Cara Mencari Data Spread Bid Offer Saham

Cara Mencari Data Spread Bid Offer Saham – Dalam bermain saham, bid dan offer merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan transaksi menjual dan membeli saham, sehingga dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mencari data spread bid offer saham. Umumnya bid dan offer terpisah dalam dua kolom yang berdampingan pada saat bermain saham dengan angka yang berganti dengan cepat, sesuai dengan volume transaksi saham tersebut.

Istilah bid digunakan saat ingin membeli saham. Untuk melakukan transaksi, maka diharuskan untuk memasukkan harga yang rela dikeluarkan untuk membeli saham tersebut yang dapat disebut dengan bid price. Sebaliknya, jika ingin menjual saham, maka harus melakukan offer untuk saham dan memasukkan harga yang diinginkan untuk diterima atas penjualan saham yang dimiliki, disebut dengan offer price.

Transaksi saham tidak langsung terjadi saat melakukan bid dan offer. Pada saat melakukan bid, maka harus mendapatkan penjual yang menawarkan offer price sesuai dengan bid price yang sudah ditentukan sebelumnya agar segera terjadi transaksi. Tetapi, jika melakukan bid dalam jumlah yang cukup besar, yang harus dilakukan adalah menemukan penjual yang menjual saham dalam volume yang besar.

Cara Mencari Data Spread Bid Offer Saham

Jika ingin melakukan pencarian data harga saham bid ask dan offer ask saham untuk keperluan analisa saham, data tersebut dapat didapatkan dengan mudah melalui situs www.idx.co.id. Ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka website www.idx.co.id
  • Pada menu bagian kiri IDX, klik Unduh Data, lalu pilih Ringkasan.
  • Sesuaikan tanggal data yang ingin diunduh pada Date.
  • Centang pilihan data yang ingin diinginkan. Centang pula Bid dan Offer.
  • Lalu unduh dengan mengklik tombol panah merah di pojok kanan bawah.

Selain data bid dan offer, ada juga pilihan untuk mencari history open, high, low dan close.

Analisis Saham, Bid dan Offer Saham

Saat ingin membeli ataupun menjual saham, ada baiknya pahami cara membaca bid dan offer harga saham. Bid sendiri menunjukkan seberapa besar permintaan beli sebuah saham. Sedangkan untuk offer sendiri menunjukkan seberapa besar penawaran jual saham.

Data bid offer saham dapat dilihat secar real time pada menu software online trading. Ketik saja salah satu saham yang ingin dilihat bid-offernya.

Dalam tampilan bid offer sebuah saham, ada beberapa informasi penting yang perlu dipahami, berikut akan dijelaskan arti dari menu-menu tersebut.

  • Split Bid = Jumlah orang yang ikut dalam antrian beli saham
  • Bid Lots = Jumlah lot dari permintaan beli
  • Bid = Harga dari beli saham
  • Split Offer = Jumlah orang yang ikut dalam antrian jual saham
  • Offer Lots = Jumlah lot dari penawaran jual
  • Offer = Harga dari jual saham
  • Total Bid Qty = Jumlah keseluruhan lot dari permintaan beli dan split bid
  • Total Offer Qty = Jumlah keseluruhan lot dari penawaran jual dan split offer

Misalnya, jika pada harga bid 3.000 ada bid lots sebesar 13.600 dan split bids sebanyak 150 orang. Artinya, ada 150 orang dengan jumlah lotnya sebesar 13.600 yang ingin membeli saham seharga 3.000. Jika untuk yang offer, berarti menunjukkan keinginan para trader untuk menjual saham.

Bid-offer saham yang biasanya tampil di software online trading, umumnya menampilkan beberapa antrian harga saham, mulai dari lima sampai sepuluh antrian harga.

Kegunaan Analisis Bid-Offer Saham

Bid offer sesungguhnya bukan cuma digunakan dalam melihat harga saham secara real time. Bid offer bisa digunakan sebagai analisis saham untuk mengambil keputusan trading dan memilih saham. Berikut adalah kegunaan bid offer saham untuk trading:

  1. Trading harian menggunakan analisis tape reading

Pergerakan bid-offer selama jam trading dapat memberikan gambaran mengenai saham-saham yang berpotensi naik dan turun dalam jangka waktu pendek, khususnya harian. Hal tersebut dikarenakan oleh bid offer dapat memberikan informasi kekuatan dari permintaan dan penawaran pasar di suatu saham. Analisis saham berdasarkan bid offer disebut dengan analisis Tape Reading.

Jadi bagi yang ingin menerapkan strategi trading harian (intraday trading), harus melakukan kombinasi analisis bid offer (tape reading) dengan analisis teknikal. Dengan menggunakan analisa bid offer, dapat mengetahui saham-saham yang berpotensi naik selama jam trading. Sehingga bisa menerapkan strategi beli pagi lalu jual siang, ataupun beli pagi jual sore.

  1. Melihat fluktuatif suatu harga saham

Fluktuatif atau kecepatan naik atau turunnya sebuah harga saham, bisa mempelajari pergerakan bid offer selama jam trading (live trading), karena bid offer selalu berubah-ubah saat jam-jam trading. Bid offer menunjukkan minat dari para pelaku pasar untuk mentradingkan sebuah saham.

Kalau bid offer saham banyak yang mengalami perubahan, yaitu naik turun pada kisaran harga tertentu, hal ini menunjukkan bahwa saham tersebut memiliki fluktuatif harga saham yang cukup baik. Untuk yang suka trading di saham-saham yang memiliki fluktuatif bagus, bid offer merupakan analisa yang cukup penting untuk dilakukan.

Sebaliknya, kalau bid offer saham selama jam trading tidak terlalu banyak bergerak, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa fluktuatif saham cukup rendah atau tidak terlau cepat.

  1. Mengetahui likuiditas sebuah saham

Bid offer saham juga sangat bagus dalam menganalisa saham-saham yang relatif likuid dan yang tidak. Kalau bid offer saham A sedikit jumlahnya, contohnya jika hanya ada puluhan lot, dan dibandingkan dengan saham B yang bid offernya sampai ribuan bahkan puluhan ribu lot, maka saham A dapat dikatakan sebagai saham yang tidak likuid.

Dalam praktiknya, saham-saham yang likuid pergerakannya juga lebih bagus, stabil dan fluktuatifnya lebih bagus bila dibandingkan dengan saham-saham yang kurang likuid. Sehingga dengan analisa bid offer saat jam trading, dapat diputuskan untuk memilah saham-saham yang likuid dan yang tidak. Tentunya, analisa bid offer juga harus dikombinasikan dengan analisa chart, terutama candlestick dan volume (digunakan untuk melihat kecenderungan likuid atau tidaknya saham).

Bid offer saham sendiri merupakan pengetahuan dasar mekanisme perdagangan yang harus dipahami oleh semua pebisnis saham baik trader maupun investor.

Tetapi, bid offer juga dapat memberikan banyak manfaat dalam analisa saham. Terkhusus untuk trader jangka pendek, baiknya pahami bid offer lebih dalam lagi untuk analisa trading, bukan cuma sekedar dapat membaca kulitnya saja.

Bid offer sangat berguna untuk intraday trading dan trading di bawah satu minggu. Tetapi untuk swing trader dan investor, analisa bid offer tidaklah terlalu dibutuhkan, karena analisa bid offer untuk jangka waktu yang pendek.

Demikianlah artikel cara mencari data spread bid offer saham. Setelah berbagai penjelasan mengenai pengertian analisis saham bid offer hingga kegunaannya, semoga dapat membantu pembaca dalam memahami arti dari analisis saham bid offer itu sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *