letaknya di Tiongkok, bursa efek ini terletak di salah satu kota paling modern di Tiongkok.

Produk yang diperdagangkan adalah obligasi, reksa dana, ekuitas, sekuritas, serta produk derivatif.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $2, 5 triliun yang terdiri atas kurang lebih 2.100 perusahaan yang telah terdaftar. Mayoritas investor yang melakukan perdagangan adalah individu serta perusahaan di bidang institusi seperti dana pensiun ataupun bank.

  1. TMX Group (Canada)

Toronto Stock Exchange Group (TMT Group) merupakan bursa efek yang berdiri pada 1852 yang mempunyai basis di Toronto dan dalam pengoperasian bursa berada di Kanada. Produk yang diperdagangkan adalah ekuitas, derivatif, dan perdagangan pendapatan tetap.

Berita terbaru mencatat bahwa pada tahun 2017 TMX Group berhasil mengakusisi Trayport yang berguna untuk mengakses pasar energi, utilitas hingga turunan global.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $2,1 triliun yang terdiri atas kurang lebih 2.207 perusahaan yang telah terdaftar.

  1. Bombay Stock Exchange (India)

BSE merupakan pasar modal paling tua di India sekaligus Asia yang didirikan pada 1875. Sistem perdagangannya dilakukan secara online melalui elektronik dengan mengakses pasar secara langsung dengan menggunakan agen perantara sehingga kebanyakan digunakan oleh bursa saham yang sifat perdagangannya lebih efisien.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $2,05 triliun yang terdiri atas lebih dari 5.749 perusahaan yang telah terdaftar.

  1. National Stock Exchange (India)

NSE merupakan pasar modal yang berdiri pada tahun 1992 di Mumbai. Produk yang diperdagangkan adalah indeks, reksa dana, derivatif, hingga obligasi (surat utang). Investor utama yang berasal dari dalam negeri adalah State Bank of India, IFCI Limited, Life Insurance Corporation, Stock Holding Corporation of India Limited, dan IDFC Limited.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki sebesar $2,03 triliun yang terdiri atas lebih dari 7.000 perusahaan yang telah terdaftar, akan tetapi hanya 4000 perusahaan yang diperdagangkan di NSE dan BSE.

Tujuan Didirikannya Pasar Modal

  • Sebagai fasilitator dalam perdagangan
  • Penyedia dan pembuat peraturan dalam kegiatan bursa
  • Memberikan informasi lengkap mengenai bursa perdagangan
  • Membuat jasa dan instrumen baru
  • Mencegah adanya resiko dan praktik yang dilarang serta merugikan

Manfaat Pasar Modal

  • Menciptakan lapangan pekerjaan yang menarik.
  • Memberikan platform dalam berinvestasi.
  • Menyediakan sumber pembiayaan dalam jangka panjang bagi mereka yang bergelut di dunia usaha dan para emiten.
  • Menyebarkan informasi mengenai leading indicator, kepemilikan perusahaan, profesionalisme serta keterbukaan.
  • Pengelolaan perusahaan dengan iklim keterbukaan sehingga dapat memberikan kesempatan dalam memiliki prospek yang baik.

Informasi mengenai Pasar Modal Terbesar di Dunia di atas semoga dapat membantu dalam menambah wawasan dalam dunia bursa efek.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *