Ini Dia Daftar Buku Investasi Saham Terbaik untuk Investor Pemula

Mau belajar saham tapi masih bingung belajarnya lewat apa? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai daftar buku investasi saham terbaik untuk investor pemulayang sepertinya bisa menjawab semua pertanyaan Anda mengenai belajar saham. Kira-kira apa saja rekomendasi bukunya? Cek sampai habis yuk!

Daftar Buku Investasi Saham Terbaik untuk Investor Pemula

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai apa saja buku investasi saham yang terbaik untuk investor pemula atau yang baru saja ingin belajar saham. Berikut ini adalah daftarnya, antara lain:

A Random Walk Down Wall Street, Burton G. Malkiel

Buku berjudul A Random Walk Down Wall Street yang ditulis oleh seorang professor dan ekonom asal Amerika Serikat yaitu Burton Malkiel menjadi salah satu buku investasi terbaik yang telah terjual lebih dari 1,5 juta copy.

Dalam buku ini penulis menekankan bahwa lebih baik investasi jangka panjang daripada jangka pendek, bagaimana cara untuk memprediksi harga, dan bagaimana cara untuk menghindari kesalahan yang banyak dilakukan oleh investor pemula.

Selain itu buku ini juga menjelaskan mengenai istilah-istilah dasar investasi yang sangatlah berguna untuk memahami berbagai strategi investasi.

Bandarmology, Ryan Filbert

Bandarmology merupakan buku karya Ryan Filbert yang merupakan seorang praktisi pasar modal dan investasi sejak tahun 2004. Salah satu buku belajar saham best seller ini membahas tentang apa saja tips untuk mengetahui dan mengenali keadaan pasar modal, misalnya seperti saat permintaan saham tinggi maka harganya pun akan naik, dan lain-lain.

Selain itu, buku ini juga berisi tentang fakta-fakta negatif dari dunia saham yang mana sebenarnya keadaan pasar saham dikendalikan oleh pihak bermodal besar. Sang penulis menyertakan pula beberapa kasus nyata mengenai saham misalnya seperti mencari informasi tentang siapakah bandar yang ada dalam kasus tersebut, informasi waktu yang tepat untuk masuk dan keluar saham.

Invested, Danielle Town

Buku berjudul Invested karya Danielle Town ini berisi tentang cerita perjalanan penulis dalam mengenal saham selama 12 bulan dan memperoleh  banyak bantuan dari sang ayah. Buku ini rilis pada tahun 2018 dan menjadi salah satu buku investasi dan buku saham best seller atau terbaik.

Investory, Andhika Diskartes

Buku Investory karya Andhika Diskartes yang merupakan seorang investor asal Indonesia adalah salah satu buku yang sangat cocok untuk dibaca investor pemula karena menggunakan bahasa mudah dipahami. Buku ini membahas tentang apapun mengenai investasi dari tingkat paling mudah atau dasar untuk para pemula yang ingin masuk ke dunia pasar modal.

Selain saham, buku Investory juga membahas tentang reksa dana, dunia fintech, teknik analisis fundamental, teknikal, cara menyusun portofolio, garis analisa sederhana, dan beberapa contoh mengenai apa saja yang seringkali terjadi di pasar saham Indonesia.

Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki

Rekomendasi buku selanjutnya adalah Rich Dad Poor Dad yang ditulis oleh Robert T. Kinosaki seorang usahawan, investor, dan motivator asal Amerika Serikat. Buku ini dibuat dengan menggunakan bahasa yang kasual sehingga mudah dimengerti untuk investor pemula.

Buku yang terbit pada tahun 1997 ini membahas tentang bagaimana orang miskin dilatih oleh ayahnya untuk bekerja agar bisa menjadi orang kaya sedangkan orang kaya dilatih bekerja untuk bisa memperoleh pengetahuan.

Dengan membaca buku ini Anda akan memperoleh banyak sekali pelajaran mengenai cara mengelola keuangan sehingga bisa hidup dengan kondisi keuangan yang stabil. Selain itu adapun pembahasan yang berbicara mengenai prinsip dasar memulai investasi menguntungkan.

Security Analysis, Benjamin Graham and David L. Dodd

Buku saham selanjutnya adalah Security Analysis yang merupakan salah satu buku saham terbaik rekomendasi Warren Buffet. Bahkan ia mengatakan bahwa buku ini telah memberikan jalan untuk investasi yang sudah dilakukannya selama kurang lebih sekitar 57 tahun.

Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1934 dan langsung populer karena membahas banyak hal penting mengenai investasi seperti bagaimana cara terbaik untuk menganalisa kemajuan investasi yang menghasilkan keuntungan, menjelajahi riwayat keuangan, membandingkan kekuatan perusahaan sebelum memutuskan untuk membeli saham, dan masih banyak lagi.

The Intelligent Investor, Benjamin Graham

Buku The Intelligent Investor karya Benjamin Grama yang merupakan seorang investor, ekonom, trader saham, dan pengajar bidang keuangan ini menjadi salah satu buku yang dibaca seorang Bapak Investasi Duniayaitu Warren Buffet dan buku ini menjadi salah satu buku untuk belajar saham saat ia masih berusia 19 tahun. Bahkan Warren Buffet menyatakan bahwa buku ini menjadi buku investasi terbaik yang pernah dibacanya.

Buku The Intelligent Investor membahas tentang filosofi investasi nilai yang akan melindungi seorang investor dari adanya risiko kehilangan uang dan memberikan penjelasan mengenai pentingnya investasi jangka panjang yang menghasilkan keuntungan. Selain itu sang penulis juga memberikan informasi mengenai bagaimana cara membuat analisa fundamental sebelum memutuskan untuk membeli produk investasi.

The Little Book That Beats The Market, Joel Greenblatt

Buku The Little Book That Beats The Market karya Joel Greenblat yang terbit pada tahun 2005 ini sangatlah cocok untuk dibaca investor pemula atau yang baru saja ingin belajar saham karena di dalamnya terdapat penjelasan mengenai bagaimana cara membuat portofolio investasi yang benar.

Selain itu ada juga pemaparan tentang prinsip penting agar investasi saham bisa menghasilkan keuntungan berlimpah dan teorinya yang fokus pada pembelian perusahaan bernilai tinggi tetapi dengan harga yang cenderung rendah.

Smart Trader Rich Investor, Ellen May

Rekomendasi buku selanjutnya adalah Smart Trader Rich Investor karya Ellen May yang terbit pada tahun 2017.  Buku ini menjadi salah satu buku yang sangat cocok untuk dibaca investor pemula atau yang masih baru saja belajar saham karena di dalamnya terdapat penjelasan mengenai hal dasar saham.

Hal-hal dasar tersebut diambil dari pertanyaan penting mengenai saham seperti kenapa sih harus investasi?, Kenapa sih harus saham?, Apa saja sih keuntungan bermain saham? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Pembahasan dasar, bahasa ringan sehingga mudah dipahami, dan dikemas dalam bentuk seperti komik menjadikan buku ini banyak diminati para investor pemula.

When to Sell, Justin Mamis

Buku When to Sell karya Justin Mamis ini merupakan salah satu buku saham yang cocok dibaca oleh investor pemula karena membahas tentang materi saham secara luas dan spesifik.

Sesuai judulnya, buku ini juga membahas tentang kapan waktu yang paling tepat untuk menjual saham dan menyuguhkan berbagau contoh beserta pengetahuan mengenai kondisi pasar saham yang selalu berubah-ubah.

Sekian informasi mengenai daftar buku investasi saham terbaik untuk investor pemula. Semoga bisa membantu dan bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang mencari bacaan mengenai investasi saham pemula. Terima kasih sudah baca artikel ini dari awal sampai selesai dan sampai jumpa lagi! Semangat berinvestasi!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *