Apa itu Fraksi Harga Saham? Lihat Penjelasannya Berikut Ini

Apa itu fraksi harga saham? Pasar modal atau bursa efek merupakan salah satu indikator perkembangan serta kemajuan perekonomian dari suatu negara. Dengan adanya perdagangan dalam pasar modal maka akan terjadi perputaran roda perekonomian negara sebagai sumber dana bagi biaya keberjalanannya suatu perusahaan.

Untuk menambah semangat bagi para investor untuk berinvestasi serta bagi perusahaan untuk mengadakan kegiatan jual beli saham, pasar modal kita yaitu BEI (Bursa Efek Indonesia) mengadakan dan menetapkan suatu kebijakan dengan membuat kebijakan fraksi harga saham.

Pada beberapa periode ini fraksi harga saham telah mengalami perubahan yang berarti, mulai dari mengubah satuan fraksi harga hingga kelompok fraksi.

Oleh karena itu untuk lebih jelasnya mari simak apa itu arti dan ilustrasi fraksi harga saham berikut ini.

Arti dan Ilustrasi Fraksi Harga Saham

Fraksi Harga Saham di Indonesia berawal pada tahun 1997 di mana pada saat itu sedang terjadi keterpurukan pada hampir seluruh sektor pembangunan. Keterpurukan ini mengakibatkan para investor luar negeri enggan untuk menginvestasikan dananya ke dalam bentuk pembelian lembaran saham.

Maka dari itu BEI membuat siasat tentang aturan atau kebijakan baru mengenai tick size atau bisa disebut dengan fraksi harga saham agar para investor mau dan tregiur menginvestasikan dananya.

Setiap pasar modal di dunia memiliki fraksi harga saham masing – masing, selain itu pasar modal juga mempunyai wewenang untuk mengubah dan menetapkan fraksi harga saham.

Fraksi harga saham merupakan suatu batasan nilai tawar – menawar atas suatu efek berupa saham dalam suatu pasar modal.  Fraksi harga saham ini sangat penting karena transaksi merupakan aspek pokok dalam perdagangan saham, sehingga besaran kenaikan harga minimum atau biasa disebut dengan tick merupakan suatu protokol yang sangat penting.

Penggunaan ukuran fraksi harga saham penting sebagai dasar dan batasan dalam tawar – menawar saham pada bursa dengan suatu saham yang masih berada pada satu rentang harga, maka penggunaan ukuran maksimum yang sesuai dengan batasan rentang harga saham yang bersangkutan akan berlaku.

Ilustrasi Fraksi Harga Saham

Perhatikanlah tabel di atas. Fraksi harga saham di atas merupakan keluaran pada tanggal 2 Mei 2016.

Perhatikan juga tabel di atas ini. Tabel di atas merupakan fraksi fraksi saham perusahaan Suka Maju

Tabel pertama digunakan sebagai acuan dalam menentukan batasan harga tawar – menawar di tabel kedua. Menurut fraksi harga, perusahaan Suka Maju masuk pada tabel kelompok pertama yaitu pada kelompok harga Rp. 5 dengan rentang fraksi harga dari Rp. 500 – Rp. 2000 dengan maksimum perubahan harga sebesar Rp. 50.

Sekarang perhatikan tabel kedua pada kolom Bid Lots dan Officer Lots. Pada kedua kolom tersebut memiliki selisih Rp. 5. Perubahan harga ini tidak terjadi begitu saja, akan tetapi didasarkan pada tabel pertama.

Akan tetapi dalam beberapa kasus pernah terjadi loncatan yang tidak sesuai dengan tabel fraksi saham yang ditekeluarkan oleh BEI. Hal ini diakibatakan oleh sang trader yang belum bahkan tidak memasang antrian harga, sehingga harganya kosong terlewat. Biasanya hal seperti ini banyak dijumpai pada pasar saham yang baru buka.

Latar Belakang Perubahan Fraksi Harga Saham

Fraksi harga saham tentunya juga mengalami perubahan, jadi fraksi harga saham ini sifatnya tidak mutlak tetap, akan tetapi juga mengalami perubahan yang ditetapkan oleh pasar modal tersebut.

Perubahan adanya fraksi atas suatu saham diakibatkan oleh adanya perubahan rentang harga saham, sehingga harga saham tersebut harus merupakan kelipatan dari fraksi harga yang baru yang berlaku pada rentang tersebut.

Besar atau kecilnya suatu fraksi harga saham ditentukan berdasarkan harga saham yang sedang diperdagangkan. Tentunya pihak yang menentukan adalah pasar modal tepatnya BEI (Bursa Efek Indonesia).

Selain itu juga adanya perubahan fraksi harga saham disebabkan karena tidak sejalan dengan perubahan – perubahan yang terjadi serta tidak adanya kenaikan volume perdagangan yang berpengaruh secara signifikan pada tingkat likuiditas yang diukur melalui variabel volume perdagangan.

BEI (Bursa Efek Indonesia) sering melakukan review rutin mengenai parameter mikro perdagangan yang berkaitan dengan peningkatan likuiditas yaitu ukuran satuan perdagangan dan fraksi harga. Kedua hal tersebut merupakan bagian dari aspek mikrostruktur sehingga melatarbelakangi adanya perubahan fraksi harga saham.

Jika digambarkan maka ketika terjadi selisih volume harga jual – beli yang terlalu besar di BEI (Bursa Efek Indonesia) maka akan terjadi perubahan yang diakibatkan oleh terhambatnya transaksi dan rendahnya tingkat likuiditas yang memiliki harga tinggi namun fundamentalnya bagus.

Hal treakhir yang melatarbelakangi adanya perubahan adalah karena sulitnya melakukan jual beli saham dengan jumlah kurang daru 500 lot.

Tujuan Adanya Perubahan Fraksi Harga Saham

Penetapan dan perubahan kebijakan fraksi saham oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) pasti memiliki tujuan dan maksud demi kemajuan dan perkembangan pasar modal di Indonesia.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka disajikan tujuan dari perubahan fraksi harga saham tersebut :

  • Tujuan utama adanya perubahan fraksi saham adalah untuk menciptakan sistem dan keadaan perdagangan yang efisien, teratur, serta wajar untuk meningkatkan likuiditas pada perdagangan saham sehingga para investor tertarik untuk berinvestasi.
  • Penyesuaian fraksi harga saham adalah sebagai jawaban atas tuntutan para investor, selain itu juga dapat memberikan beberapa kesempatan yang berarti untuk mengevaluasi dan mengoreksi menurut pengalaman mengenai perdebatan “fraksi harga yang optimal”. Hal ini memiliki arti bahwa fraksi harga yang sesuai nantinya akan dapat diterapkan pada transaksi saham di BEI (Bursa Efek Indonesia).
  • Adanya perubahan fraksi saham juga untuk mendompleng dan mendorong bursa saham agar lebih bersemangat untuk mempertimbangkan risiko investasi yang cukup besar bagi para investor bahkan investor ritel karena biaya investasi menjadi lebih rendah.
  • Menambah jumlah ketersediaan saham untuk dapat ditransaksikan, karena saham yang memiliki jumlah kurang dari 500 lot juga dapat ditransaksikan kembali.
  • Meningkatnya likuiditas.
  • Memperkecil risiko pasar bagi para investor.
  • Dapat mengelompokkan dan mengakomodir kelompok harga yang memiliki tingkat fraksi harga terkecil.
  • Voltalitas dapat menurun yang baik untuk pergerakan saham.
  • Dapat meminimaliris biaya atas transaksi yang diakibatkan oleh bid – ask spread.

Dampak Perubahan Fraksi Harga Saham

Dampak yang dihasilkan dari adanya perubahan fraksi harga saham tidak selalu baik bagi tingkat likuiditas pasar modal. Apabila ukuran fraksi harga saham terlalu tinggi maka dapat menyebabkan kerugian pada likuiditas pasar. Juga apabila ukuran fraksi harga saham terlalu rendah maka akan menyebabkan penurunan kedalaman pada kuotasi bursa efek.

Arti dan Ilustrasi Fraksi Harga Saham yang dilengkapi dengan latar belakang, tujuan serta dampak adanya perubahan fraksi harga saham semoga dapat membantu kita dalam menentukan harga penwaran maupun pembelian saham. Memang, investasi saham memiliki risiko yang tinggi disamping keuntungan yang tinggi pula. Dengan menggunakan perhitungan serta analisis yang tepat pasti akan trehindar bahkan dapat meminmalisir risiko kerugian yang besar. Karena tujuan utama berivestasi adalah untuk mendapatkan laba.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *