Tips dan Cara Memilih Saham Yang Baik

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan, dalam memilih saham kamu bisa mengikuti sejumlah tips dan cara memilih saham yang baik. Tentu saja akan menjadi informasi utama dalam kesempatan kali ini. Mengapa harus memilih saham terbaik? Karena memang dengan begitu kamu akan terhindar dari kerugian.

Perlu diketahui terlebih dahulu, jika memang melakukan invetasi saham merupakan investasi yang sangat berbeda dengan jenis investasi lainnya. Jika memang kamu berniat melakukan investasi saham, maka memahami bagaimana cara kerja, mekanisme dan juga pergerakannya menjadi keharusan.

Sejumlah Tips dan Cara Memilih Saham Yang Baik

  1. Berdasarkan analisis teknikal

Teknik yang satu ini tidak akan mungkin pernah bisa lepas dari yang namanya saham. Para pemilik saham dan yang telah lakukan investasi saham diperusahaan tertentu, pasti akan memahami apa itu analisis teknikal. Sederhanaya analisis teknikal ini bisa dikatakan sebagai penggunaan data historis.

Maksudnya adalah data historis mengenai perubahan harga dari saham. Volume perdagangan, dan juga sejumlah indicator pasar yang lainnya. Analisis teknikal ini biasanya digunakan untuk bursa saham, komoditas, atau pasar lain yang memang dipengaruhi oleh permintaan dan juga penawaran.

Dengan menggunakan analisis teknikal, proses pemilihan saham bisa lebih mudah, dan juga terarah. Maka inilah tips dan cara memilih saham yang baik berdasarkan analisis teknikal.

  • Pilihlah saham dengan arah chart dominannya berkisar >45.
  • Jangan pernah memilih saham yang nilai sidewaysnya 80%.
  • Pastikan jika kamu hanya memilih saham yang memiliki tingkat volatilitas tinggi dan juga secara liquid saham tersebut dipasarkan disetiap harinya.
  • Pilihlah yang memiliki jumlah lot cukup banyak, hal tersebut nantinya akan mempengaruhi harga saham tersebut dan juga agar tidak mudah dipermainkan.
  • Hanya jatuhkan pilihan pada perusahaan yang mempunyai jumlah saham yang beredar luas atau cukup banyak dipasaran.
  • Pilih saham yang memang memiliki floating share kepemilikan emitennya tidak lebih dari 40%.
  1. Berdasarkan teknik fundamental

Selanjutnya masih ada tips yang bisa dilakukan dengan menggunakan teknik yang satu ini. Teknik fundamental bisa diartikan sebagai analisis mendasar untuk kemudian bisa menggali informasi meliputi kondisi ekonomi, industri secara keseluruhan, dna juga tentunya perihal kondisi perusahaan.

Untuk bisa memilih saham yang baik dengan menggunakan metode ini, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan terlebih dahulu, jika memang kamu sudah berhasil menjaring saham-saham yang memang diperkirakan mempunyai kekayaan. Dengan begitu kamu bisa berhasil memilih saham terbaik.

Langkah top – down maupun juga buttom-up bisa menjadi dua pilihan langkah yang bsia kamu pilih, tentunya ketika menggunakan Teknik yang satu ini untuk memilih saham terbaik. Di bawah ini disediakan sejumlah tipsnya, kamu bisa langsung mengikutinya.

  • Pilih saham yang memiliki PER yang rata-ratanya tidak jauh berbeda.
  • Pilih saham yang menjadi market leader.
  • Hanya pilihlah perusahaan yang memang konsisten dalam meningkatkan laba atau juga bisa dikatakan saham dari kuartal ke kuartal.
  • Pilihlah saham yang memiliki kapitaslisasi pasar sekitar >500 miliar.
  • Pilih emiten yang memiliki modal bisnis yang cukup baik dan juga jelas
  • Pilihlah perusahaan yang tidak memiliki jumlah utang lebih besar dari DER nya.

Cara Mudah Membaca Grafik Saham

Bermain saham, tentu tidak hanya selalu melulu perihal menanamkan saham kepada perusahaan dan kemudian menunggu hasilnya. Kaerna memang selaku pemilik saham, kamu harus dapat membaca grafik saham yang ada. Untuk kemudian bisa membantu kamu membaca grafik saham, di bawah ini telah disediakan informasinya.

  1. Candlestick

Kunci membaca grafik saham yang satu ini sangat tepat sekali jika dipilih dan kemudian digunakan oleh kamu, yang memang ingin mampu menganalisa grafik teknikal saham. Bisa dikatakan jika candlestick ini merupakan bagian pertama yang memang harus dipahami oleh kamu semua selaku orang yang bermain saham.

Inti dari candlestick ini adalah sejumlah pola yang memang ada dan juga termuat didalamnya. Pola-pola tersebutlah yang kemudian bisa memberikan sinyal kepada kamu yang memilihnya. Dari sanalah bisa dicerna apakah saham yang kamu tanamkan bergerak uptrend jangka pendek atau bahkan koreksi.

  1. momentum

Selanjutnya ada pilihan grafik yang satu ini, kamu juga bsia mempelarinya agar mampu membaca grafik yang ada. Grafik momentum ini, sudah tentu tidak bsia jauh dari yang Namanya.maka momentum akan sangat berkaitan dengan grafik saham yang satu ini. Momentum tersebut bisa diketahui, dari sejumlah indicator leading, seperti stochastic, RSI dan lain sebeagainya.

Money flow juga menjadi bagian didalamnya. Dalam grafik, momentum memang memiliki peranan yang sangat penting untuk trader. Karena memang dari pergerakan candle dan tren yang memang terbentuk sejumlah indicator momentum, hal tersebut bisa membantu menentukan saham sudah waktunya di jual atau dibeli.

  1. tren

Tren bisa diartikan sebagai cara untuk kemudian bisa menentukan apakah saham yang ada, sudah termasuk dalam tren naik atau malah turun, atau bahkan sideways. Dalam tren bisa digunakan berbgaai macam cara, untuk kemudian bisa menganalisa bagaimana kondisi saham.

Untuk kemudian bisa mengetahuinya, kamu bisa menggunaakn bantuan dari indicator MA (moving average). Dengan Analisa tren yang dilakukan tersebut, pada dasarnya kamu juga tengah menentukan arah pergerakan tren dan juga potensi arah selanjutnya yang bisa kamu lakukan.

  1. Time frame

Bagian terakhir yang mampu menjadi kunci ketika kamu ingin memahami bagaimama caranya membaca grafik saham adalah yang satu ini. Grafik saham memang bisa dikatakan tidak akan pernah bisa lepas dari bagian yang satu ini. Time frame memegang peranan yang cukup penting, untuk kemudian bisa menjadikan kamu mampu membaca grafik saham yang ada.

Dari time frame ini bahkan dikatakan sangat menentukan sinyal, tren titik support-resisten yang memang dihasilkan pada sebuah chart tertentu. Dalam membaca graifk, agaknya kamu harus mau dan juga mampu memahami konsep time frame yang ada, agar nantinya kamu tidak akan merasa bingung bahkan kesulitan.

Dua Jenis Keuntuangn Dari Membeli Saham

  1. Dividen

Sebagai pembeli saham, investor juga bsia mengontrol dividen. Dividen merupakan keuntungan perusahaan yang memang dibagikan kepada pemegang saham. Nantinya keuntunagn tersebut akkan dibagikan kepada pemegang saham RUPS, dan bsiasnaya juga dividen ini akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

  1. Capital gain

Tidak hanya dividen, capital gain juga menjadi keuntungan selanjutnya yang bisa didapatkan. Capital gain ini merupakan selisih antara harga beli dan juga harga jual dari saham. Mengaap bisa terjadi selisih? Itu memang karena terjadi atau munculnya fluktuasi antara supplt dan juga demand dari saham itu sendiri.

Pada biasanya pembeli saham yang mengambil keuntungan jangka pendek, akan menggunakan Teknik analisis chart pada capital gain ini. Sedangkan yang berorientasi jangka panjang, biasanya akan melakukan seleksi perihal emiten manakah yang memiliki potensi yang menarik.

Itulah informasi perihal tips dan cara memilih saham yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *