7 Cara Mendapatkan Keuntungan Saham

Saat ini banyak orang yang bertanya terkait cara mendapatkan keuntungan saham dengan mudah. Akhir-akhir ini, memang banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi saham, karena merupakan instrumen investasi yang sangat popular. Kesadaran masyarakat pun semakin terbuka, bahwa investasi menjadi hal yang sangat penting, dan menyimpan uang di bank saja tidak cukup. Jika menabung uang, maka akan ada potongan biaya untuk administrasi, sehingga uang yang ditabung justru semakin berkurang.

Masyarakat yang semakin cerdas, mulai melek investasi dan mengubah gaya hidup dalam pengelolaan keuangan. Yang pada awalnya saving society saat ini berubah menjadi investing society. Ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi saham, tentu karena saham memberikan keuntungan yang lebih.

Inilah Sumber dan Cara Mendapatkan Keuntungan Saham

Berinvestasi tentu sangat menguntungkan. Ada beberapa alasan penting yang membuat orang mau untuk berinvestasi. Pertama, dengan berinvestasi maka bisa mendapatkan pontensi capital gain. Harga saham perusahaan akan mengalami kenaikan apabila perusahaan semakin berkembang. Jika mengalami kenaikan, maka investor bisa menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan saat membeli.

Kedua, bisa mendapatkan dividen saham, yang pada dasarnya merupakan pembagian keuntungan untuk para pemegang saham. Banyaknya laba saham yang diterima sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki. Saat memperoleh deviden, maka investor telah diakui secara tidak langsung sebagai pemilik perusahaan serta memperoleh hal untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang saham (RUPS). Jika saham yang dimiliki semakin banyak, maka nilai devidennya pun semakin besar. Namun demikian, deviden hanya akan dibagikan apabila perusahaan tersebut memperoleh keuntungan dan mayoritas investor sepakat.

Ketiga, bisa melakukan investasi secara fleksibel. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk berinvestasi saham, karena investasi ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Apalagi saat ini ada aplikasi khusus trading yang dapat dioperasikan melalui smartphone. Jadi, investasi ini bisa menjadi penghasilan sampingan, sementara itu, pekerjaan tetap terus bisa dijalankan tanpa terganggu.

Tips Mendapatkan Keuntungan Saham yang Cukup Besar

Bagi yang sedang berinvestasi saham, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dari investasi.

  1. Memahami Investasi Saham

Sebelum memulai investasi saham, maka sangat penting untuk mengetahui esensi dari investasi saham itu sendiri. Jangan buru-buru memutuskan untuk melakukan trading  apabila belum benar-benar paham. Kesalahan yang banyak dilakukan orang-orang adalam melakukan investasi tanpa mengetahui esensinya. Jika tidak paham, bukannya mendapatkan untung, tapi malah buntung.

Perlu diketahui bahwa hal-hal terkait dengan strategi, aspek, dan cara memainkan saham, sangatlah dibutuhkan untuk para pemula yang ingin berinvestasi. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh pemahaman serta perspektif tentang investasi saham. Ketika melakukan investasi saham, maka dapat diartikan bahwa trader memiliki kepemilikan atas suatu perusahaan. Pemahaman tersebut tentu sangat mempengaruhi cara berinvestasi.

  1. Siapkan Mata dan Telinga

Melakukan investasi saham sama halnya dengan mata-mata, karena perlu mendapatkan informasi seputar trading  saham. Meskipun harus pasang mata dan telinga, bukan berarti harus setiap saat nongkrong dan join ke semua komunitas saham. Cukup bergabung dengan grup atau komunitas yang menyediakan informasi memadai, tidak harus selalu berbayar. Selain itu, jangan mudah percaya dengan informasi yang didapat, karena perlu ditinjau ulang.

  1. Volatilitas Tinggi dan Kesabaran

Dalam berinvestasi saham, yang paling dicari adalah profit yang tingi. Dengan demikian, maka volatilitas dan risikonya pun tinggi juga. Mungkin saja jika membeli saham hari ini, hari besok bisa turun 6 persen. Tentu bahaya kan? Tapi jangan langsung panik, karena bisa saja sorenya naik. Ketika awal kali bermain saham, hal-hal demikian sangat mudah terjadi sehingga perlu untuk mengontrol emosi dan kesabaran. Jika sudah bisa melatih kesabaran dalam memainkan saham, maka profit sudah jelas di depan mata.

Investor harus tau kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham, sehingga bisa meraup keuntungan. Untuk menentukan titik penjualan, maka bisa dilakukan melalui analisis teknikal dan fundamental.

  1. Pilihan Membeli Stock Pick

Ada beberapa komunitas yang menawarkan jasa stock pick, yaitu rekomendasi saham yang kemungkinan untung dibeli di hari ini atau pekan ini. Jasa ini hanya menjual rekomendasi prediksi saham. Namun demikian, stock pick ini hanya direkomendasikan untuk orang-orang yang sudah paham terkait dengan sistem tranding dan bagaimana analisisnya. Jika tidak demikian, maka akan sangat mudah untuk ketergantungan dengan jasa tersebut. Padahal, rekomendasi yang diberikan tidak selalu benar, karena hal tersebut hanya prediksi saham saja. Bagi yang sudah memahami dunia per-saham-an, maka sah-sah saja jika ingin menggunakan jasa stock pick, karena sudah mengetahui apakah saham tersebut layak dibeli ataupun tidak.

  1. Diversifikasi Investasi

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat popular akhir-akhir ini. Namun demikian, saham tetaplah memiliki risiko di mana risiko tersebut tidaklah kecil. Lalu bagaimana cara untuk mengelala risiko pada investasi saham? Ada istilah yang mengatakan bahwa, ‘Dont put all your eggs in one basket’. Dalam dunia investasi saham, hal tersebut dapat diartikan, ‘Jangan tempatkan semua uangmu di saham’.

Hal ini merupakan pelajaran yang sangat berarti dalam memahami investasi saham. Oleh karenanya, lakukan diversifikasi investasi. Dengan cara ini, maka trader akan tetap bisa bertaham meskipun terjadi krisis di pasar saham, karena telah memiliki simpanan di instrumen lainnya yang lebih aman.

Dapat dikatakan ini merupakan dana darurat sebagai salah satu instrumen untuk berjaga-jaga. Jadi, apabila terjadi goncangan ekonomi, setidaknya tidak mendapatkan dampak dari hal tersebut. Namun demikian, dengan melakukan diversifikasi maka bisa menurunkan potensi return karena dana ditempatkan pada instrumen yang ­return-nya lebih rendah.

  1. Investasi Jangka Panjang

Dalam berbisnis, tentu yang diinginkan menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat. Namun perlu untuk kembali lagi ke poin pertama, bahwa esensi investasi saham \tidak sebatas mendapatkan untung dalam waktu cepat. Tidak ada bisnis yang dapat dilakukan dengan cepat, karena segalanya membutuhkan proses demi proses.

Investasi saham merupakan investasi jangka panjang. Membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengembangkannya sehingga nantinya bisa memberikan hasil yang tinggi kepada trader.

  1. Saat Harga Turun, Beli Saham!

Ujian saat bermain saham adalah saat harga turun dan nilai uang di saham terus berkurang. Dalam saham, pergerakan harga dapat berfluktuasi 1 persen sampai 2 persen. Namun sebenarnya hal ini juga bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Pasar yang crash ternyata merupakan kesempatan emas untuk bisa membeli saham murah. Namun pilihlah dari perusahaan yang memiliki kinerja baik. Dan percayalah bahwa sedalam apapun mengalami penurunan harga, suatu ketika saham pasti akan mengalami peningkatan harga.

Itulah beberapa cara mendapatkan keuntungan saham dengan mudah. Bermain saham tentu butuh kemampuan analisis yang baik. Jika melakukannya dengan tepat, maka profit yang didapatkan bisa besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *