Investasi Bitcoin dan Crypto Menguntungkan? Simak Cara Investasi Bitcoin Berikut Ini

Berbagai macam investasi yang tersedia mungkin bitcoin dan cryptocurrency masi terdengar awam dan baru bagi anda. Mungkin saat ini anda baru mengenal emas,obligasi,saham serta bursa efek. Bitcoin dan crypto juga termasuk salah satu investasi yang manjanjikan untuk masa depan dan keluarga anda. Yuk kenali apa itu bicoin ? dan apa itu cryptocurrency ? dengan membaca artikel dibawah ini

Apa Itu Cryptocurrency

Sebelum mengenal bitcoin anda harus tahu tentang apa itu cryptocurrency terlebih dahulu. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang diciptkan dan didesain untuk menjadi mata uang yang aman digunakan untuk bertransaksi. Penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang digital berkaitan dengan internet yang menggunakan  yang biasa digunakan untuk transaksi virtual di dalam jaringan internet yang menggunakan cryptography. Mata uang crypto banyak jenisnya tidak hanya bitcoin, ada juga crypto lainnya seperti Ethereum, BCH, DOGE, litecoin dan masih banya lagi. Dan setiap mata uang crypto mempunyai wallet tersendiri yang berupa kode unik yang digunakan untuk bertransaksi.

Didalam Bitcoin, kriptografi digunakan untuk mencegah orang lain untuk mengakses dan mencuri dana dari wallet anda atau pengguna lain. Dengan kata lain kriptografi juga dapat digunakan untuk mengenkripsi wallet sehingga aman dari hacker.

Cryptography atau kriptografi sendiri pertama kali dibuat saat Perang Dunia II. Walaupun sudah lama tetapi seiring berkembangnya era digital seperti sekarang ini cryptograhphy sudah menjadi semakin canggih sehingga menjadikan sebuah sistem yang aman untuk bertransaksi secara online atau digital.

Apa Itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah salah satu mata uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 lalu. Nama satoshi juga dikaitkan dengan perangkat lunak yang dirancangnya, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat sehingga bitcoin adalah mata uang yang terdesentralisasi .

Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency yang digunakan sebagai alat pembayaran yang baru yang sepenuhnya dalam bentuk digital, Jika dari sudut pandang pengguna Bitcoin bisa dikatakan seperti uang tunai di dunia internet. Bitcoin ini merupakan salah satu jaringan dengan pembayaran peer-to-peer desentralisasi pertama yang dikontrol sepenuhnya oleh penggunanya sendiri tanpa sebuah otoritas sentral ataupun perantara. Jadi bias dikatakan Bitcoin sebagai nilai mata uang digital atau cryptocurrency dengan nilai paling tinggi saat ini.

Cara Kerja Bitcoin

Untuk pengguna baru anda harus mempunyai wallet bitcoin di blockchain atau langsung mendaftar di market seperti Indodax yang memperdagangkan bitcoin termasuk uang crypto lainnya. Setelah menginstal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis anda akan mendapat alamat Bitcoin dan bisa bertransaksi dengan memberitahu alamat Bitcoin itu kepada teman-teman untuk membayar dan menerima bicoin tersebut.

Suatu transaksi antar wallet bitcoin yaitu mentransfer nilai antar wallet Bitcoin yang kemudian akan diproses ke dalam rantai-blok. Rantai-blok (blockchain) berisi catatan semua transaksi yang sudah dikonfirmasi dan akan tersimpan di dalam rantai-blok sehingga anda dapat melacak history transaksi Bitcoin tersebut menggunakan kriptografi. Setalah itu secara otomatis wallet bitcoin akan menghitung sisa saldo yang akan digunakan untuk bertransaksi kembali. Pada saat bertransaksi terdapat konfirmasi kode rahasia atau verifikasi, yang digunakan untuk menandatangani atau sebagai tanda tangan elektronik transaksi yang digunakan sebagai  bukti bahwa traksaksi tersebut memang benar berasal dari pemilik wallet. Tanda tangan elektronik juga akan mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit

Untuk lebih lengkapnya tentang bitcoin anda dapat membaca makalah asli tentang apa itu bitcoin.

Cara Membeli Bitcoin Dan Crypto di Indodax

  1. Langkah pertama untuk membeli Bitcoin ini anda harus membuat akun indodax terlebih dahulu, pada saat membuat akun pastikan nama yang anda pakai sama dengan nama di nomor rekening yang anda miliki. Karena jika nama yang digunakan sama dan sesuai akan mempermudah transaksi deposit dan withdraw.
  2. Setelah membuat akun jangan lupa untuk KYC (melengkapi identitas seperti pas foto,kartu identitas seperti ktp, serta siapkan rekening bank.
  3. Setelah anda mengisi semua hal di atas pihak indodax akan memverifikasi data yang telah anda berikan kira-kira butuh waktu 1-3 hari kerja
  4. Setelah terverifikasi, anda sudah bias melakukan deposit saldo ke akun indodax
  5. Selanjutnya setelah deposit saldo sukses, anda dapat membeli bitcoin dengan saldo tersebut sesuai harga yang tertera.
  6. Yang terakhir anda dapat memantau fluktuasi harga Bitcoin dari waktu ke waktu.
  7. Cara yang sama tidak hanya dapat digunakan untuk membeli bitcoin saja tetapi juga crypto lainnya seperti DOGEcoin, Ethereum (ETH) dan berbagai cryptocurrency lainnya yang di tawarkan di indodax

Keuntungan Menggunakan Bitcoin

  1. Bebas Dalam Metode Pembayaran

Memungkinkan anda dalam mengirim atau menerima uang dengan instant di manapun dan kapanpun, dalam bitconit ini tidak terdapat libur bank, tidak terdapat batas negara serta tidak terdapat birokrasi, Bitcoin ini tidak tanggung-tanggung dalam memberikan penggunanya control penuh atas uang mereka.

  1. Bisa Memilih Biaya Sendiri

Tidak terdapat biaya untuk menerima Bitcoin, karena kebanyakan wallet telah memungkinkan untuk mengontrol besarnya biaya Ketika menggunakannya, biaya yang lebih tinggi mendorong konfirmasi untuk mempercepat dalam transaksi anda, untuk hal biaya itu tidak tergantung jumlah transfer, jadi memungkinkan untuk mengirim 100.000 Bitcoin dengan biaya yang sama yaitu yaitu dengan mengirim 1 Bitcoin.

Untuk tambahan terdapat prosesor penjual untuk memproses transaksi, mengubah Bitcoin menjadi mata uang fiat kenfensional serta memasukkan uang langsung ke dalam rekening bank penjual untuk setiap harinya, dikarenakan semua layanannya berbasis Bitcoin, maka dari itu biaya yang diperlukan pun jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jaringan kartu kredit atau pun Paypal.

  1. Rendahnya Risiko Yang Di Dapat Oleh Penjual

Transaksi Bitcoin ini sangat aman, tidak bisa melakukan pembatalan, dan tidak mengandung informasi yang bersifat pribadi atau sensitif dari pelanggan, hal ini jadi pelindung bagi penjual dari kerugian yang diakibatkan karena penipuan atau kecurangan chargeback

  1. Memiliki Keamanan Yang Kuat Serta Kontrol Penuh

Pengguna Bitcoin telah diberikan kontrol penuh terhadap transaksi mereka, serta tidak memungkinkan bagi penjual dalam membuat tagihan yang tidak diinginkan atau pun diperhatikan sebagaimana yang bisa terjadi dengan menggunakan metode pembayaran lainnya, pembayaran dengan menggunakan biatcoint ini bisa dibuat tanpa menyertakan identitas pribadi untuk proses pembayarannya.

Hal ini menambah nilai plus karena memberikan perlindungan yang kuat dari para peretas atau pencuri identitas. Pengguna Bitcoin juga bisa melindungi uang mereka dengan pencadangan serta enkripsi.

  1. Bersifat Transparan Dan Netral

Semua informasi mengenai pulai mata uang Bitcoin yang tersimpan di dalam rantai blok yang dapat dilihat secara publik yang ingin memverifikasi dan menggunakannya secara real time. dalam hal ini tidak ada individu ataupun badan manapun yang bisa mengontrol serta memanipulasi protokol Bitcoin karena telah diamankan secara kriptografi. Hal ini memungkinkan inti Bitcoin untuk dapat sepenuhnya trasnparan, bisa diprediksi serta netral.

Apakah Bisa Mendapatkan Penghasilan Dengan Bitcoin

Bitcoin ini merupakan inovasi yang sedang tumbuh serta merupakan salah satu peluang bisnis yang mungkin berisiko. Tidak terdapat jaminan jika Bitcoin ini akan terus tumbuh meskipun Sudah berkembang dengan begitu pesat hingga saat ini. Tetapi disisi lain bitcoin dengan jaringan  teknologi transaksi P2P (peer to peer) serta enkripsi SHA-256 yang menjamin keamanan setiap transaksi penguna. Sehingga berpotensi, menjadikan bitcoin banyak digunakan sebagai alat tukar digital di masa sekarang dan akan terus bertambah di masa depan nanti.

Sangat banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan Bitcoin seperti hal nya penambangan dan spekulasi/trading. Setiap metode yang anda pilih dan anda lakukan pastinya bersifat kompetitif dan tidak ada jaminan akan adanya sebuah keuntungan yang bisa anda peroleh, karena semua hasil bergantung pada masing-masing individu untuk membuat evaluasi biaya serta risiko yang bisa saja muncul dalam proyek apapun.

Jika anda ingin mendapat keuntungan dari Bitcoin ini akan lebih baik jika anda mempelajari lebih dalam mengenai hal lainnya yang bisa anda lakukan dengan Bitcoin, untuk sekarang baru ini yang bisa saya sampaikan mengenai meraih banyak keuntungan berinvestasi dan cara membeli Bitcoin dan Crypto semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *