Anda Pecinta Emas? Kenali Tips Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Saat Hendak Berinvestasi

Tips cara membedakan emas asli dan palsu saat hendak berinvestasi wajib dikenali oleh para pecinta emas. Berinvestasi emas menjadi pilihan yang lebih diminati oleh masyarakat Indonesia daripada berinvestasi saham.

Pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap investasi emas juga lebih baik, ketimbang pengetahuan mengenai investasi saham.

Namun, hal itu dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mengedarkan emas palsu agar mendapatkan keuntungan besar. Seiring berjalannya waktu, oknum-oknum tersebut semakin ahli membuat emas palsu yang menyerupai emas asli, sehingga perbedaannya sangat sulit terlihat dan mengakibatkan kasus penipuan semakin meningkat.

TIPS CARA MEMBEDAKAN EMAS ASLI DAN PALSU SAAT HENDAK BERINVESTASI AGAR TIDAK TERTIPU DAN RUGI

Emas bukan hanya menjadi barang yang diinvestasikan, tetapi juga bisa menjadi salah satu trend fashion, terutama di kalangan ibu-ibu sosialita. Berbeda dengan saham, emas bisa digunakan oleh pemiliknya dalam bentuk cicin, kalung, anting, dan sebagainya untuk mempercantik diri, serta sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan status sosial.

Meski begitu, banyak ibu-ibu sosialita yang belum menyadari bahwa emas yang digunakannya bisa saja palsu atau imitasi. Tidak semua penggemar emas dapat mengenali emas asli ataupun emas palsu, diperlukan pengetahuan lebih untuk bisa mengetahui keaslian dari emas yang ingin dibeli tersebut.

Berikut beberapa tips untuk membedakan mana emas asli dan emas yang palsu :

  1. Memperhatikan langsung fisiknya, jangan membeli emas pada penjual yang hanya menunjukkan gambarnya saja.

Kemunculan online shop dan e-commerce juga membuat penjual emas menjadi lebih mudah menjangkau pasarnya. Namun, hal tersebut membuat pembeli wajib waspada, karena penjual emas yang tidak memiliki brand atau nama toko terkenal dan terpercaya, biasanya hanya memberikan sebatas gambar, sehingga calon pembeli tidak bisa mengenali fisiknya secara langsung.

Emas yang asli memiliki ciri-ciri, yaitu terdapat sebuah cap sebagai tanda dari kadar emas tersebut. Fineness adalah satuan dari kadar emas (1-999 atau 0.1-0.999), untuk yang biasa dikenal dengan satu karat, dalam angka 1-999 atau 0.1-0999), untuk yang biasa dikenal dengan satuan karat, dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

  1. Mengidentifikasi dengan baik dan benar mengenai warnanya

Cara kedua ini terbilang cukup mudah, pembeli cukup menggosok permukaan emas menggunakan jari telunjuk atau telapak tangan untuk melihat perubahannya, apabila terjadi perubahan warna yang menjadi pudar atau tidak sama dengan emas lainnya, maka dengan kemungkinan besar emas tersebut memang palsu.

  1. Menggigit Emas

Membedakan emas dengan cara digigit terbilang cukup aneh dan unik, bahkan tidak semua orang akan melakukan ini. Namun, cara ini memang bisa membuktikan keaslian dari emas yang ingin di beli.

Semakin tinggi kadar karat dari sebuah emas, maka semakin lebih banyak juga emasnya, karena emas merupakan sebuah logam mulia yang mudah sekali dirubah-rubah bentuknya atau bisa dibilang lunak.

Saat pembeli mengigit emas tersebut, apabila bekas gigitannya ada, maka kemungkinan emas tersebut memang asli. Namun, jika emas yang digigit cukup keras dan tidak meninggalkan bekas, maka emas itu kemungkinan besar adalah palsu.

Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memiliki banyak akal untuk membuat cara ini menjadi alternatif yang gagal untuk membedakan emas asli atau palsu. Mereka bisa saja menggunakan bahan timah yang juga merupakan golongan logam lunak. Maka pembeli tetap harus berhati-hati dan tidak mudah percaya.

  1. Mendekatkan emas dengan magnet

Emas memiliki sifat non magnetis, jadi apabila pembeli mendekatkan emas dengan magnet, maka emas tidak seharusnya menempel atau saling tarik menarik dengan magnet.

  1. Melakukan pengujian menggunakan keramik atau kertas

Keramik dan kertas diklaim bisa menjadi kedua benda yang digunakan untuk membuktikan keaslian dari emas. Caranya, cukup menggoreskan emas tersebut ke keramik atau kertas untuk melihat apakah akan muncul warna hitam atau tidak. Jika muncul warna hitam, berarti emas tersebut adalah palsu, tapi jika sebaliknya maka emas tersebut adalah asli.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa cara yang digunakan ini memiliki resiko merusak emas. Jadi, pembeli harus berhati-hati saat membeli dan melakukan pengujian menggunakan cara ini, nanti kalau emasnya rusak bisa disuruh ganti rugi oleh penjualnya.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BERINVESTASI EMAS

Setiap investasi memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi seperti saham atau emas, calon investor harus mempertimbangkan apa saja keuntungan yang bisa didapatkannya dan kerugian yang harus ditanggungnya nanti.

Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh orang saat berinvestasi emas :

Mudah dicairkan

Waktu yang digunakan untuk mencairkan emas relatif sedikit, proses pencairannya pun juga mudah. Terdapat beberapa cara untuk melakukan investasi emas, seperti menyimpan tabungan emas pada bank tertentu. Namun, ada juga orang yang memilih menyimpan emasnya di rumah.

Berinvestasi emas secara mandiri membuat pemilik akan mendapatkan kemudahan saat menjual emasnya untuk ditukar dengan uang tunai. Hanya dengan mendatangi toko emas yang menjadi tempat membeli emas saat itu, membawa surat-surat resmi pembeliannya, lalu menghitung harga yang sesuai, maka pemilik bisa langsung mendapatkan uang tunainya.

Ketika pemilik memiliki penghasilan lebih kembali, emas yang dijual juga bisa dibeli kembali atau di upgrade ke gram yang lebih besar dan model yang lebih baru (bagi orang yang berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan)

Sedangkan untuk kerugian saat berinvestasi emas, adalah sebagai berikut :

Tingginya resiko kehilangan

Emas merupakan barang berharga setiap orang, khususnya orang yang memang memiliki hobi mengumpulkan emas sebagai bentuk nilai kekayaan. Beberapa orang memilih untuk berinvestasi emas secara mandiri, artinya menyimpan sendiri emasnya di rumah.

Hal tersebut membuat resiko kehilangan barang menjadi lebih tinggi, apalagi kalau orang tersebut suka menggunakan emas di tempat umum, sehingga mencuri perhatian orang lain yang ingin berniat jahat untuk mendapatkan harta.

Baik jika digunakan untuk investasi jangka panjang

Setiap tujuan dari investasi adalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam waktu yang relatif singkat. Namun, berinvestasi emas bukan menjadi solusi untuk mendapatkan keinginan tersebut.

Hal itu dikarenakan harga emas naik cenderung membutuhkan proses yang cukup lama. Semakin emas itu disimpan bertahun-tahun dan dijual maka biasanya akan memiliki harga yang cukup tinggi.

Berbeda dengan emas yang hanya dibeli beberapa hari atau bulan, maka keuntungan yang didapatkan tidak sebesar menjual emas yang disimpan bertahun-tahun.

Berinvestasi adalah hal yang sebaiknya dilakukan, agar setiap orang memiliki tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu, terutama ketika ada keperluan mendesak. Salah satu investasi dengan proses pencairan dana yang cepat adalah emas, namun perlu diperhatikan agar tidak mudah tertipu mengenai tips cara membedakan emas asli dan palsu saat hendak berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *