4 Cara Investasi Emas Logam Mulia Mudah Untuk Pemula

Cara investasi emas logam mulia mudah atau tidaknya sebetulnya relatif. Sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama untuk jenis emas yang dipilih dan tempat penyimpanannya.

Sudah bukan rahasia lagi jika emas dipilih sebagai investasi jangka pendek maupun panjang. Banyak pula yang telah memilih investasi emas karena harganya cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Sehingga menimbulkan persepsi akan tabungan emas yang nantinya bisa dicairkan sewaktu-waktu dengan harga yang lebih tinggi.

Lalu, apakah berinvestasi dalam bentuk emas ini sekedar beli, simpan lalu jual lagi di lain waktu? Tentu saja tidak sekedar itu saja. Ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan. Terutama dalam memilih logam mulai dalam bentuk batangan.

Betul sekali, investasi emas tidak hanya berupa perhiasan. Tapi bisa juga dalam bentuk logam mulia. Lalu, bagaimanakah caranya? Simak berikut!

Cara Investasi Emas Logam Mulia Mudah dan Aman

Maraknya penipuan dengan adanya investasi bodong tentu membuat sebagian orang merasa takut untuk berinvestasi. Tak terkecuali dengan inves dalam bentuk logam mulia. Karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, memang sebaiknya lebih berhati-hati.

Agar investasi emas lebih mudah dan aman, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Tentukan tujuan berinvestasi

Banyak yang ikut-ikutan investasi emas baik itu perhiasan maupun emas mulia tanpa tahu tujuan utamanya. Sehingga membuat hasil inves tersebut kurang maksimal. Oleh karena itu, pastikan kamu punya tujuan di setiap kali berinvestasi. Dengan adanya goal, maka bisa lebih bersemangat dalam menabung dalam bentuk emas.

  1. Pantau perkembangan harga emas di pasaran

Sekarang, memantau perkembangan emas di pasaran tidak harus ke toko emas untuk bertanya langsung. Sudah ada aplikasi digital yang dapat memberikan informasi seputar harga emas dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kita bisa memilih waktu yang tepat untuk membeli emas sebagai tabungan masa depan. Begitu juga dengan sebaliknya.

  1. Beli emas di tempat tepercaya

Ada beberapa tempat untuk membeli emas mulia sebagai investasi. Di mana pun itu, sebaiknya beli di tempat yang tepercaya. Dengan begitu, menabung jadi lebih aman. Jangan sepelekan hal ini, hanya karena bisa beli di mana saja. Justru karena banyak yang menyediakan, harus lebih berhati-hati lagi.

  1. Pilih tempat penyimpanan yang aman

Kamu harus tahu, kalau dalam berinvestasi emas batangan bisa disimpan di rumah sendiri maupun di bank. Di mana pun itu, pastikan tempat tersebut betul-betul aman untuk emas mulia yang dimiliki.

Sedikitnya itulah beberapa cara dalam berinvestasi emas batangan dengan mudah tanpa mengurangi rasa aman. Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk berinves dalam bentuk logam murni?

Macam-Macam Investasi Emas Batangan

Harga emas antam yang terus mengalami kenaikan membuat sebagian besar melirik investasi ini. Wajar saja, bukan? Karena nilai keuntungan yang terlihat betul-betul menjanjikan. Buat kamu yang ingin memulasi inves emas mulia, kamu bisa memulainya dari sekarang.

Komoditas emas yang di investasikan tidak selalu dalam bentuk fisik, karena ada pilihan lain. Buat kamu yang ingin tahu, berikut beberapa macam inves emas batangan yang ada:

  • Investasi emas fisik

Baiklah yang pertama adalah investasi emas dalam bentuk fisik. Bisa berupa koin emas, maupun logam mulia lainnya. Kamu bisa membeli emas ini di toko emas, maupun di produsen resmi lainnya.

Investasi ini banyak ditemui dan bisa dibilang sebagai mode klasik. Di mana, orang-orang membeli emas ketika harganya murah lalu menjualnya kembali ketika harganya sedang melonjak tinggi. Pasti untung, bukan?

  • Nabung emas

Merupakan sistem layanan pembelian beserta penjualan emas secara cicilan dan bisa dititipkan di pihak terkait. Investasi bentuk nabung emas ini pun semakin mudah ditemui. Mulai dari emas di Market place, hingga ke toko offline. Cara investasi ini terbilang mudah, karena bisa menabung dalam jumlah bebas, tidak harus 1 gram. Jadinya lebih ringan, bukan?

  • Arisan emas

Konsep dasar dari arisan emas ini hampir mirip dengan arisan uang. Hanya saja yang diterima dari masing-masing anggota berupa emas. Karena arisan bersifat kelompok, maka harus mengumpulkan beberapa orang, dengan iuran dalam jumlah tertentu. Kemudian, uang yang terkumpul dibelikan emas dan diberikan kepada anggota yang mendapatkan undian arisan.

Unik sekali, bukan? Tiap-tiap peserta diminta untuk membayarkan uang dalam jumlah tertentu sampai mencapai nilai dari berat emas yang diinginkan.

Itulah ketiga pilihan inves emas untuk pemula, yang bisa diterapkan dari sekarang juga. Sederhana, bukan? Kira-kira, mana yang lebih menarik?

Keuntungan Investasi Emas Logam Mulia

Jika kamu masih bingung untuk memulai, berikut ada beberapa keuntungan berinvestasi jenis logam mulia yang bisa dipertimbangkan:

Mudah dicairkan

Keuntungan dari inves jenis emas logam adalah sifatnya yang mudah dicairkan. Maksudnya, logam mulia tersebut bisa dijual dengan mudah dan tidak ribet.

Melindungi nilai kekayaan yang ada

Maksudnya adalah emas mampu melindungi nilai kekayaan karena harganya yang cenderung mengalami kenaikan.

Bisa disimpan dengan mudah

Karena bentuk logam mulia yang bukan perhiasan, aset tersebut dapat disimpan di rumah maupun di bank dengan aman.

Bisa digadaikan dengan nilai yang cukup besar

Jika sewaktu-waktu butuh uang tapi enggan untuk menjual emas yang dimiliki, maka logam mulia tersebut bisa digadaikan. Emas pun cenderung mudah digadaikan dengan nilai yang tidak beda jauh.

Beli emas bisa dicicil

Sekarang, beli emas bisa dicicil dan biasanya nominal paling sedikit adalah 5000 rupiah. Tentunya, uang tersebut akan disesuaikan dengan harga emas. Pembelian secara cicilan ini akan memudahkan siapa saja untuk lekas menabung emas. Karena kalau dihitung dari 1 gram, nominalnya cukup mahal.

Tidak selalu ada bentuk fisik

Ketika membeli emas untuk investasi, kita bisa menerima bentuk fisiknya. Tapi, ada juga yang tidak, karena emas tersebut disimpan di bank atau di tempat yang aman. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk menyimpan emas fisiknya sendiri. Banyak pilihan, bukan?

Segudang keuntungan dalam investasi jenis logam mulia membuat sebagian besar ingin segera memulainya. Bagaimana dengan kamu? Segera mulai sekarang juga dan miliki emas sebagai aset yang lebih dari sekedar tabungan.

Pentingnya menabung untuk keperluan di masa depan mungkin terlihat berat jika dalam bentuk uang. Tapi, dengan bentuk logam mulia, kamu bisa mengumpulkannya sedikit demi sedikit. Tak ada salahnya untuk lekas memulainya sebelum harga emas semakin naik dan naik lagi.

Cara investasi emas logam mulia mudah sekali untuk dilakukan, bukan? Tidak perlu menunggu terkumpulnya uang dalam jumlah besar. Kamu pun bisa membeli secara cicilan untuk investasi dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *