Mengenal Pengertian SEC dan Peran SEC di Amerika

Pernahkah kamu mendengar tentang Securities and Exchange Commission atau biasa disingkat dengan SEC? Ya, bagi kamu yang sedang berselancar di dunia bisnis saham tentu istilah itu sudah tak asing lagi. Namun, bagi sebagian orang mungkin istilah tersebut masih terdengar asing di telinga mereka.

Bagi kamu yang belum tau apa itu SEC, tak perlu khawatir sebab kami akan memberikan informasinya untukmu. Di sini kami akan membahas pengertian SEC dan peran AEC di Amerika. So, simak baik-baik artikel ini dari awal hingga akhir ya, dan jangan sampai ada yang terlewat!

Pengertian SEC dan Peran SEC di Amerika

Pengertian Securities and Exchange Commission (SEC) atau sering disebut sebagai komisi sekuritas dan bursa adalah regulator utama pasar saham di Amerika, yang mempunyai tugas menetapkan regulasi untuk pendaftaran sekuritas atau efek serta mengawasi jalannya aktivitas bursa efek yang terjadi di Amerika.

SEC merupakan sebuah badan regulasi pemerintah federal independent yang mempunyai beberapa peran penting di pasar modal Amerika seperti bertanggung jawab melindungi para investor, menjaga fungsi pasar sekuritas secara tertib dan adil, serta memfasilitasi pembentukan modal.

Securities and Exchange Commission sendiri didirikan saat berlangsungnya sebuah kongres pada tahun 1934.  SEC hadir sebagai regulator pertama pada pasar sekuritas.

Sebagai badan pengawas pasar modal di Amerika Serikat SEC mempunyai beberapa fungsi. Mau tau apa saja itu? Jadi fungsi SEC antara lain yaitu :

  • Mendorong keterbukaan masyarakat luas secara menyeluruh.
  • Melindungi para investor dari praktik-praktik penipuan dalam bisnis dunia saham.
  • Melindungi para investor dari terjadinya manipulative di pasar modal.
  • Memantau tindakan pengambilalihan perusahaan yang ada di Amerika Serikat.
  • Menyetujui adanya laporan registrasi untuk bookrunner bagi perusahaan penjamin emisi.

Perlu kamu ketahui, jika dalam berbisnis saham di pasar modal Amerika terjadinya proses penerbitan sekuritas yang ditawarkan dalam kegiatan perdagangan antarnegara bagian dapat melalui Internet ataupun surat. Dan proses penerbitan sekuritas tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu melalui badan pengawas modal SEC sebelum hal itu dapat dijual kepada pihak investor.

Tak hanya itu saja, sebab perusahaan jasa keuangan juga harus mendaftarkan ke SEC sebelum mereka menjalankan bisnisnya. Misalnya saja mereka akan bertanggung jawab untuk menyetujui dengan adanya pertukaran bitcon formal jenis apapun.

Lantas, apa saja contoh perusahaan keuangan yang dimasksud? Contoh perusahaan keuangan yaitu broker dealers, advisory firms, dan manager asset.

Setelah kalian memahami pengertian Securities and Exchange Commission (SEC), sekarang kita akan melanjutkan pembahasan tentang bagaimana cara kerja badan pengawas pasar modal di Amerika ini. Simak baik-baik ulasan di bawah ini ya readers!

Bagaimana SEC bekerja?

Securities and Exchange Commission (SEC) mempunyai beberapa fungsi utama. Fungsi utama SEC yaitu untuk mengawasi organisasi dan individu yang ada di pasar sekuritas. Kira-kira siapa saja organisasi serta individu yang dimaksud tersebut? Jadi individu serta organisasi yang dilindungi oleh SEC antara lain yaitu:

  • Bursa efek
  • Perusahaan pialang
  • Dana investasi
  • Penasihat investasi
  • Dealer

Melalui aturan serta regulasi sekuritas yang telah ditetapkan, maka badan pengawas pasar modal SEC mendorong keterbukaan dan berbagai informasi yang berkaitan dengan pasar modal, proses terjadinya transaksi yang adil, serta perlindungan terhadap tindak kejahatan seperti penipuan.

Hal-hal tersebut akan memberi investor akses menuju laporan registrasi, laporan analisis dan basis data pengambilan yang juga dikenal dengan istilah EDGAR.

Dalam SEC terdapat 5 komisaris yang ditunjuk oleh presiden untuk memimpin, yang mana salah satu dari mereka akan ditunjuk menjadi ketua. Setiap komisaris akan menjalankan masa jabatan selama kurang lebih 5 tahun. Akan tetapi, mereka dapat memperpendek masa jabatannya menjadi 18 bulan sampai ditemukan kembali penggantinya.

Di dalam Undang-Undang sudah diatur bahwa tidak boleh mempromosikan nonpartisan lebih dari tiga anggota yang berasal dari lima komisaris untuk partai politik yang sama. Di dalam SEC terdiri dari lima divisi serta 24 kantor. Adapun tujuan dari mereka adalah :

  • Untuk menafsirkan serta mengambil tindakan penegakan hukum sekuritas.
  • Untuk menerbitkan aturan yang baru.
  • Untuk mmeberikan pengawasan terhadap lembaga sekuritas.
  • Untuk mengoordinasikan regulasi antara berbagaia tingkat yang ada di pemerintahan.

Perlu kamu ketahui jika 5 divisi yang ada mempunyai peran masing-masing. Mau tau apa saja peran masing-masing divisi tersebut? Yuk, simak uraian berikut ini ya!

  1. Divisi perdagangan dan pasar

Yang pertama dalam divisi ini mempunyai peran untuk menetapkan dan memelihara standar pasar secara adil, teratur dan efisien.

  1. Divisi manajemen investasi

Divisi ini berguna untuk mengatur perusahaan investasi, penasihat investasi yang telah terdaftar secara federal, serta untuk mengatur produk asuransi variable.

  1. Divisi penegakan

Dalam divisi ini bertanggung jawab sebagai penegak peraturan SEC yaitu dengan menyelidiki kasus dan menuntut gugatan perdata serta untuk proses administrasi.

  1. Divisi keuangan perusahaan

Pada divisi ini memastikan jika pihak investor akan diberikan informasi material ataua informasi yang relevan dengan prospek berupa keuangan ataupun harga saham perusahaan. Dimana hal itu berguna untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

  1. Divisi analisis ekonomi dan risiko

Divisi ini berperan mengintegrasikan ekonomi dan analitik data ke dalam sebuah misi inti dari SEC.

Dalam SEC hanya diperbolehkan melakukan gugatan perdata. Dan dalam gugatan tersebut pihak SEC akan meminta 2 saksi utama. Hal itu mencakup antara lain:

  1. Perintah

Dalam hal ini yang dimaksud dnegan perintah adalah melarang pelanggaran di masa yang akan datang. Apabila ada seseorang ataupun perusahaan yang mengabaikan hal tersebut maka mereka akan dikenakan sanksi berupa denda atau hukuman penjara karena telah berani melakukan penghinaan.

  1. Hukuman yang adil serta melakukan pencairan keuntungan yang sifatnya illegal

Dalam suatu kasus tertentu, pihak badan pengawas pasar modal SEC akan meminta perintah pengadilan yang melarang atau bahkan menangguhkan individu untuk melakukan sebuah tindakan yaitu sebagai pejabat atau direktur perusahaan.

Pihak SEC juga dapat mengajukan berbagai proses administrative, yang mana hal itu akan didengar oleh pihak pejabat internal dan komisi.

Apa alat komunikasi SEC?

Untuk berkomunikasi, badan pengawas pasar modal SEC membuat 2 macam surat antara lain yakni:

  1. Surat komentar

Surat komentar merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak SEC yang ditujukan kepada perusahaan public, dimana perusahaan tersebut bermasalah serta meminta penjelasan lebih jelas dari perusahaan tersebut.

  1. Surat tindakan

Sedangkan pengertian dari surat tindakan adalah surat yang dibuat oleh staf dari pihak SEC dimana menjelaskan bahwa staf tersebut tidak akan merekomendasikan kepada pihak komisi bahwasannya pihak SEC akan melakukan sebuah tindakan hokum terhadap siapapun baik itu perorangan atau perusahaan yang telah melakukan suatu tindakan tertentu.

Oke, selesai sudah pembahasan kita tentang pengertian SEC dan Peran SEC di Amerika. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menjawab rasa penasaran kalian tentang hal tersebut. Sampai jumpa lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *