Cari Tahu, Yuk! Cara Ubah Hobi Jadi Penghasilan Dalam Berinvestasi Saham

Cara ubah hobi jadi penghasilan dalam berinvestasi saham, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Apalagi, saat ini banyak sekali orang-orang yang hobinya adalah bermain ponsel. Padahal, jika dimanfaatkan secara maksimal, ponsel tersebut dapat digunakan sebagai media atau alat yang nantinya akan bertugas sebagai jembatan dalam menghubungkan Anda dengan aplikasi berbasis investasi saham secara online.

Cara Ubah Hobi Jadi Penghasilan Dalam Berinvestasi Saham? Siapa Takut!

Investasi pada dasarnya berawal dari kebutuhan suatu perusahaan terkait modal usaha yang bisa diraih olehnya tanpa terbebani dengan adanya bunga bank. Namun, efek negatifnya kepemilikan perusahaan dapat digantikan oleh siapapun dan kapanpun terutama bagi orang yang memiliki peranan sebagai pemegang nilai saham terbesar. Oleh karena itu, seringkali ditemukan di beberapa perusahaan benefit, orang yang diperbolehkan menanan saham hanyalah anggota keluarga ataupun kerabat terdekat mereka saja.

Ada banyak sekali keuntungan bagi Anda yang mempelajari cara berinvestasi saham. Berawal dari modal kecil, bisa dikembangkan menjadi berkali-kali lipat keuntungannya. Tentu saja keuntungan besar tersebut, tidak diperoleh dalam jangka waktu yang singkat.

Umumnya, keuntungan dari menanam saham dapat terasa setelah melalui berbagai macam rintangan selama kurang lebih 1 tahun. Pasalnya, pasar saham tidaklah selalu berjalan mulus sesuai harapan para investornya. Bisa saja akibat faktor internal maupun eksternal nilai saham menjadi terpengaruh apalagi jika berkaitan dengan mata uang dunia.

Faktor eksternal yang dimaksud, contohnya ada masalah isu yang beredar di masyarakat luas hingga berpengaruh terhadap indeks harga saham gabungan atau IHSG. Sedangkan faktor internal, biasanya berawal dari permasalahan yang terjadi dalam sebuah perusahan yang mengalami penurunan kinerja sampai penurunan keuangan yang menjadikan nilai saham perusahaan tersebut menjadi anjlok. Akan tetapi, terkadang ditemukan juga kasus perusahaan yang sudah dianggap rendah performanya, malahan mampu memberikan keuntungan sangat besar kepada para investornya karena berhasil keluar dari problematika yang dihadapinya.

Oleh sebab itu, dalam melakukan investasi saham Anda tidak boleh mudah menyerah. Jangan sampai penyesalan datang, karena terlalu mengagungkan prediksi diri sendiri yang menganggap nilai perusahaan tertentu pasti akan turun drastis, justru fakta di lapangannya mengatakan hal yang sebaliknya. Sehingga, hal untuk mengantisipasi prediksi agar tidak terlalu jauh meleset dari faktanya, perlu dilakukan peninjauan serta analisa yang mendalam.

Trader akan menganalisa pergerakan nilai saham perusahaan tertentu setelah proses penawaran dan penjualan saham selesai dilakukan. Indonesia sendiri, menerapkan jam operasionalnya mulai dari pukul 9 pagi hingga 12 siang. Lalu, khusus hari Jum’at waktu penutupan akan berlangsung sedikit lebih cepat yakni sekitar setengah jam di pukul 11.30 siang.

Singkat bukan? jadi para trader tidak perlu khawatir kegiatan lainnya akan terganggu. Selain cara pengaplikasian penananam saham cukup mudah, siapapun yang sudah berstatus sebagai orang dewasa dengan memiliki kartu identitas berupa E-KTP, mereka dapat ikut menjadi anggota investor bersama jajaran investor ternama lainnya. Pengetahuan dunia bisnis Anda juga semakin terasah seiring berjalannya waktu.

Beberapa Aplikasi Investasi Saham Ini, Cocok Digunakan Oleh Investor Pemula

  1. Ajaib

Salah satu jenis aplikasi yang menyediakan ruang untuk para investor bermain saham adalah Ajaib. Melalui aplikasi ini, anda bisa mulai merasakan cara berinvestasi hanya dengan modal sebesar 0 rupiah. Tidak ada beban pembayaran  untuk pihak broker.

