Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Sebelum Membeli Saham

Tips cara membaca laporan keuangan perusahaan sebelum membeli saham, banyak beredar di internet atau bisa juga ditemukan di toko-toko buku terdekat pada barisan buku dalam kategori finance. Seorang investor, wajib mengetahui cara membaca laporan keuangan untuk mengetahui performa kinerja perusahaan yang akan dipilih olehnya sebelum memutuskan membeli saham yang ada di perusahaan tersebut. Adapun didalam laporannya, menjelaskan perincian kegiatan perusahaan yang dilakukan secara aktif maupun pasif.

Tips Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Sebelum Membeli Saham

Laporan keuangan termasuk hal paling mendasar yang didalamnya memiliki pengaruh besar terhadap keberlangsungan kemajuan suatu perusahaan dan keuntungan bagi para investornya. Penjelasan mengenai laporan keuangan, laporan keuangan adalah kumpulan catatan yang menginformasikan kegiatan perekonomian yang berlangsung dalam sebuah perusahaan berdasakan rentang waktu yang telah ditetapkan. Biasanya, periode yang diperlukan oleh perusahaan dalam menerbitkan laporannya yakni berkisar 3 bulan sekali dalam kurun waktu satu tahun.

Tentu saja, hasilnya telah melalui proses audit terlebih dahulu sebelum diberitahukan ke pasar saham. Supaya lebih mudah, pembacaan laporan keuangan perlu dilakukan secara kontinyu atau berulang agar terbiasa melihat serangkaian deretan angka yang tertera. Laporan ini, umumnya didapatkan melalui situs BEI atau Bursa Efek Indonesia yang datanya akan selalu  diupdate sesuai dengan nilai indeks saham yang terbaru.

Tahapan awal yang perlu dilakukan, yaitu membuka laman web situs idx , kemudian masuk ke bagian daftar perusahaan. Selanjutnya, klik tulisan laporan keuangan, pilih saham dan ketikkan kode emiten yang hendak dicari atau bisa juga menggunakan nama perusahaannya. Lalu, klik periode serta tahun laporan yang ingin diketahui sesuai kebutuhan.

Jika cara diatas tidak berhasil, alternatif lainnya dapat dilakukan dengan memilih menu berita. Berikutnya pilih pengumuman, kemudian tuliskan laporan keuangan (diisi dengan kode emiten yang diinginkan). Terakhir, tinggal klik pencarian.

Tips membaca laporan keuangan kali ini, dibagikan oleh Direktur yang berasal dari Avere Investama bernama Teguh Hidayat. Beliau menerangkan poin-poin penting yang perlu diperhatikan ketika seseorang hendak mempelajari laporan keuangan. Perusahaan dapat dikategorikan bagus saat nilai laba bersih serta ekuitas yang dimilikinya mengalami peningkatan.

Selanjutnya, ROE atau kepanjangan dari Return on Equity harus berada dalam persentase 15%. Cara perhitungannya leba bersih perusahaan selama kurun waktu satu tahun dibagi dengan nilai total ekuitas perusahaan lalu dikalikan dengan 100%. Perlu dipastikan juga apakah perusahaan tersebut selalu membayar dividen dalam range 30 hingga 40% pertahunnya.

Poin berikutnya dilihat dari seberapa besar nominal hutang yang dimiliki oleh perusahaan. Jika nilainya kecil atau paling tingginya memiliki nilai yang setara dengan ekuitas, maka perusahaan masih terbilang aman. Ada juga obligasi perusahaan haruslah berada dalam angka yang kecil.

Saldo dari laba perusahaan perlu bernilai positif, sehingga jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan keseluruhan angka modal yang disetorkan oleh perusahaan. Memiliki ATO dalam jumlah besar atau istilahnya Asset Turn Over. Laba perusahaan dapat dikatakan ideal jika memenuhi tanggungan pajak sebesar 25% saja, dari keseluruhan laba usaha yang dimiliki perusahaan.

Perhatikan juga dibagian perjalanan aktivitas kas opersional, jika angka yang diberikan tidaklah berbeda jauh dari laporan terkait laba ruginya informasi catatan keuangan tersebut benar adanya. Hindari perusahaan yang memberitahukan laporan antara laba rugi dengan angka kasnya sama, karena bisa saja catatan tersebut bersifat palsu atau sekedar memenuhi syarat di pasar saham. Lihat laporan yang diberikan oleh seorang auditor pada bagian halaman paling depan, jika terlihat kata wajar tanpa adanya pengecualian, sudah dapat dipastikan perusahaan memiliki resiko kerugian kecil jika ada investor yang ingin membeli sahamnya.

Step by Step dalam Memahami Laporan Keuangan Perusahaan

Catatan aliran kas perusahaan

Setiap peruasahaan pasti sering melakukan transaksi dimana datanya akan tersimpan dalam bentuk pembukuan sebuah laporan keuangan. Baik pemasukan ataupun pengeluaran, semuanya dicatat beserta keterangan pemanfaatannya. Sebagai contoh, kegiatan pembayaran pajak, pembelian aset kekayaan perusahaan, biaya untuk memberikan gaji terhadap para karyawan di perusahaan, dan lain sebagainya.

Aliran dana yang real sesuai dengan kalkulasi atau perhitungan hasil akhir yang dilaporkan dalam laporan keuangan perusahaan, menyatakan bahwa perusahaan sudah terbiasa menerima investor dan mampu mempertahankan kepercayaan kepada para pemilik saham perusahaan tersebut. Selain itu, pihak perusahaan juga berarti menggunakan sistem transparansi tanpa kecuali. Artinya, tidak terlalu banyak hal yang ditutupi karena perusahaan juga berhak menjaga rahasia yang dimilikinya.

Informasi neraca keuangan milik perusahaan

Neraca memiliki arti yaitu timbangan. Seorang investor perlu melakukan pertimbangan keputusan secara matang apalagi jika berkaitan dengan pembelian saham suatu perusahaan. Sedangkan laporan neraca keuangan, menjelaskan berbagai macam kegiatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tertentu dalam kurun waktu satu tahun.

Mulai dari permasalahan hutang piutang, kelancaran aset perusahaan, dan masih banyak hal lain yang diberitahukan di dalamnya. Perusahaan dalam kategori baik, pastinya memiliki neraca finansial yang stabil atau tidak terlalu berat sebelah. Pasalnya, laporan jenis ini akan sangat mempengaruhi nilai saham perusahaan yang berlaku di pasar saham.

Catatan laba rugi perusahaan

Catatan satu ini, memberitahukan kepada para investor mengenai kinerja perusahaan yang berjalan baik atau justru mengalami penurunan. Dalam kata lain, selama jangka waktu tertentu perusahaan berhasil mendapatkan posisi yang beruntung atau merugi. Kenali juga faktor yang mempengaruhi kedua posisi tersebut.

Semisal perusahaan dapat dikatakan untung, maka pelajari apa penyebab atau faktor yang ada dibalik kesuksesan maupun kejatuhan nilai saham perusahaan. Siapa tahu, nilai perusahaan yang tadinya tinggi tiba-tiba langsung menurun dan begitu pula sebaliknya. Cara mudah untuk mengetahuinya bisa melakukan perhitungan rasio kemungkinan untung yang didapatkan oleh perusahaan melalui earning per share, return of investment dan lain sebagainya.

Current ratio milik perusahan

Perumusan dalam perhitungan current ratio, tidaklah sulit. Investor hanya perlu melihat angka total dari keseluruhan aliran aset perusahaan dibagi dengan total hutang atau bisa juga dengan libilitas perusahaan. Nilai jumlah aset ini, sebaiknya memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan jumlah hutangnya.

Kalau investor melihat ada ketimpangan atau nilai asetnya justru lebih rendah, jangan pilih perusahaan tersebut. Itu artinya, perusahaan tidak sanggup membayar hutang sesuai dengan tanggal atau tempo yang telah disepakati sebelumnya. Bisa saja kedepannya pembayaran deviasi juga ikut terhambat atau malah terancam tidak dibayarkan.

Besarnya net income margin perusahaan

Kalau rumus yang satu ini, jumlah laba bersih perusahaan dibagi dengan jumlah pemasukan atau pengeluaran, lalu dikali dengan angka 100%. Hasil perhitungan yang diperoleh, nantinya disesuaikan nilai yang ada di pendapatan milik perusahaan. Range margin yang baik haruslah berada di angka 20% atau lebih.

Jenis perusahaan pendistribusian barang, margin baiknya berada di rentang 10% keatas. Sedangkan persentase 20% seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berlaku untuk jenis perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Kalau kurang dari persentase tersebut, sebaiknya segera pilih perusahaan lainnya saja.

Itulah beberapa poin dan cara yang bisa diterapkan dalam tips cara membaca laporan keuangan perusahaan sebelum membeli saham di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. See you later!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *