Daftar Investasi Menguntungkan pada Masa Pandemi Covid-19

Daftar investasi menguntungkan pada masa pandemi covid-19, menjadi topik paling hangat yang banyak diincar oleh masyarakat luas. Apalagi karena adanya pandemi ini, imbas negatif yang dirasakan oleh seluruh dunia sangat terasa terutama dalam bidang ekonomi. Adapun cara yang paling aman dilakukan untuk menghindari diri Anda dari krisis perekonomian yang telah ada, yaitu dengan melakukan investasi.

Mau Tahu, Daftar Investasi Menguntungkan pada Masa Pandemi Covid-19?

Investasi secara umum tidak terpatok oleh usia, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun dapat diikutsertakan dalam aktivitas investasi dalam bentuk asuransi. Tapi, investasi ternyata tidak hanya tersedia dalam satu jenis saja, ada banyak sekali jenisnya jika Anda ingin menabung melalui jalur berinvestasi. Mulai dari investasi dalam bentuk emas, kepemilikan saham, properti, reksadana, hingga obligasi yang menyangkut surat perjanjian hutang piutang.

Kegiatan investasi yang aman, nantinya akan melibatkan beberapa pihak resmi demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam setiap bentuk transaksi yang dilakukan oleh investor. Sebagai contoh, investasi saham akan diatur dibawah kuasa otoritas jasa keuangan serta lembaga Bursa Efek Indonesia. Lalu, contoh lainnya datang dari investasi asuransi, dimana perusahaan asuransi yang nantinya akan bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan pemilik dana agar apa yang telah diinvestasikan olehnya dapat berguna di kemudian hari, terutama ketika dirinya mengalami suatu keadaan terburuk, yakni kematian.

Selain melibatkan beberapa pihak ahli, ada kekuatan hukum yang melindungi proses transaksi investasi yang dijalankan di Indonesia. Oleh karena itu, pihak investor dapat melayangkan gugatan ke pengadilan jika terjadi hal yang dirasa tidak sesuai dengan peraturan awal. Bagaimanapun juga, investasi pada dasarnya menyangkut hajat hidup orang banyak yang perlu dijaga keamanannya supaya tidak merugikan siapapun.

Tabungan investasi juga banyak sekali ditawarkan oleh berbagai bank swasta maupun negeri yang ada. Istilahnya dikenal dengan deposito. Deposito ini dibayarkan oleh nasabah yang nantinya dapat dicairkan bersama dengan bunga yang diberikan oleh pihak bank tergantung dari lamanya tanggal berlakunya tabungan yang disebut sebagai tanggal jatuh tempo, biasanya masa berlakunya mencapai 3 bulan sampai dengan paling lamanya itu adalah 1 tahun.

Akan tetapi, selama periode masa berlakunya masih berjalan, uang yang telah didepositkan tidak dapat dicairkan. Entah itu melalui buku tabungan ataupun kartu debit yang Anda miliki. Hal tersebut, memang diatur sedemikian rupa oleh pihak bank supaya bunga yang mereka berikan akan terus bertambah tanpa mengurangi jumlah awal uang yang telah masuk ke dalam rekening, sehingga uang yang diperoleh dapat berlipat ganda.

Selanjutnya, ada investasi jangka panjang yang kini sedang popular di kalangan masyarakat, yakni investasi dalam bentuk emas ataupun logam. Membeli ataupun menjual emas, bisa dilakukan kapanpun oleh setiap individu. Namun, ada kalanya harga jual emas di pasaran sedang menurun yang biasanya dipengaruh oleh kurs rupiah di bank dunia ataupun bahan baku yang kian sulit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, mereka yang memiliki emas dan hendak menjualnya akan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerugian akibat harga emas yang sedang dijual di pasaran mengalami penurunan. Saat harga emas sedang turun, biasanya orang-orang akan berbondong-bondong untuk membeli emas dibandingkan dengan menjualnya.

Tapi, satu hal yang membuat investasi emas terbilang tidak terlalu aman karena penyimpanan emas di rumah cukup rawan akan pencurian. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi yang ada, emas keluaran PT Antam kini menyediakan solusi berupa brankas elektronik kepada para pemilik emas, emas yang disimpan tersebut dapat dicairkan dan dijual kapanpun ke PT Antam tanpa perlu merasa khawatir akan dicuri oleh orang yang berniat jahat. Pemilik emas cukup mendonwnload aplikasi Antam supaya dapat mengontrol emas yang disimpan di dalam brankas elektronik milik Anda.

Daftar Investasi Bisa Banget Kamu Coba Selama Masa Pandemi

  1. Investasi saham

Tabungan saham bisa menghasilkan kelipatan keuntungan yang sangat besar bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Pasalnya, saham hampir mirip dengan investasi properti yang mampu terus meningkat seiring perkembangan zaman. Apalagi jika nilai saham yang dimiliki oleh Anda dalam sebuah perusahaan sangat tinggi, kemungkinan besarnya perusahaan tersebut suatu hari dapat diambil alih oleh pemegang saham yang memiliki nilai tertinggi.

Ada beberapa aplikasi trading atau pergerakan laju saham di pasaran yang disediakan untuk membantu para investor mengenal tingkat keuntungan dari saham yang telah ditanam olehnya. Aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan trading dalam bentuk grafik. Batasan grafik yang ada, menentukan peluang keberhasilan akan penanaman modal yang diperkirakan oleh investor.

Selama masa pandemi, investasi saham paling menjanjikan karena tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah ketika akan melangsungkan transaksi. Semuanya dapat teratasi melalui aplikasi berbasis online yang kini banyak ditawarkan dalam berbagai merek. Selain lebih praktis, aplikasi saham tersebut mampu meningkatkan keakuratan investor dalam memilih harga saham mulai dari yang terendah sampai dengan harga saham yang tertinggi.

  1. Investasi Reksadana

Mengatur keuangan yang dimiliki, memang sangat sulit jika terus menerus digunakan demi kelangsungan hidup dalam masa pandemi ini. Apalagi mengingat banyak sekali harga yang ditawarkan dengan nilai rupiah yang rendah agar barang dagangan milik toko tertentu dapat terjual habis di pasaran. Tapi, jika Anda memiliki uang berlebih daripada digunakan untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan lebih baik dialih fungsikan ke bidang investasi.

Banyak sekali pemula yang takut untuk mengawali penanaman modal karena tidak mengenal dengan detail cara berinvestasi. Reksadana menawarkan kepada para investor muda bahkan orang yang sudah lanjut usia sekalipun supaya jangan takut untuk memulai hal baik apalagi demi kemudahan di masa mendatang. Di dalam aplikasi reksaana, Anda akan menemukan banyak sekali fitur yang tersedia termasuk salah satunya jenis produk investasi yang ingin sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

  1. Investasi asuransi

Memasuki masa pandemi, banyak orang yang mulai tertarik untuk mendaftarkan diri serta anggota keluarganya supaya dapat memiliki asuransi. Macam-macam asuransi diantaranya ada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, serta asuransi harta benda. Asuransi ini sangat membantu dikala Anda mengalami musibah besar disaat tidak memiliki uang dalam jumlah besar untuk keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Misalnya, saat terjangkit penyakit dan mengharuskan Anda untuk diopname sedangkan uang untuk membayar biaya kamar saja tidak punya. Disinilah peran asuransi kesehatan akan bertindak dalam mengatasi seluruh pembayaran rumah sakit, mulai dari biaya perawatan sampai dengan biaya penyewaan kamar. Sayangnya, modal yang telah ditanam ke perusahaan asuransi tidak dapat dicairkan kapan saja, tentunya hal tersebut sudah tertulis di dalam surat perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak di atas materai.

  1. Investasi EMAS

Investasi yang menguntungkan selanjutnya adalah investasi emas. Saat ini investasi emas tidak hanya bias dilakukan dengan membeli emas fisik terus disimpan atau dijual kembali jika harga naik, tetapi saat ini emas juga diperdagangkan secara digital, jadi anda bisa dengan mudah membeli dan menjual emas kapanpun jika dibutuhkan. Keunggulan investasi emas dari pada investasi lain yaitu emas ada dalam bentuk nyata dan merupakan barang berharga sekaligus mata uang dapat dilihat fisiknya.

Sejak dulu emas sudah banya digemari dan pada tahun tahun 2019 hingga tahun 2020 ini, emas kembali tranding dan lebih banyak peminatnya karena masih memiliki keunggulan sebagai investasi safe haven, dan sebagai umat muslim meyakini bahwa emas akan tetap berharga sampai hari kiamat kelak. Terlebih lagi pada saat kondisi pandemi  dan kemerosotan ekonomi yang terjadi saat ini.

Pergerakan harga emas yang dinilai cukup stabil, walaupun terkadang mengalami penurunan yang wajar atau tidak begitu besar dan kenaikan yang cukup banya membuat emas menjadi salah satu investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Bagi Anda yang ingin memulai investasi sebaiknya mulailah dengan berinvestasi dan mengoleksi emas dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

  1. DEPOSITO

Investasi yang menguntungkan terakhir adalah deposito.  Deposito menjadi salah satu investasi yang paling aman dan menguntungkan karena dikelola secara transparan dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Walaupun di masa pandemi  sekarang nilai keuntungan peluang investasi deposito agak menurun yang biasanya berkisar 5%-8% per tahunnya tetapi bias dikatakan deposito tidak begitu terdampak dari adanya pandemi saat ini. Meskipun keuntungan dalam setahun bisa dibilang sedikit tetapi jika dilakukan secara terus menerus dan dikelola dengan baik maka akan menjadi passive income dan tambahan penghasilan yang menjanjikan.

Sebelum memulai investasi deposito ada hal yang harus yaitu jangan gunakan uang kebutuhan sehari-hari gunakanlah uang yang memang tidak digunakan (free money) selanjutnya  jangan menarik uang atau dana saat investasi belum berakhir yang nantinya akan membuat Anda terkena biaya penalty.

Sekian penjelasan mengenai daftar investasi menguntungkan pada masa pandemi Covid-19 kali ini. Semoga bermanfaat dan sehat selalu. See ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *