Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Investasi Saham Syariah

Investasi merupakan yang kini kian diminati banyak orang, tapi apakah anda tahu investasi tidak hanya menguntungkan, ada kalanya investasi justru membuat anda mengalami kerugian, alangkah lebih baiknya sebelum melakukan investasi anda pelajari terlebih dahulu mengenai tips dan triknya.

Di artikel kali ini saya akan bahas mengenai cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham Syariah. Silakan simak dan ambil pelajaran yang banyak.

Seputar Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu cara kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan melakukan pembelian Sebagian atau seluruh kepemilikan saham pada sebuah perusahaan.

Sedangkan saham merupakan surat penting yang menunjukkan kepemilikan terhadap suatu perusahaan, dengan kata lain jika anda membeli saham sama seperti anda mendapat hak kepemilikan perusahaan tersebut.

Dalam hal tujuan, investasi saham bertujuan untuk mendanai keperluan serta mendukung jalannya ekonomi untuk memberikan keuntungan kepada penanam modal.

Jenis-Jenis Investasi Saham

  1. Jenis Investasi Saham Biasa

Saham biasa merupakan sebuah sertifikat atau piagam yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan perusahaan serta berbagai aspek penting bagi perusahaan.

Pemilik saham berhal mendapat Sebagian penghasilan atau pendapatan tetap / deviden dari perusahaan dan wajib dalam menanggung resiko kerugian yang dihadapi perusahaan.

Pemilik saham memiliki hal dalam mengambil bagian untuk mengelola perusahaan sesuai dengan hak suara yang dimiliki, di mana hak suara itu ditentukan berdasarkan besar atau kecilnya saham yang dimiliki.

Maka dari itu jika anda ingin berkendali penuh maka miliki saham perusahaan dengan persentase paling besar, karena semakin besar persentase saham anda semakin besar pula hak suara yang anda miliki untuk mengontrol operasional perusahaan.

Berikut ciri khas dari saham biasa yaitu :

  • Hak suara dari pemegang saham yaitu dapat memilih dewan komisaris
  • Hak yang didahulukan jika organisasi penerbit menerbitkan sebuah saham baru
  • Tanggung jawab yang terbatas terhadap jumlah yang diberikan
  1. Jenis Saham Preferen Atau Preferred Stock

Preferred stock merupakan saham di mana pemiliknya memiliki hak lebih dibandingkan dengan pemilik saham biasa. Pemegang saham jenis ini memiliki hak suara lebih serta mendapat diveden lebih dulu dibandingkan dengan pemilik saham biasa seperti hak suara dalam pemilihan direksi.

Berikut beberapa ciri khas saham preferen yaitu :

  • Memiliki hak utama terhadap dividen
  • Memiliki hak utama terhadap aktiva perusahaan
  • Memiliki penghasilan yang tetap
  • Memiliki waktu yang tidak terbatas
  • Tidak mendapat hak suara

Itu dia jenis saham yang umum dikenal banyak orang, selanjutnya saya bahas cara mendapatkan saham

Cara Mendapat Keuntungan Dari Investasi Saham Syariah

  1. Karakteristik Dari Saham Syariah

Berikut prinsip Syariah dalam pasar modal serta mekanisme sesuai syariat yang diterapkan oleh emiten, ini dia karakteristik saham Syariah di pasar modal yaitu :

  • Sudah terdaftar indes Syariah,indeks tersebut merupakan ISSI (indeks saham Syariah Indonesia), JII (Jakarta Islamic index), JII70 (Jakarta Islamic index 70).
  • Melarang transaksi yang meragukan / gharar, spekulatif, serta judi salah satu margin trading.
  • Tidak mengandung unsur riba.
  • Transaksi pembelian atau penjualan saham tidak bisa dilakukan secara langsung untuk menghindari pemanipulasian harga.

Kenapa Kita Harus Pilih Syariah

Kenapa sih kita harus pilih Syariah? Mungkin itu yang selama ini anda pertanyakan sebelum memulai investasi, jadi alasan kenapa harus pilih Syariah karena saham ini telah mendapatkan lampu hijau dari MUI, sehingga saham serta apa yang kamu lakukan dapat dipastikan halal. Selain itu kamu juga membantu komunitas sesama muslim sesuai syariat.

Di samping lain saham Syariah relatif konsisten, menurut kepala pasar modal Syariah BEI Irwan Abdalloh, CNBC Indonesia pada tanggal 15 September 2019 yang mengatakan jika “saham Syariah memberikan return atau imbal hasil yang menguntungkan dibandingkan dengan sahan non-syariah”.

Irwan menambahkan jika kinerja long term ataupun short term dari saham Syariah begitu menguntungkan di pasar global. Bahkan kinerja dari long term ISSI menduduki peringkat tertinggi kedua di dunia dengan return 53,9 % sejak diterbitkan 2011 sampai Agustus 2019. Urutan pertama adalah Dow Jones Industrial Average (DJI) dengan jumlah return dengan nilai persentase 86,8 %.

Keuntungan Investasi Saham Syariah

Pernahkah anda menganggap remeh hasil dari saham Syariah ? jika anda memang sebelumnya pernah berpikiran seperti itu, asal anda tahu jika saham Syariah ini sudah terbukti memberikan kinerja yang baik. Selain itu masih banyak keuntungan dari investasi saham Syariah ini yaitu sebagai berikut :

  1. Keuntungan Saham Blue Chip

Saham Syariah merupakan salah satu kategori saham dalam sebuah perusahaan, selain itu jenis saham ini juga termasuk dalam kategori saham blue chip atau kata lainnya saham unggulan dengan kapitalisasi yang besar. Pada umumnya saham jenis blue chip ini merupakan saham yang cukup stabil sehingga cocok untuk investasi jangka Panjang, selain itu banyak juga saham Syariah yang masuk ke dalam daftar ISSI maupun LQ45.

  1. Keuntungan Modal Dan Dividen

Dalam hal keuntungan saham Syariah memiliki keuntungan yang sama seperti saham konvensional, di mana keuntungan berupa capital gain dan dividen. Capital gain ini diperoleh Ketika harga jual saham lebih tinggi dibandingkan harga beli saham, untuk dividen biasanya dibagikan oleh perusahaan yang telah berhasil dalam mencatat keuntungan setiap tahunnya. Meski tidak semua perusahaan yang mendapat keuntungan melakukan hal ini.

Memulai Investasi Saham Syariah Dengan Mudah

  1. Membuat Rekening Efek Syariah

Pastinya sebelum anda mulai berinvestasi saham Syariah anda harus membuka rekening saham Syariah terlebih dahulu, untuk membuka rekening saham Syariah ini anda bisa membukanya di perusahaan sekuritas. Tapi harus memilih perusahaan sekuritas yang memberi fasilitas Syariah.

  1. Daftar Saham Syariah

Untuk melihat referensi saham syariah anda bisa melihatnya di daftar efek Syariah yang telah diterbitkan oleh OJK, ISSI (saham Syariah Indonesia), JII (Jakarta Islamic index), JII70 (Jakarta Islamic index 70).

  1. Mempelajari Ilmu Saham

Sebelum memulai berinvestasi akan lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu ilmu analis, seperti fundamental dan teknikal. Analis fundamental yaitu mempelajari laporan keuangan perusahaan bagi anda yang mau mempelajarinya bisa mengunduh di laman BEI, hitung PER, pertumbuhan sektor industri di masa depan, cari informasi mengenai perkembangan perusahaan, serta aksi korporasi.

Untuk menghasilkan pengetahuan yang semakin mendasar anda harus meng kombinasikan antara teknikal dan juga pengetahuan analis fundamental. Kamu bisa menggunakan pengetahuan analis teknikal untuk memprediksi jika saham sedang dalam keadaan trend naik (uptrend) atau justru malah turun (downtrend) selain itu kamu juga digunakan untuk melihat data historis pergerakan saham.

Bagi anda yang baru memulai mungkin saya sarankan untuk belajar ilmu saham dari ellen may, ryan filbert, serta warren buffet.

Keuntungan berinvestasi di saham Syariah ini memang sangat menguntungkan, dalam investasi jenis ini tidak hanya untuk mengejar keuntungan uang semata melainkan juga keberkahan di jalan Allah serta membantu membangun perekonomian negara untuk ke depannya.

Itu dia cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham Syariah, jangan Lelah untuk terus belajar, tidak apa jika harus gagal berkali-kali karena yang terpenting adalah terus mencoba hingga mendapat hasil yang puas.

1 thought on “Cara Mendapatkan Keuntungan Dari Investasi Saham Syariah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *