Berikut Daftar Perusahaan BUMN di BEI Terlengkap

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia saham mungkin sudah tidak asing lagi dengan daftar perusahaan BUMN di BEI. Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan usaha pelat merah yang dikontrol oleh pemerintah dalam aktivitas dan tujuan komersialnya. Berbeda dengan lembaga negara yang tidak boleh mencari profit (keuntungan), perusahaan BUMN berbentuk badan usaha dan berorientasi pada profit.

Perusahaan BUMN lebih banyak berperan dalam mendukung kebijakan publik dan menguasai hajat hidup orang banyak. Misalnya saja perusahaan perkeretaapian, penerbangan, perbankan, konstruksi, pertambangan, dan masih banyak yang lainnya. Sebuah perusahaan BUMN memiliki induk dan anak perusahaan.

Beberapa perusahaan BUMN berbentuk Persero atau perusahaan perseroan dan Perum atau perusahaan umum.  Statusnya juga ada yang privat dan publik. Jika perusahaan privat maka sahamnya tidak diperdagangkan di BEI dan sahamnya dimiliki oleh negara. Sedangkan perusahaan publik biasanya sahamnya dapat diperdagangkan di BEI sehingga semua masyarakat dapat membelinya.

Daftar Perusahaan BUMN di BEI Bidang Perbankan

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua saham perusahaan BUMN terdaftar di BEI. Adapun beberapa saham yang terdaftar yaitu:

  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Kode saham: BBNI. Adalah bank publik yang dimiliki oleh negara. Didirikan pada tanggal 5 Juli 1946.

  1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Kode saham: BBRI. Merupakan bank BUMN yang tertua di Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah.

  1. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Kode saham: BBTN. Bank ini lebih memfokuskan usahanya di bidang kredit perumahan selain memang usaha utamanya di bidang jasa keuangan perbankan. Bank ini berdiri pada tanggal 14 Februari 2005.

  1. PT BPD Jawa Barat dan Banten

Kode saham: BJBR. Awalnya perusahaan ini merupakan milik Belanda yang telah di nasionalisasi oleh pemerintah Indonesia dan diserahkan ke pemerintah Provinsi Jawa Barat. Usahanya bergerak di bidang perbankan sistem konvensional dan syariah.

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Kode saham: BMRI. Berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 dari merger Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim, dan Bapindo. Usahanya bergerak di bidang layanan perbankan.

Daftar Perusahaan BUMN Konstruksi di BEI

  1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Kode saham : ADHI. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan konstruksi, properti, real estate, investasi infastruktur yang ada di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada pada 11 Maret 1960.

  1. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Kode saham: WIKA. Bergerak di industri konstruksi, manufaktur, energi terbarukan, perencanaan, agroindustri, dan yang lainnya. Perusahaan ini mulai beroperasi di tahun 1961.

  1. PT Waskita Beton Precast Tbk

Kode saham: WSBP. Perusahaan ini khusus bergerak di bidang industri manufaktur beton precast dan ready mix. Perusahaan ini juga merupakan anak perusahaan dari PT Waskita Karya. Didirikan pada tanggal 7 Oktober 2014.

  1. PT Waskita Karya (Persero) Tbk

Kode saham: WSKT. Merupakan salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Selain itu juga bergerak di bidang industri, real estate, dan perdagangan.

  1. PT Wijaya Karya Beton Tbk

Kode saham: WTON. Merupakan anak usaha dari PT Wijaya Karya yang fokus pada industri beton pracetak.

  1. PT PP Properti Tbk.

Kode saham: PPRO. Usahanya lebih fokus kepada pembangunan properti berupa hunian seperti perumahan atau apartemen. Perusahaan ini juga merupakan anak dari PT PP Persero.

  1. PT PP (Persero) Tbk

Kode saham: PTPP. Bergerak di bidang konstruksi, real estat, properti, dan investasi lain di bidang energi infrastruktur.

Daftar Perusahaan BUMN Lainnya yang terdaftar di BEI

  1. PT Aneka Tambang (Persero) Tbk

Kode saham: ANTM. Merupakan BUMN yang bergerak di bidang usaha tambang, perdagangan, manufaktur, transportasi, dan yang lainnya. Perusahaan ini berdiri pada 5 Juli 1968.

  1. PT Elnusa Tbk

Kode saham: ELSA. Merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di sektor migas dan tambang.

  1. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Kode saham: GIAA. Bergerak dalam bidang transportasi udara komersial, kargo, dan kiriman domestik juga internasional. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1950.

  1. PT Indofarma (Persero) Tbk

Kode saham: INAF. Perusahaan yang berhubungan dengan penyediaan industri farmasi penyedia obat-obatan. Selain itu juga memproduksi bahan kemasan, mesin, dan peralatan yang berhubungan dengan industry farmasi.

  1. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Kode saham: JSMR. Bergerak di bidang usaha layanan jasa penyedia jalan tol. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1978.

  1. PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Kode saham: KAEF. Adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi, pengolahan, dan pemasaran bahan-bahan farmasi.

  1. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Kode saham: KRAS. Merupakan perusahaan yang memproduksi baja. Mereka juga memproduksi instalasi pengolahan air, infrastuktur tenaga listrik, dan sistem telekomunikasi. Perusahaan ini memulai operasinya pada tahun 1971.

  1. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Kode saham: PGAS. Perusahaan ini mengembangkan penggunaan gas alam untuk kepentingan masyarakat misalnya dalam memproduksi LPG.

  1. PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk

Kode saham: PTBA. Memiliki usaha dalam bidang pertambangan batubara. Mereka mulai survei, menambang,  eksplorasi, pengolahan, pemurnian, pengangkutan, hingga perdagangan. Perusahaan ini juga memberikan jasa konsultasi terkait produk batubara dan turunannya.

  1. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

Kode saham: SMBR. Menjalankan usaha dalam bidang produksi dan distribusi semen. Pabriknya terletak di Sumatera Selatan.

  1. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Kode saham: SMGR. Sama dengan semen Baturaja, semen Indonesia memiliki bisnis yang sama yakni berkecimpung dalam industri semen. Pabriknya terletak di Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Vietnam.

  1. PT Timah Tbk

Kode saham: TINS. Bergerak dalam bidang usaha pertambangan utamanya timah. Pabriknya terletak di Bangka Belitung.

  1. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Kode saham: TLKM. Merupakan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini juga melayani layanan jaringan kabel dan nirkabel dalam menunjang media informasi, telekomunikasi, edukasi servis.

Fluktuasi saham perusahaan BUMN di Bursa Efek Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh situasi ekonomi dan politik dari waktu ke waktu. Misalnya saja banyak terjadi kecelakaan konstruksi di Indonesia tentunya akan berdampak pada menurunnya saham perusahaan konstruksi baik milik BUMN maupun swasta.

Selain itu naiknya harga saham juga dipengaruhi oleh sentimen positif masyarakat terhadap suatu perusahaan misalnya saja dianggap memiliki tata kelola yang baik, jauh dari korupsi. Selain itu juga dapat dipicu karena anggapan publik bahwa perusahaan tersebut melakukan proyek masa depan seperti mobil listrik. Maka saham dapat naik dengan drastis. Anda harus pandai membaca situasi apabila ingin membeli saham.

Itulah daftar perusahaan BUMN di BEI. Jika Anda ingin membeli sahamnya, perhatikan terlebih dahulu fluktuasi naik turun saham dan kinerja perusahaan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *