Cara Investasi Emas Dengan Mudah dan Aman Bagi Pemula

Pernah tidak anda memiliki banyak uang dan anda bingung jika uang ini hanya sekedar dihabis kan maka percuma anda mengumpulkannya, anda ingin menyimpan uang tapi uang itu akan terus bertambah, seperti mustahil bukan.

Tapi di jaman sekarang rasanya mungkin untuk mewujudkan mimpi anda, bagi anda yang tertarik dengan hal itu simak sampai akhir artikel kali ini, karena di kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai cara investasi emas dengan mudah bagi pemula.

Apa Itu Investasi

Investasi merupakan sebuah cara untuk mengembangkan jumlah uang atau kekayaan yang anda miliki. Lebih singkatnya lagi jika anda ingin mendapatkan uang lebih banyak serta keuntungan yang lebih di masa mendatang untuk memenuhi kebutuhan anda investasi merupakan cara terbaik dalam hal ini.

Investasi itu sangat beragam jenisnya, berikut beberapa jenis investasi yang umum dijalankan oleh kebanyakan orang :

  • Investasi saham
  • Investasi reksa dana
  • Investasi deposito berjangka
  • Investasi obligasi ( surat utang )
  • Investasi properti
  • Investasi emas dan logam mulia
  • Investasi asuransi

Itu dia jenis-jenis investasi secara umum, kali ini saya akan memfokuskan untuk menjelaskan apa itu investasi emas dan bagaimana cara investasi emas dengan mudah.

Seputar Investasi Emas

Bagi kalian pasti sudah banyak yang tahu apa itu emas, dan juga mengikuti perkembangan harga emas yang kini makin melonjak. Investasi emas bisa dikatakan jenis investasi klasik yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu sebelum kita, dan investasi jenis ini merupakan investasi yang sangat popular dari mulai kalangan menengah hingga atas.

Investasi emas ini sangat cocok bagi anda memiliki keinginan untuk berinvestasi jangka Panjang, investasi emas ini merupakan investasi yang terbilang aman dikarenakan harga emas yang terus meningkat, peningkatan harga emas ini disebabkan oleh respon kejadian-kejadian tertentu yang memberi efek nilai paper investment seperti saham dan obligasi menurun.

Cara Investasi Emas Mudah Bagi Pemula

Berinvestasi memang sangat menguntungkan tapi jika kita tidak tahu dasar serta cara berinvestasi mungkin justru itu akan merugikan kita, bukannya harta semakin bertambah yang ada harta malam makin berkurang, agar investasi anda tidak merugikan berikut saya bahas cara investasi mudah dan aman.

  1. Beli Emas Di Tempat Yang Terpercaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih tempat yang terpercaya untuk membeli emas, terdapat beberapa tempat yang menjual emas untuk investasi, ada baiknya bagi anda untuk membeli emas di tempat yang aman, terpercaya serta resmi, pada umumnya penjual emas resmi itu menjual emas dengan memberikan sertifikat serta surat-surat.

Mungkin salah satu toko emas yang sudah terjamin dan dipercaya banyak orang adalah PT ANTAM, selain membeli secara langsung di kantor PT ANTAM anda juga bisa membelinya secara online di situs e-commerce yang menjual emas dari PT ANTAM dengan resmi.

  1. Pastikan Tujuan Dari Investasi Emas

Sebelum memulai untuk berinvestasi alangkah lebih baiknya untuk menentukan terlebih dahulu apa tujuan dati investasi emas anda ini, untuk tujuan investasi sendiri sangat beragam, bisa jadi untuk anak anda, untuk usaha anda, untuk pernikahan anda, untuk orang tua anda atau lain sebagainya.

Perumpamaannya anda sekarang bekerja setiap bulannya menghasilkan uang 20 juta, 10 juta biaya hidup anda dan keluarga dan 10 juta uang itu anda ingin investasikan untuk membuka usaha anda 5 atau 10 tahun ke depan, agar anda tidak terus bekerja dan bisa menikmati hari tua anda Bersama keluarga.

Ya mungkin anda memiliki tujuan tersendiri yang lebih berarti bagi hidup anda, saya sarankan lakukan segera investasi ini, karena jika bukan dari sekarang kapan lagi, dan jika bukan anda yang melakukan investasi ini siapa lagi.

  1. Simpan Emas Di Tempat Penyimpanan Yang Aman

Berikut cara investasi dengan aman adalah dengan menyimpan emas yang anda beli di tempat aman, usahakan untuk tidak memberitahukan ke sembarangan orang, untuk menyimpan emas yang mudah adalah dengan menyimpannya di dalam rumah sendiri, tapi jika anda merasa menyimpan emas di rumah kurang aman mungkin anda bisa di Safe Deposit Box atau SDB yang biasa ditawarkan oleh bank.

Tentunya jika anda mengandalkan SDB yang ditawarkan oleh bank tidak gratis, ada biaya tambahan yang ditagihkan kepada anda jika menggunakan SDB ini, untuk harga itu tidak bisa ditentukan karena tergantung bank yang anda pakai serta berapa banyak emas yang anda titipkan, selain emas SDB ini juga digunakan kebanyakan orang untuk menyimpan barang berharga atau surat-surat penting lainnya.

  1. Pantau Perkembangan Harga Emas Dari Waktu Ke Waktu

Untuk cara aman dalam investasi emas berikutnya adalah dengan memantau perkembangan harga emas secara berkala, tidak begitu sulit untuk mengetahui harga emas terkini, bagi anda yang ingin tahu perkembangan harga emas dan naik turunnya harga emas anda tinggal mengunjungi situs-situs terpercaya atau aplikasi ponsel yang menampilkan perkembangan dari harga emas.

Mungkin anda bertanya apa sih tujuan dari memantau perkembangan harga emas? Meski emas dikenal sebagai alat investasi yang relatif stabil, tapi juga kadang emas mengalami penurunan harga, meski emas terbilang jarang turun harga, mungkin tidak ada salahnya jika anda tahu bahwa harga emas turun, bergegaslah untuk membelinya. Dan ketika harga emas tinggi anda memiliki kesempatan untuk menjualnya dengan keuntungan yang berlimpah.

Semakin anda ahli dalam permainan harga emas ini semakin besar pula keuntungan anda dalam mendapatkan lebih banyak emas dengan modal yang tak seberapa. Awalnya mungkin terasa sulit, tapi jika anda sudah terbiasa semua akan semakin mudah.

  1. Fokuskan Untuk Masa Depan

Bagi anda yang mengira jika investasi emas ini hanya perlu modal yang besar dan dalam beberapa minggu akan langsung melihat hasil yang memuaskan, maka anda salah karena investasi jenis ini merupakan investasi yang perlu kesabaran, anda bisa melihat hasil yang signifikan dalam 5 sampai 10 tahun mendatang.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan dari investasi emas ini sangat banyak, berikut saya bahas 2 dari beberapa keuntungan dalam investasi emas.

  1. Bisa Dicairkan Kapan Saja

Salah satu keuntungan dalam investasi emas ini adalah bisa dicairkan kapan saja, kita tidak pernah tahu keperluan mendadak yang datang pada kita, Ketika kita merasa jika ini merupakan kebutuhan yang mendesak kita bisa menjualnya dan mendapatkan uang segera tanpa dipersulit.

  1. Melindungi Aset Kekayaan

Keuntungan ke dua yang kita dapatkan dalam investasi emas ini adalah melindungi kekayaan anda, karena harganya yang relatif stabil dan mudah naik tapi tidak mudah turun, jadi itu sangat menguntungkan anda yang berinvestasi emas ini.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini, terima kasih semoga bisa membantu anda yang sedang memulai dalam berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *