Ingin investasi Tapi Tidak Punya Waktu dan Takut Ribet? Pakai Manajer Investasi Saja!

Investasi saat ini menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat dalam usaha menambah penghasilan. Hal ini karena investasi dirasa dapat menghasilkan uang dengan cara yang cepat apabila dilakukan dengan benar.

Namun terkadang banyak masyarakat yang memiliki kesibukan berlebih sehingga menyita waktu mereka untuk berinvestasi. Hal ini tentu saja dapat menjadi penghalang dalam berinvestasi. Lantas adakah solusi yang tepat untuk hal tersebut?

Untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut salah satu solusinya adalah dengan menggunakan manajer investasi. Apakah itu manajer investasi?, mengapa kita memerluhkan manajer investasi?. Untuk menjawab permasalahan investasi tersebut, simak penjelasan mengenai manajer investasi berikut ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Manajer Investasi

Manajer Investasi adalah orang atau pihak yang bertugas untuk membantu investor dalam mengelola dana investasi mereka. Pekerjaan ini banyak dilakukan oleh pihak yang memang sudah ahli dalam bidang investasi. Biasanya pemiliik dana investasi yang tidak dapat mengelola dana dan kegitan investasi menggunakan jasa manajer investasi.

Manajer investasi memiliki tugas utama dalam membantu investor saham sesuai dengan bidang saham yang dilakukan oleh investor. Mereka akan membantu anda dalam berkonsultasi dalam memilik bidang investasi serta akan membantu mengarahkan investor dalam berinvestasi.

Ibaratnya manajer investasi ini adalah “konsultan” bagi investor. Contohnya seperti ini, pak amir memiliki dana lebih yang ingin beliau gunakan sebagai modal berinvestasi. Namun pak amir masih awam mengenai investasi sehingga pak amir memutuskan untuk menggunakan jasa dari salah satu manajer investasi. Kemudaian manajer investasi akan membantu pak amir dalam melaksanakan investasi sesuai dengan keinginan pak amir. Selain itu manajer investasi akan membantu mendampingi pak amir dalam proses melakukan investasi agar dapat memberikan keuntungan.

Mengapa Peluh Manajer Investasi

Menggunakan manajeri investasi merupakan salah satu solusi bagi investor pemula yang masih sangat awam sekali dengan dunia investasi. Mereka akan membimbing anda dalam menjalankan investasi sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan keuntungan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Contohnya dalam investasi saham, kebanyakan investor pemula hanya akan menitik beratkan pada grafik naik turunnya saham. Akan tetapi mereka tidak memperdulikan hal lainnya. Disinilah letak manajer investasi, dimana mereka akan membimbing anda dengan bijak. Saham merupakan salah satu investasi dengan risiko yang tinggi. Bila anda tidak cakap dan hanya bermain saham tanpa analisis dan fundamental yang tepat maka anda bisa saja mengalami kergugian yang sangat besar.

Apa saja Tugas Manajer Investasi? Berikut ini tugasnya :

  • Pengelolaan Aset

Dalam rangka mengelola aset manajer investasi akan membantu anda dalam mengalokasikan dana kedalam beberapa saluran investasi dengan tujuan untuk memaksimalkan hasil dari investasi sehingga anda akan mendaptkan keuntungan maksimum.

Dana yang telah anda alokasikan kemudian akan mereka kelola untuk menginvestasikan kepada bidang yang cocok. Sehingga anda akan mendapatkan bantuan oleh pihak profesional yang telah ahli dalam bidang investasi.

  • Membuat Keputusan Dalam Menjual Atau Membeli Produk Investasi

Manajer investasi akan membantu anda dalam menentukan keputusan yang sesuai untuk melakukan penjualan atau pembelian investasi yang dilakukan. Waktu merupakan salah satu hal krusial dalam investasi. Khususnya saham yang nilainya dapat berupah dalam waktu yang singkat.

Investor pemula mungkin saja akan kesulitan dalam menentukan waktu yang tepat. Dan memang hal ini membutuhkan perlakuan khusus dari yang bersangkutan. Dengan adanya manajer investasi maka anda tidak perluh khawatir karena memang sudah dibantu oleh mereka.

  • Membuat Laporan Pada Investor

Sebagai pihak yang ditunjuk oleh investor dalam mengelola investasi maka pihak manajer investasi akan memberikan laporan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan. Selain itu laporan ini juga sebagai tanda telah dilaksanakannya kegitan pendampingan investasi kepada investor.

Keuntungan Menggunakan Manajer Investasi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, manajer investasi adalah sebagai konsultan bagi investor dalam berinvestasi. Hal ini tentu saja akan memudahkan untuk anda. Selain itu terdapat keuntungan lainnya seperti Mendapatkan keuntungan yang maksimal, tidak perluh repot memikirkan pengelolaan invetas, dan yang paling penting mendampingi anda dalam melakukan investasi.

Kelemahan Menggunakan Manajer Investasi

Selain memiliki beberapa kelebihan terdapt juga kelemahannya yaitu kita tidak dapat melaksanakan investasi secara langsung. Hal ini tentu saja memudahkan namun bagi anda yang ingin bertransaksi langsung hal ini mungkin menganggu privasi anda. Investor tidak leluasa lagi dalam mengetahui adanya hal-hal mengenai investasi.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai manajer investasi. Jadi manajer investasi ini recomended bagi para investor pemula yang masih minim pengalaman serta pengetahuan sehingga dapat meghasilkan keuntungan secara maksimal .

Terimakasih sudah mampir ke sini. Silaknan mampir kembali untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Selalu jaga kesehatan serta selalu laksanakan kewajiban sebelum beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.