Aplikasi ini juga sudah disetujui oleh OJK atau otoritas jasa keuangan sehingga kemanan bertransaksi di dalamnya sudah terjamin. Selain tidak membutuhkan modal, Ajaib sangat cocok untuk pemula yang baru saja ingin belajar kesulitan yang ada di pasar saham. Meskipun data yang ditunjukkan tidaklah terlalu sesuai atau istilahnya sering dikenal dengan sebutan real time, Ajaib dapat membantu penggunanya merasakan pengalaman baru dalam dunia investasi saham.

  1. IPOT

IPOT merupakan kepanjangan dari Indo Premier Online Technology, dimana didalamnya berisi penawaran berbagai tools yang diperlukan untuk memfasilitasi investor dalam melakukan transaksi saham. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda cukup mengunduhnya dari play store tanpa ada pungutan biaya sama sekali. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang memiliki kecenderungan berinvestasi secara serius untuk jangka panjang.

Ada pemberitaan terkait masalah ekonomi di seluruh dunia, pemberitahuan hasil transaksi, memberikan iklan yang berisi berbagai macam pengetahuan seputar saham, data yang real time, fitur tatap muka dalam bentuk quicklink untuk memberi kemudahan pengguna dalam menentukan fitur yang disukainya, serta masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh IPOT. Besar memori yang dibutuhkan untuk memiliki aplikasi ini juga terbilang kecil yakni 19,65 Mb. Kemudian, tahun rilisnya yaitu 2020 tepatnya pada bulan Mei tanggal 20.

  1. Mirae

Perusahaan Mirae ini, sudah memiliki total transaksi saham hingga sebesar Rp 231,1 triliun. Angka tersebut tentu terbilang cukup besar bila dibandingkan dengan perusahaan sekuritas lainnya yang ada di Indonesia. Wajar saja, perusahaan ini sudah berdiri sejak 20 tahun silam.

Mirae menawarkan berbagai keunggulan yang dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang baru saja menekuni dunia saham. Ada istilah HOTS atau Home Online Trading System yang diterapkan untuk memudahkan klien serta para investor dalam memperhatikan chart transaksi saham hanya dengan mengaktifkan data ponsel atau memanfaatkan koneksi internet. Setiap transaksi yang dilakukan, akan dikenakan biaya hanya sebesar 0,15% dari total pembelian saham, lalu sebesar 0,25% untuk penjualan saham yang dimiliki.

  1. Stockbit

Kelebihan yang dimiliki aplikasi saham Stokcbit, yakni didalamnya para investor selain melakukan proses jual beli saham, bisa juga saling bertukar pikiran atau diskusi. Data trading akan ditampilkan dalam bentuk grafik dengan hasil yang akurat. Informasi yang diberikan dalam aplikasi, dapat tersampaikan dengan cepat kepada para pengguna termasuk berita saham yang ada dari luar negeri sekalipun.

Kegiatan investasi dalam aplikasi ini, dapat dilakukan berkelompok tidak hanya untuk individual saja. Sehingga, modal yang ditanamkan bisa lebih besar serta pemilihan strategi dapat dilakukan setelah dirundingkan terlebih dahulu. Anggota kelompok bisa terdiri dari teman-teman terdekat ataupun anggota keluarga Anda.

  1. Bibit

Ada lagi aplikasi saham yang unik karena metode pembayaranmodal dapat dilakukan melalui aplikasi e-wallet seperti halnya Linkaja ataupun GoPay. Selain itu, modal awal yang diinvestasikan bisa dimulai dari nominal terendah yakni Rp 100.000,-. Besar ukuran memori yang dibutuhkan juga sangat kecil yaitu 3,5 Mb saja.

Jika Anda khawatir akan terkena biaya admin setiap kali melakukan transfer melalui Gopay ataupun LinkAja, di aplikasi Bibit biaya yang dikhawatirkan tersebut tidak berlaku alias gratis. Komisi yang umumnya harus dibayarkan oleh pemilik akun juga dihilangkan supaya pengguna dapat memiliki keuntungan yang lebih besar lagi. Anda juga sudah terbebas dari biaya pembayaran pajak karena aplikasi ini bukanlah bermain dalam bidang investasi emas maupun properti yang akan dikenakan pajak dari pemerintah.

Sekian pembahasan mengenai cara ubah hobi jadi penghasilan dalam berinvestasi saham kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik. See ya!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *