Cara Memanfaatkan Profit Saham Dari Stock Split

Cara memanfaatkan profit saham dari stock split ini, memberikan banyak kesempatan kepada para investor untuk memiliki suatu saham dengan harga miring. Akan tetapi, nilai saham yang terlalu tinggi juga ternyata belum tentu selalu memberikan hal yang baik, apalagi untuk model perusahaan yang bersifat go public. Mereka akan terdorong untuk menerapkan sistem stock split dalam menghindari kekentalan harga saham di pasaran yang membuat proses pencairan dividen semakin sulit terutama bagi para investor yang sebelumnya sudah melakukan transaksi dengan modal yang besar.

Cara Memanfaatkan Profit Saham dari Stock Split untuk Investor Pemula!

Buat investor pemula yang masih bingung apa itu pengertian dari stock split? Stock split merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan dalam memecah harga saham yang tadinya bernilai tinggi di pasaran menjadi nominal yang lebih rendah. Sama halnya seperti membagi satu lembar uang Rp100.000,- menjadi beberapa lembar rupiah dalam pecahan Rp 25.000,-. Tapi, untuk melaksanakan model stock split tersebut, perlu ada kesepakatan yang terjalin diantara kedua belah pihak.

Pihak yang dimaksud disini, yaitu perusahaan terkait bersama dengan para investor yang memang sebelumnya telah bergabung sebelum diputuskannya kegiatan stock spilt. Kata mufakat, didapatkan melalui pengadaan sebuah rapat yang dihadiri oleh seluruh pemegang saham atau bisa juga disebut sebagai rapat umum pemegang saham. Kegiatan stock split, umumnya bermanfaat dalam menarik banyak investor lainnya supaya mereka merasakan bagaimana nikmatnya memiliki saham di perusahaan berkinerja bagus, dengan penawaran harga yang lebih terjangkau.

Hal ini sangat membantu meningkatkan semangat investor-investor tingkat pemula, terutama dalam bidang saham. Tanpa disadari, mereka akan lebih giat dalam mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan saham hingga pengaplikasian yang tepat dari ilmu yang telah didapatkannya. Jadi, meskipun stock split terlihat tidak mudah dilaksanakan apalagi tenggat waktu pelaksanannya yang sangat terbatas, investor tetap memiliki jumlah saham dalam satu kesatuan yang utuh dengan jumlah lembaran yang meningkat tanpa membuat rugi investor lain yang telah membeli saham berdasarkan ketetapan nominal yang sesungguhnya.

Tidak sampai disitu saja, di masa mendatang saham yang telah Anda miliki, dapat dijual kembali ke pasaran dengan harga yang tinggi dibandingkan dengan harga saat Anda membelinya. Apalagi jika sudah terbukti perusahaan tersebut memiliki kualifikasi yang bagus di pasar saham, baik secara finansial maupun kinerjanya. Tentu ketika akan dijual ke pasar, banyak orang yang tertarik dan memang menunggu-nunggu ada seseorang yang akhirnya melepaskan kepemilikan sahamnya.

Bisa dibilang sistem stock split hampir tidak memiliki celah atau kekurangan didalamnya, malahan membawa keuntungan bagi kedua belah pihak yang bersangkutan. Tapi, kelemahannya berlaku untuk saham yang berada di tingkat tiga yang kualitasnya sering dikatakan sebagai saham gorengan. Pasalnya, saham lapisan tiga tingkat kekentalan harganya sangat tinggi dibandingkan dengan likuiditasnya.

Oleh karena itu, investor yang cerdas pastinya lebih memilih mengeluarkan modal yang lebih besar namun perusahaannya sudah terlihat kualitasnya, dibandingkan membeli saham di kondisi normal dengan harga murah tapi seringkali mengalami penurunan harga. Parahnya lagi, model lapisan tiga yang sempat meningkat tajam nilainya di pasaran, bisa secara tiba-tiba turun drastis dan kesulitan untuk memposisikan dirinya kembali ke rentang aman. Bahkan terkadang juga jauh dari angka normal yang seharusnya ditempati olehnya, supaya investor tidak terlalu merugi.

Beberapa Profit yang Diperoleh Saat Membeli Saham dari Stock Split

  1. Harga lebih bersahabat

Saham-saham yang ditawarkan oleh perusahaan kelas kakap, umumnya perlu dibayarkan dalam nominal yang besar atau setidaknya sekitar 10 juta keatas. Angka ini tentu menyulitkan para investor muda yang seringkali memiliki kemampuan finansial yang sangat terbatas. Padahal, mereka menyadari betul bahwa cara tercepat untuk sukses dalam dunia berinvestasi membutuhkan kepemilikan saham dari perusahaan yang tergolong kedalam lapisan satu.

Perusahaan-perusahaan yang bersifat go public, umumnya dibagi menjadi 3 kategori. Mulai dari lapisan satu, lapisan dua sampai dengan lapisan tiga. Lapisan satu atau kelas kakap ini memiliki nilai yang sangat stabil di pasaran saham, lapisan dua memiliki pertahanan yang terbilang cukup kuat, lalu selanjutnya disusul oleh lapisan tiga yang harganya sangat murah tapi resiko kerugian yang didapatkan juga besar.

Salah satu cara terhindar dari pemilihan lapisan tiga ini, menunggu informasi dari perusahaan yang ada dalam lapisan satu menampilkan stock split. Normalnya, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para investor muda untuk setidaknya mampu membeli 1 lot yang didalamnya bernilai 100 lembar dengan harga yang murah. Alasannya, supaya nilai saham yang tadinya sangat tinggi, dapat dengan mudah dilikuditaskan dengan harapan keuntungan yang berlipat ganda.

  1. Mudah cairnya

Ada kalanya perusahaan berada di puncak pasar saham yang membuat harga sahamnya sangat mahal. Seiring meningkatnya nilai saham ini, maka tinggi juga kekentalan yang akan dirasakan oleh pihak yang bersangkutan. Tidak hanya investor saja yang nantinya terkena dampak dari volatilitas tersebut, perusahaan juga akan ikut merasakannya.

Stock split menjadi alternatif bagi perusahaan yang mengalami permasalahan seperti diatas. Selain membangung hubungan yang baik bersama investor, sistem ini mampu membuat keuntungan menjadi lebih cair dibandingkan hanya dengan mengandalkan sistem konvensional. Dapat diartikan begini, jika seharusnya keuntungan dari 1 lembarnya adalah sebesar 10 persen, maka semakin tinggi persentasenya jumlah uang yang diperoleh akan semakin banyak jauh melebihi angka dari modal yang telah dikeluarkan.

  1. Nilai deviden semakin meningkat

Keuntungan di dunia saham dikenal dengan istilah deviden. Deviden ini, diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi serta hak yang memang harus diberikan kepada para investor karena turut berkontribusi dalam kelancaran kinerja suatu perusahaan. Stock split menawarkan kelebihan yang tidak bisa didapatkan ketika lembaran saham yang ada tidak diperbanyak atau masih dalam kondisi normal.

Anggaplah Anda memiliki 1 lembar saham dengan nilai Rp5.000,-. Maka, secara otomatis jika ada peningkatan persen deviden sebesar 100% uang yang didapatkan menjadi Rp 5.100,-. Berbeda dalam keadaan normal yang nilai 1 lembarnya adalah Rp 50.000,-, kemungkinan bertambahnya tidak terlalu tinggi menjadi Rp 50.100,- yang tentunya jauh berbeda nominal untungnya dengan yang harga saham 1 lembarnya hanya Rp 5.000,- padahal persentase peningkatannya serupa.

  1. Tergabung dengan para investor sukses lainnya

Menjadi investor, tidak hanya bermanfaat dalam masalah finansial saja. Secara tidak langsung ruang lingkup sosialiasi atau pergaulan Anda ikut berubah bersamaan dengan kegiatan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari . Link pertemanan menjadi semakin luas apalagi jika ternyata saham yang dimiliki berasal dari perusahaan di jajaran tingkat lapisan satu yang sebagian besarnya terdiri dari orang-orang sukses yang sudah berpengalaman dalam bidang investasi di dunia saham.

  1. Mendapatkan pengalaman bisnis yang berharga

Saat menghadiri rapat umum pemegang saham, tentu ini sudah menjadi bukti bahwa Anda sudah termasuk ke dalam salah satu investor berpengaruh yang memiliki hak memberikan suara bersama dengan para petinggi dan jajaran pemilik saham di perusahaan tersebut. Pengalaman tersebut, tentu sulit didapatkan jika hanya terpaku dalam zona nyaman yang mengharapkan kebutuhan hidup terpenuhi dari gaji pokok yang didapatkan. Orang-orang yang berinvestasi tentunya mereka sadar bahwa perjalanan di bidang investasi tidak selalu berjalan mulus dan memang ada yang berniat suatu hari membangun bisnisnya sendiri.

Kira-kira seperti itulah, penjelasan mengenai cara memanfaatkan profit saham dari stock split kali ini. Semoga bermanfaat dan teruslah berusaha meraih kesuksesan diri Anda. See ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *