Cara Mencari Jumlah Saham Beredar dan Kapitalisasi Pasar Sangar Mudah, Ini Dia Caranya!

Jika Anda ingin berinvestasi dan merasa bingung tentang bagaimana cara mencari jumlah saham beredar dan kapitalisasi pasar, maka kini sudah terdapat banyak situs web yang menyediakan informasi terkait hal tersebut. Anda pun tak perlu khawatir karena ternyata caranya sangat mudah.

Seperti yang kita tahu, perdagangan saham memang selalu ramai diperbincangkan dalam dunia bisnis terutama para trader. Setiap harinya, banyak orang selalu merasa tertarik untuk mulai investasi pada salah satu saham yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia).

Sebelum memulai investasi, tentu saja setiap orang harus paham dan mengetahui terlebih dahulu terkait data jumlah saham beredar dan juga kapitalisasi pasar.  Hal tersebut sangat berguna karena dalam berinvestasi tidak boleh dilakukan secara asal, Anda harus menentukan pilihan yang tepat terkait saham mana yang akan dibeli.

Inilah Cara Mencari Jumlah Saham Beredar dan Kapitalisasi Pasar

Cara untuk mendapat data jumlah sama yang beredar beserta kapitalisasi pasar di zaman sekarang ini sangatlah mudah. Semua informasi dapat dengan mudah didapatkan hanya dengan bermodal internet, dan ini dia caranya!

  1. Cara Mendapatkan Data Jumlah Saham Beredar

Data saham beredar di Indonesia sangat banyak, diantaranya ada ASSI, IDX, dan juga AALI. Dari sekian banyak saham tentu memiliki nilai yang berbeda, untuk dapat mengetahuinya maka dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Membuka Situs BEI

Tidak seperti zaman dahulu, mendapatkan data saham beredar sangatlah sulit dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengetahuinya. Namun kini setiap orang secara terbuka bisa dengan leluasa mendapatkan data saham dengan cara membuka situs resmi dari Bursa Efek Indonesia.

Dengan membuka situs BEI maka Anda dapat mengetahui data saham beredar secara lengkap, bahkan kini situsnya sudah berubah dari versi lama yakni lebih responsif terhadap pengunjung.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka situs resmi BEI yaitu pada halaman idx.co.id dan ikutilah langkah berikut ini:

  • Pada halaman utama pilih menu ‘Data Pasar’
  • Setelahnya pilih menu ‘Daftar Saham’
  • Kemudian pada kolom ‘Kode’ tulis kode perusahaan yang akan Anda cari. Misalnya ADHI
  • Langkah terakhir klik ‘cari’ dan kode saham, maka akan muncul tampilan data saham secara lengkap
  • Melihat Laporan Keuangan Perusahaan di BEI

Selain melihat langsung dari situs BEI, Anda juga bisa mendapatkan data saham dari laporan keuangan perusahaan yang bisa Anda dapatkan juga dari situs BEI. Caranya lakukanlah Langkah berikut ini:

  • Buka situs idx.co.id lalu pilih menu ‘Perusahaan Tercatat’
  • Pilih ‘Laporan Keuangan’ dan ketik kode/ nama perusahaan di kolom yang tersedia
  • Selanjutnya klik ‘Cari’ dan data saham yang Anda butuhkan akan muncul
  1. Cara Mendapatkan Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi pasar merupakan nilai dari suatu saham beredar pada perusahaan. Nilai perusahaan tidaklah sama dengan nilai asetnya. Dengan demikian kapitalisasi pasar suatu perusahaan tidaklah menggambarkan nilai aset dari perusahaan tersebut. Sangat memungkinkan jika kapitalisasi pasar nilainya lebih besar ataupun lebih kecil dari nilai aset suatu perusahaan.

Bukan hanya bagi para investor, nilai kapitalisasi pasar sangat penting khususnya bagi perusahaan besar dimana nilai kapitalisasi pasti akan menjadi cerminan nilai total perusahaan secara keseluruhan. Dengan demikian, semakin besar kapitalisasi pasar pada perusahaan maka akan semakin mahal dan dihargai oleh pasar.

Hal yang harus Anda pahami sebelum mengetahui cara mendapatkan nilai kapitalisasi pasar yaitu bahwa nilai kapitalisasi pasar suatu perusahaan akan terus mengalami perubahan. Dalam beberapa waktu, nilainya bisa naik dan juga bisa turun secara drastis. Di Bursa Efek Indonesia bahkan terdapat sekitar 500 saham lebih yang memiliki bilai kapitalisasi berbeda dan dapat berubah setiap waktunya.

Mencari kapitalisasi pasar sebenarnya dapat langsung Anda lakukan saat mencari data saham beredar karena tentu saja data saham beredar beserta kapitalisasi pasar menjadi satu kesatuan. Dan ini dia caranya:

  • Menghitung Secara Manual

Mengetahui kapitalisasi pasar ternyata dapat dihitung secara manual. Rumus yang bisa Anda gunakan yaitu harga saham x jumlah saham yang beredar. Berikut contoh perhitungan kapitalisasi pasar:

  • Diketahui:

Jumlah saham beredar = 1.000.000.000

Harga saham = Rp. 4000

  • Jawaban:

Kapitalisasi pasar = harga saham x jumlah saham beredar

Maka didapatkan kapitalisasi pasar =  Rp. 4000 x 1.000.000.000 = Rp. 4.000.000.000.000 (Rp. 4 triliun)

  • Membuka Situs Web

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menghitung kapitalisasi pasar secara manual menggunakan rumus, maka datanya dapat Anda lihat langsung pada sebuah situs web. Kini sudah banyak situs web yang menyediakan data kapitalisasi pasar dengan lengkap. Salah satunya Anda bisa membuka situs Idnfinancials.

Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka situs Idnfinancials.com
  • Pilih bahasa Indonesia untuk memudahkan mencari data saham yang akan dilihat
  • Pilih menu ‘Perusahaan’ dan sektor yang ingin Anda lihat kapitalisasi pasarnya.

Manfaat Mengetahui Data Jumlah Saham Beredar Beserta Kapitalisasi Pasar

Mengetahui cara mendapatkan data saham beredar beserta kapitalisasi pasar tentu sangat bermanfaat. Manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mempermudah para trader dan investor untuk menganalisa keuntungan maupun kerugian
  2. Setiap orang dapat mengetahui market capitalization atau kapitalisasi pasar dari suatu perusahaan yang ada di bursa saham
  3. Dapat menghitung harga saham secara wajar
  4. Dapat membuat perbandingan berbagai saham di Indonesia
  5. Setiap orang secara terbuka dapat memperkirakan resiko, ataupun keuntungan

Dalam perdagangan saham, data jumlah saham dan kapitalisasi pasar memiliki kekuatan yang secara khusus mampu memberikan pengaruh terhadap minat para investor yang kemudian akan dijadikannya sebagai instrumen portofolionya. Biasanya para investor konservatif akan lebih condong untuk memilih saham blue chip yang dirasanya lebih aman.

Saat nilai kapitalisasi pasar suatu perusahaan sangat kecil, biasanya para investor tidak akan tertarik pada saham tersebut. Namun saat kapitalisasi pasar bernilai sangat besar maka para investor akan terpikat seakan berebut untuk bisa mendapatkan saham tersebut.

Kecenderungan tersebut sangat wajar dalam perdagangan saham. Jika Anda seorang investor pemula maka tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan nilai kapitalisasi pasar yang tidak terlalu besar. Perusahaan pengelola dana atau yang disebut dengan fund manager pun bahkan selalu membuat pertimbangan terkait besaran nilai kapitalisasi pasar pada setiap saham yang akan dimasukannya pada portofolionya.

Data jumlah saham dan kapitalisasi pasar memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kelancaran suatu bisnis. Bukan hanya bagi Anda yang ingin berinvestasi, namun setiap elemen pemegang kekuasaan maupun pengelola dana suatu perusahaan pun sangat membutuhkan data jumlah saham dan juga kapitalisasi pasar.

Setelah mengetahui cara mencari jumlah saham beredar dan kapitalisasi pasar yang ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan, maka sungguh disayangkan jika Anda yang masih asal dalam berinvestasi dan memilih suatu saham. Hal ini pun harus menjadi perhatian khusus bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi dan memiliki pengetahuan tentang saham yang masih minim.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *