Skip to content

Inilah Saham Teknologi Amerika Serikat Dengan Kinerja Terbaik Di Tahun 2021

Saham Teknologi yang mengalami penurunan peminat pada 2021 mulai kembali diminati pada pertengahan November ini. Menurunnya peminat saham teknologi ini disebabkan oleh khekhawatiran terjadinya inflasi serta ketakutan kenaikan suku bunga. Hal ini mendorong investor untuk keluar dari perusahaan penyedia software, dan internet.

Terlepas dari maraknya investor yang menjual seluruh saham dari perusahaan teknologi, merekapun mulai melakukan investasi saham pada bidang lain. Disamping itu perusahaan pembuat semikonduktor pada tahun ini mulai berkembangan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh maraknya permintaan prosesor untuk mempercepat penambangan crypto, membantu pengembangan game, serta menghubungkan pengguna ke internet.

Investasi pada fintech, cloud software, dan keamanan siber mungkin bukan merupakan hal yang menguntungkan apabila anda membeli saham dalam jumlah banyak dan kemudian menahannya untuk tahun ini.

Lantas apa saja perusahaan teknologi amerika yang memiliki kinerja saham terbaik pada 2021? Inilah kelima daftar perusahaan tersebut.

Upstart

Upstart masuk pada bursa saham amerika sejak pertengahan desember tahun lalu. Pada saat awal masuk bursa nilai perusahaanya adalah sejumlah 1,5 miliyar dollar. Setahun kemudian nilai perusahaanya naik menjadi 12 miliyar dollar.

Pada awalnya saham upstart naik sebesar 264% sejak awal tahun 2021 ini. Perusahaan ini juga pernah mengalami kenaikan yang sangat tinggi yakni sebesar 171% dalam jangka waktu 3 hari pada bulan maret lalu.

Pada kuartal ketiga pendapatan perusahaan ini naik sebesar 250% hingga menjadi 228 juta dollar. Upstart memberikan sesuatu hal yang baru pada investor yang mungkin jarang ditemui pada perusahaan teknologi baru yaitu Laba.

Upstart menghasilkan laba pada lima kuartal secara berturut-turut, termasuk perolehan laba bersih sebesar 29,1 juta dollar pada periode terakhir yang naik dari perolehan laba tahun sebelumnya sebesar 9,7 juta dollar.

Saat ditanyai oleh CNBC mengenai pendapatan pada november upstart kini memberikan layanan teknologi kepada 31 bank dan lembaga perkreditan, jumlahnya naik pada tahun lalu. Pada kuartal ketiga perusahaan memberikan 362.780 pinjaman, atau naik sebesar 244% dari tahun sebelumnya.

Synaptics

Synaptics merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1986 dan kemudian menjadi perusahaan go publik setelah 16 tahun dari pendiriannya. Namun perusahaan synaptics membutuhkan waktu hingga 2020 hingga sahamnya mulai diminati oleh para investor. Pada tahun ini saham synaptics melonjak sampai dengan 189%

Synaptics merupakan perusahaan yang mengembangkan touchpad dan scrool pad untuk pc serta pengembangan biometrik pada teknologi tersebut. Pada saat era digital seperti ini produk tekonolgi mereka disambut baik oleh hadirnya smartphone. Selain itu teknologi yang mereka hasilkan dapat dijumpai dalam mobil yang dapat terhubung, virtual reality, drone, serta sistem permainan. Teknologi dari snaptik berfokus pada perangkat wirless yang berkebutuhan daya rendah.

CEO synaptics, Michael Hurtslon saat berbicara dengan reporter CNBC, Jim Cramer pada juli lalu mengatakan bahwa mereka telah berkerja dengan baik pada bisnis mereka dan melampaui ekspektasi mereka. Lanjut michael, mereka tidak mengejar apa yang dikerjar oleh perusahaan lain, namun meposisikan bisnis mereka untuk mengejar pasar yang lebih menarik dan ternyata menghasilkan pertumbuhan yang baik pula.

Pada awal bulan ini, Syaptics telah menyelesaikan akuisisi DSP Group yang bergerak pada cipset nirkabel dan pemrosesan suara  senilai 549 Juta dollar.

Asana

Asana mengalami puncak kenaikan pada pertengahan november lalu. Asana naik hampir lima kali lipat tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu dan menjadikan mereka sebagai perusahaan teknologi paling mengalami kenaikan terbesar di amerika serikat.

Asana yang menjadi penyedia perangkat lunak dalam membantu tim pemasaran, operasi dan mengelola penjualan proyek serta berkolaborasi dari jarak jauh mengalami kenaikan 164% pada tahun 2021. Asana juga mengalami pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun setidaknya sebesar 70% pada kuartal kedua dan ketiga.

Dalam laporan pendapatan kuartal ketiga pada awal bulan ini, asana mencatatkan setidaknya terjadi peningkatan dari 7.000 menjadi 114.000 pelanggan yang membayarkan jasa. Dan pendapatan dari klien mereka melonjak 96% dari tahun sebelumnya.

Fortinet

Fortinet mengalami pertumbuhan pendapatan pada dua kuartal secara berturut-turut yaitu sebesar 30%. Pertumbuhan yang dialami fortinet disebabkan oleh serangkaian serangan ransomware yang meningkat sehingga menyebabkan perimintaan teknologi milik fortinet meningkat pada tahun ini.

Saham fortinet naik sebesar 133% yang ditutup pada kamis di tingkat 349,02 dollar. Menghasilkan peningkatan kapitalisasi pasar melampaui 57 milliar dollar.

Semakin baiknya laporan penghasilan fortinet membuat analis di wedbush meningkatkan target harga mereka menjadi 400 dollar dari semula 350 dollar. Dikutip dari data perusahaan, arus kas bebas perusahaan melonjak menjadi 329,8 juta dollar dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 185,7 juta dollar.

Nvidia

Nvidia mengalami kenaikan saham yang mencapai 127% pada tahun ini, dan mendorong kapitalisasi pasar perusahaan menjadi 741 milliar dollar. Hal ini menjadikan nvidia sebagai peringkat ketujuh dalam perusahaan teknologi tertinggi di amerika serikat.

Pada lima kuartal terakhir pertumbuhan pendapatan nvidia terlah mencapai 50%, yang dapat kita ketahui bila pemrosesan grafis mereka masih banyak diminati. Nvidia juga melakukan banyak trobosan dengan membuat kecerdasan buatan pada teknologinya agar semakin dapat menunjang berbagai kebutuhan.

Awal tahun ini nvida merilis GPU yang dikususkan untuk penambangan crypto dan telah mencatatkan pendapatan sebanyak 526 juta dollar. Cypto saat ini dijadikan sebagai pasar gemuk untuk nvidia karena maraknya kegitan penambangan. Meskipun penjualan mereka turun 60% pada kuartal kedua dan ketiga, nvidia mengharapkan adanya pengabaian pada kuartal ke empat.

Investor nvidia tidak mengalami kekhawatiran atas kejadian tersebut.  saham mereka naik lebih dari 8%, yang banyak diperoleh dari penjulan grafis untuk gaming. Untuk bisnis inti nvidia menghasilkan 2,76 milliyar dollar dan meningkat 106% dari tahun sebelumnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.