12 Daftar Komoditas Ekspor Indonesia Yang Paling Dicari

Tahukah kamu, daftar komoditas ekspor Indonesia yang paling dicari? Seperti yang kita ketahui bahwa negara ini kaya akan sumber daya alam dan berperan penting dalam menyediakan komoditas bagi seluruh dunia. Umumnya, kegiatan ekspor dilakukan oleh para pemain bisnis skala internasional.

Produk ekspor Indonesia sangatlah banyak, dan semakin tahun semakin meningkat. Mulai dari produk mentah, setengah jadi sampai yang sudah jadi. Tentunya, produk yang punya peluang bagus adalah komoditas yang paling banyak dicari. Lalu, apa sajakah produk-produk itu?

12 Daftar Komoditas Ekspor Indonesia Yang Paling Dicari

Ekspor sendiri merupakan salah satu aktivitas ekonomi yang turut memberikan penghasilan tambahan bagi negara. Dari adanya ekspor, maka nilai devisa akan semakin bertambah. Lalu, apa saja komoditas ekspor dari Indonesia yang paling banyak diminati? Simak berikut:

  1. Tekstil dan produk tekstil

Ya, betul sekali. Ada banyak sekali produk-produk tekstil milik Indonesia yang di pasarkan ke mancanegara. Mulai dari bahan baku seperti benang, serat sampai pakaian yang sudah jadi. Pertumbuhan ekspor TPT atau tekstil dan produk tekstil ini terus mengalami pertumbuhan yang bagus setiap tahunnya.

Kualitas produk ekspor milik Indonesia pun sudah terakui dan tidak diragukan lagi. Tak heran jika permintaan barang-barang tersebut terus bertambah banyak. Adapun untuk negara sasaran dari ekspor ini adalah Malaysia, Jepang, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Italia, Korea dan lainnya.

  1. Karet

Tahukah kamu kalau Indonesia ada adalah negara produsen karet terbesar kedua di dunia. Permintaan karet alam ini pun terus mengalami pertumbuhan produksi yang stabil sejak tahun 80-an. Sampai sekarang permintaan produk karet alam terus berjalan lancar.

Penyuplai produk karet itu pun didominasi oleh petani lokal asal dari Kalimantan Barat, Aceh, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Riau Dan Jambi. Kurang lebih 80% berhasil disediakan oleh hasil perkebunan karet milik petani lokal.

Hebatnya lagi, hampir 85 persen produksi karet alam diekspor ke luar negeri. Separuhnya dipasarkan ke negara ke Eropa, Asia, Amerika Utara dan separuhnya lagi ke negara yang lain. Sisanya lagi untuk konsumsi karet domestik non ekspor diserap oleh industri-industri manufaktur, khususnya dalam sektor otomotif.

  1. Sawit

Indonesia adalah negara penghasil sawit terbesar nomor satu di dunia. Tak heran jika produksi sawit beserta turunannya sangat melimpah. Hingga membuat lebih dari dari 26 negara besar di Eropa yang mengimpor sawit dari Indonesia. Seperti Swedia, Belanda, Inggris sampai ke Yunani.

Kebanyakan hasil kelapa sawit diperoleh dari perkebunan petani di Sumatera dan Kalimantan. Industri perkebunan dan pengolahan minyak sawit milik ini pun turut menambah nilai devisa negara. Sebab setiap tahunnya permintaan produk sawit dan turunannya terus berjalan bagus.

  1. Elektronik

Rupanya, barang elektronik berbasis industri manufaktur milik Indonesia menjadi salah produk ekspor yang banyak dicari. Contohnya seperti penerima sinyal untuk televisi dan panel elektronika. Deretan barang tersebut telah berhasil dipasarkan ke Amerika Serikat, Hong Kong, Malaysia, Philipina Dan Lainnya.

  1. Hasil kayu

Hasil kayu yang menjadi komoditi andalan Indonesia adalah jenis kayu tropis. Bahkan nilai ekspor kayu tersebut bisa mencapai 5 miliar US dollar setiap tahunnya. Besar sekali, bukan?

Komoditi tersebut kebanyakan berupa kertas, mebel, bubur kayu, kayu lapis, veneer dan lainnya. Aneka olahan kayu tersebut berhasil dipasarkan di banyak seperti Tiongkok, Jepang,  Arab Saudi, China Dan Lainnya.

  1. Alas kaki

Mungkin kamu tak mempercayainya. Tapi tahukah kamu, kalau Indonesia adalah salah satu dari lima negara pengekspor kaos kaki terbesar di dunia. Pemain global yang memesan produk buatan Indonesia ini antara lain Belgia, Amerika Serikat Dan China.

  1. Otomotif

Indonesia berada di posisi kedua setelah Thailand yang memiliki industri manufaktur mobil terbesar di Asia Tenggara. Industri ini memproduksi mobil, suku cadang kendaraan bermotor, suku cadang pengganti, traktor dan lainnya.

Potensi besar bidang ekspor ini banyak diminati oleh beberapa negara tujuan seperti Jerman, Belanda, Amerika Serikat, Belgia, Jepang, Italia, Taiwan Dan Vietnam.

  1. Udang

Udang merupakan komoditas paling dicari dari produk laut. Malahan, jumlah permintaan udang ini melampau jumlah ekspor dari negara tetangga seperti india. Adapun negara tujuannya adalah Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, Hongkong Dan China.

Sudah lebih dari 10 tahun lalu Indonesia menduduki pasar eksportir udang paling tinggi di ASEAN. Tentunya dengan kualitas produk yang unggul. Sebab, udang-udang tersebut dihasilkan dari laut jadi tidak mengandung antibiotik.

  1. Kakao

Biji kakao menjadi komoditas ekspor Indonesia yang banyak diminati oleh Malaysia, Amerika Serikat Dan Singapura. Kebanyakan hasil kakao yang diekspor adalah biji mentahnya, bukan yang bentuk olahan.

Di mana Indonesia sendiri merupakan negara penghasil kakao tertinggi di dunia. Tak heran jika menjadi komoditas ekspor besar dan banyak dicari oleh negara lain. Bahkan menduduki kursi nomor empat dari penyumbang devisa terbesar negara.

  1. Kopi

Selain kakao, ada kopi yang turut diimpor oleh negara lain. Misalnya saja Malaysia, Qatar, Jerman, Belanda, Singapore, Dubai, dan lainnya. Jumlah produksi yang besar dan kualitas terbaik dari kopi Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

Hasil produksi yang diekspor berupa varietas Arabika dan Robusta. Selain itu, ada juga kopi Luwak yang dikenal sebagai kopi paling mahal di dunia.

  1. Batu bara

Sudah bukan rahasia lagi jika negara Indonesia memiliki cadangan batu bara dengan terbesar di dunia dengan kualitas yang bagus. Ini membuat banyak negara lain turut mengajukan permintaan impor ke negara kita. Sampai sekarang, kegiatan ekspor itu telah berjalan dengan baik sampai ke beberapa negara andalan seperti Taiwan, Cina, Vietnam Dan India.

Mayoritas pertambangan batu bara terbesar di Indonesia ada di Kalimantan, Sulawesi Dan Sumatera. Keberadaannya pun, mampu membantu perekonomian sekaligus devisa negara.

  1. Produk kulit

Rupanya, selain dari segi tekstil, produk perkebunan dan kelautan, Indonesia juga mulai mengekspor produk perkulitan. Bahan ini nantinya diolah menjadi tas, sepatu, jaket kulit dan produk berbahan kulit lainnya.

Kegiatan ekspor ini pun tidak bisa dianggap sepele karena peminatnya cukup banyak. Seperti negara Eropa, Singapura, Belanda, Amerika Serikat, Italia, Jerman, Swiss dan lainnya.

Tujuan Besar Kegiatan Ekspor Indonesia

Seperti yang diketahui, setiap produk ekspor yang ada memiliki beberapa negara tujuan. Tapi, ada beberapa tujuan andalan dari ekspor Indonesia. Manakah itu? Adalah negara Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Tiongkok dan India.

Tujuan ekspor Indonesia juga mengarah ke pasar negara lain. Hanya saja, tujuan andalannya adalah kelima negara tersebut.

Kekayaan alam Indonesia yang sungguh luar biasa turut memberikan hasil alam yang menakjubkan. Tak heran jika mampu menghasilkan produk yang banyak dan berlimpah. Hingga membuat sebagian besar komoditas ekspor Indonesia yang paling dicari, selalu tersedia dengan baik.

1 thought on “12 Daftar Komoditas Ekspor Indonesia Yang Paling Dicari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *