Kegunaan Mengamati Sistem Antrian Bid-Offer Saham

Sebelum membahas kegunaan mengamati sistem antrian bid-offer pada saham, anda akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu bid-offer. Dalam dunia investasi, bagi anda peminat saham, pasti anda tidak asing dengan yang namanya bid-offer. Untuk mendapatkan selembar saham dari sebuah perusahaan, anda harus melewati proses jual beli di bursa efek.

Di bursa efek, atau jika menggunakan istilah adalah pasar, menjadi tempat penghubung antara perusahaan dan investor. Dalam pasar, tidak akan dinamakan pasar apabila tidak ada komponen isi di dalamnya. Pasti akan ada yang namanya penjual dan pembeli.

Emiten atau perusahaan biasanya akan menjadi penjual saham dari perusahaannya yang menyediakan banyak lembaran saham untuk dijual ke pembeli. Nah, investor inilah yang akan berlaku sebagai pembeli yang akan membeli saham.

Kegunaan Mengamati Sistem Antrian Bid-Offer

Setelah sedikit dijelaskan gambaran mengenai penjual dan pembeli. Di sini akan menjelaskan lebih detail apa itu bid-offer. Bid, digunakan untuk si pembeli, yang akan membeli saham perusahaan. Di dalam kolom bid, akan tersedia harga per lembar saham yang bisa anda beli. Ingat! Jika anda ingin membeli saham, maka anda bisa melihat kolom bid karena berisi harga saham yang akan dijual oleh perusahaan. Sedangkan offer, digunakan untuk anda yang ingin menjual saham anda kepada orang lain. Anda harus memilih kolom offer untuk bisa menjualkan saham anda dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Untuk anda yang ingin melakukan transaksi dengan membeli saham, anda harus mengklik kolom bid dan masukkan nominal harga yang ingin anda beli. Sedangkan jika ingin menjual, maka klik kolom offer dan jangan lupa untuk memasukkan nominal yang ingin anda dapatkan. Bid-offer ini merupakan antrian ketika anda bertransaksi untuk menjual atau membeli di bursa efek. Karena bursa efek ini cakupannya sangat luas, dan tidak hanya menangani anda saja, jadi anda harus mengantri untuk mendapatkan harga saham yang anda mau.

Lalu, apa gunanya mengamati antrian ini? Gunanya adalah untuk menemukan saham-saham pilihan. Anda harus mengamati antrian bid-offer di bursa efek untuk menemukan saham pilihan anda. Dibutuhkan kesabaran karena proses pengamatannya tidak hanya berselang sebentar untuk memantau pergerakan harga sahamnya. Pergerakan harga pada bid-offer di bursa efek ini akan berjalan selama jam buka pasar saja. Setelah itu, pergerakan harga akan berhenti apabila jam operasional telah berakhir.

Harga saham yang turun, dapat mengindikasikan bahwa antrian offer sudah mulai menjadi dominan. Artinya, mereka yang menjual saham lebih banyak daripada yang akan membeli saham.

Setelah mengenal bid dan offer secara permukaan, ada baiknya juga mengenal bahaya membeli saham agar tidak terjebak dalam permainan bisnis yang merugikan seperti ini ciri-cirinya:

  1. Volatilitas harga yang berantakan

Saham gorengan ini memiliki grafik pergerakan harga yang berantakan, tidak halus naik dan turunnya. Bisa naik cepat dan turun juga cepat.

  1. Jumlah tranksasi yang tidak stabil

Hal ini dikarenakan saham gorengan tidak populer karena pada umumnya memliki bid-offer yang kecil, selain itu juga punya antrian yang selisih harganya jauh. Tapi tidak dipungkiri juga ada saham gorengan yang bisa populer sehingga memiliki transaksi yang besar tapi namanya juga saham gorengan tidak diimbangi dengan kapitalisasi yang besar.

  1. Kapitalisasi pasar kecil

Karena namanya saham gorengan, pasti tidaklah bermain di angka harga saham yang tinggi, hal ini untuk memainkan harga yang lebih agresif. Acuan umumnya di bawah nilai 1 triliun. Itulah mengapa sangat penting untuk menelaah lebih dalam mengenai latar belakang perusahaan dan anda bisa memadukan dengan analisis lainnya untuk memperkuat keyakinan anda.

  1. Geraknya harga tidak sejalan dengan fundamentalnya perusahaan

Saham gorengan biasanya akan bertolak belakang dengan pergerakan dari kinerja perusahaan. Contoh jika saham yang baik, pada saat perusahaan mendapat laba maka saham akan ikut dalam kenaikan pergerakan harga saham. Ciri lainnya terdapatnya gosip berita tentang perusahaan yang akan diakuisisi.

Ketika kita sudah mengenal saham gorengan itu seperti apa dan tetap mau membeli saham gorengan karena tertarik, ada juga tipsnya. Hal ini untuk lebih menghindari kerugian yang lebih besar jika keputusan kita salah.

  1. Analisis dulu dengan teliti, cerdas dan logic

Perhatikan saham tersebut, jika ada permainan bandar disana kita sebagai pemain sama harus menahan dulu untuk membeli karena logikanya, saham gorengan akan dibeli dalam jumlah besar oleh bandar dan akan di jual juga dengan jumlah yang besar pula. Hal ini akan memberikan efek fatamorgana, saat kita beli dengan harga yang masih tinggi beberapa waktu akan turun jauh dalam sekejap.

  1. Pantau pergerakan harga saham yang ditarget

Hal ini dikarenakan saham untuk keperluan trading pergerakannya sangat dinamis, luput sebentar jika tidak beruntung maka berakibat kerugian yang besar. Tips untuk menangkalnya, memasang automatic order untuk nantinya profit taking maupun cut loss terjadi.

Tips Cepat Mendapat Saham Tanpa Mengantri

Dalam membeli saham, anda akan selalu berjumpa dengan antrian bid-offer yang berisi banyak orang yang juga berniatan sama seperti anda, membeli atau menjual saham. Dalam membeli saham dengan harga yang sesuai, ada baiknya untuk anda mengamati antrian bid-offer. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang lama. Namun pastinya bukan masalah apabila anda tidak membutuhkannya dalam waktu cepat.

Sedangkan untuk anda yang butuh waktu cepat untuk mendapatkan saham tanpa harus menunggu antrian, anda bisa menggunakan cara ini:

Gunakan harga offer

Untuk mempercepat anda dalam mendapatkan saham, harga offer yang merupakan harga jual saham bisa anda gunakan. Harga offer ini memang lebih mahal daripada harga bid karena mereka yang menjual saham juga tidak ingin rugi dan menjual dengan harga yang semakin dinaikkan.

Jika anda ingin memastikan untuk mendapati saham dengan cepat, mungkin cara ini cocok dengan anda berani mengambil harga tinggi untuk membeli saham. Namun resikonya, anda yang sudah membeli dengan harga offer harus siap apabila harga saham semakin turun.

Beli Secara Bertahap

Cara kedua apabila anda tidak siap dengan cara pertama adalah anda bisa membeli saham dengan harga offer rata-rata untuk setengah target. Misal anda ingin membeli saham 10 lembar dari suatu perusahaan, maka anda bisa membeli 5 lembar dengan harga offer dan 5 lagi dengan mengantri di bid dengan mengamati lagi pergerakan harganya.

Hal ini lebih aman dan lebih sedikit kerugian serta penyesalan anda. Setidaknya anda memiliki setengah target yang sesuai dan tidak mendapatkan kerugian yang sepenuhnya. Cara ini biasa disebut dengan laddering in atau bertahap.

Jadi jika anda ingin membeli atau menjual saham dalam bursa efek, sangat penting untuk meninjau dan memperhatikan bid-offer dan pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan harga yang sesuai. Anda akan menemukan kepuasan apabila mendapati harga yang cocok dan tidak terburu-buru dalam membeli saham.

Selain itu, anda wajib menelaah kembali perusahaan. Bid-offer bisa menjadi kepuasan anda serta juga bisa menjadi kekecewaan anda tergantung bagaimana anda menyikapinya. Sekian di atas adalah penjelasan mengenai kegunaan mengamati sistem antrian bid-offer. Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *