Aplikasi Investasi Terbaik Yang Cocok Untuk Belajar Investasi Saham

Aplikasi investasi terbaik merupakan sebuah bentuk kemajuan teknologi yang membuat para investor menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi yang berkaitan dengan saham di pasar modal.

Terdapat beberapa macam aplikasi yang bisa digunakan oleh investor, hanya dengan mengunduhnya di smartphone.

Jenis Aplikasi Investasi Terbaik Untuk Pemula

Berikut beberapa jenis aplikasi saham yang harus diketahui oleh para investor, khususnya bagi para investor yang baru memulai masuk ke dunia saham :

Aplikasi Simulasi Dan Saham

Dilengkapi dengan beberapa tahapan mengenai transaksi yang lengkap dan disertai dengan penjelasannya. Bukan hanya itu saja, aplikasi jenis ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai pergerakan saham baik di dalam negeri ataupun luar negeri yang bisa dipantau secara real time.

Aplikasi ini dilengkapi dengan simulasi transaksi, dimana dapat mengajarkan para investor pemula untuk bisa mempelajari cara jual saham dan menganalisa fundamental perusahaan.

Unduh aplikasi ini melalui Play Store bagi para investor yang menggunakan smartphone android dan unduk melalui App Store untuk yang menggunakan IOS.

Aplikasi Saham Komunitas Online

Komunitas berarti akan masuk ke dalam kumpulan orang-orang yang telah berhubungan dengan saham, entah sebagai pemula ataupun sudah professional. Tidak jarang bahwa investor pemula seringkali mengalami kesulitan saat mengatur strategi berinvestasi agar tidak mengalami kerugian.

Untuk menghindari hal tersebut, aplikasi ini memudahkan para investor pemula untuk dapat berinteraksi dengan investor yang sudah professional dalam dunia saham. Sehingga, investor pemula tidak perlu bingung untuk berkonsultasi langsung mengenai pergerakan saham dengan investor lainnya.

Tidak hanya itu, para investor juga bisa saling memberikan kabar mengenai kondisi pasar saham saat ini, termasuk saling bertukar informasi mengenai naik turunnya saham di suatu perusahaan, dan masih banyak lagi pembahasan seputar saham.

Aplikasi Saham dan Berita Pasar

Beberapa aplikasi saham dan berita pasar diantaranya Bisnis.com, Bloomberg, Kontan, dan lainnya yang bisa digunakan oleh para investor.

Aplikasi tersebut menyajikan fitur yang memudahkan para investor melakukan analisa kondisi fundamental perusahaan sebagai tempat mereka menanamkan sahamnya. Investor bisa rutin membaca informasi mengenai berita pasar saham.

Aplikasi Saham Mobile Banking

Istilah Mobile Banking tentu tidak asing bagi sebagian besar orang, karena siapa saja yang memiliki tabungan di bank juga merasa dimudahkan dengan adanya mobile banking. Sama seperti pelayanan di bank, aplikasi ini memudahkan investor untuk membayar tagihan transaksi pembelian saham.

Hanya sebatas membayar tagihan. aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk mengecek nilai saham atau mencari informasi lain terkait dengan industri pasar modal. Sehingga, investor harus mengunduh aplikasi lain yang bisa memberikan informasi mengenai pergerakan saham.

Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Sebelum berinvestasi, ada baiknya investor membuka rekening saham terlebih dahulu di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas telah memukiki aplikasi saham untuk memudahkan investor melakukan jual beli saham.

Adanya aplikasi ini membuat para investor tidak perlu melalui pialang yang merupakan perwakilan dari perusahaan sekuritas. Transaksi dapat dilakukan oleh investor dimana saja dan kapan saja.

Berikut beberapa aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas :

  • Equity Mobile
  • Most Mobile Mandiri

Daftar Aplikasi Investasi Terbaik

Stockbit

Beberapa kelebihan ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu untuk memudahkan para investor bersama dengan komunitasnya melakukan diskusi mengenai investasi. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan jual beli saham secara langsung.

Stockbit terhubung secara langsung dengan rekening saham yang dinaungi oleh PT Sinarmas Sekuritas. Investor akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini untuk bertransaksi. Keamanan transaksi juga sudah sangat terjamin dengan adanya fitur Touch ID, sehingga perlu mengkonfirmasi transaksi dengan sidik jari pemilik.

IDX Channel

IDX Channel disebut juga dengan Indonesia Stock Exchange Data berfungsi sebagai aplikasi untuk memudahkan investor bekerja mengecek pasar modalnya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, sehingga para investor yang terdaftar sebagai pengguna baru tidak perlu pusing-pusing mengoperasikan aplikasi ini.

Untuk memudahkan para investor, aplikasi ini dilengkapi dengan data real time, dimana adanya notifikasi mengenai waktu terbaik untuk melakukan jual beli saham, memanajemen portofolio, hingga mengetahui informasi melalui berita ekonomi, dan masih banyak lagi hal-hal yang didapatkan untuk menggunakan aplikasi ni.

Investing.com

Sama seperti IDX Channel, Investing.com juga memuat informasi saham dengan cara real time. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur Economic Calendar untuk menginformasikan kepada investor terkait dengan info terbaru tentang acara-acara ekonomi dunia. Ada juga fitur untuk pengaturan portofolio saham, serta berita dan analisis pasar saham.

RTI Business

Aplikasi ini dipercaya sebagai aplikasi saham terbaik karena menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap, diantaranya informasi mengenai pasar modal Indonesia, mulai dari price quotes, charts, data finansial, analisa, serta berbagai informasi mengenai keputusan perusahaan terkini, berita saham dan pasar moda, serta masih banyak lagi.

Acorns

Pada tahun 2018, Acorns disebut-sebut sebagai aplikasi investasi online terbaik versi thebalance.com. Menggunakan aplikasi ini, investor dapat menarik uang dari kartu kredit maupun debit setiap bulannya saat investor bertransaksi dengan kartu kredit.

Bibit

Untuk para investor yang berminat melakukan investasi Reksadana, dapat menggunakan aplikasi ini karena prosesnya yang cukup mudah dan bisa dilakukan secara online dan mudah bahkan untuk pemula. Kelebihan dan kekurangan investasi menggunakan bibit adalah:

Kelebihan Bibit:

  • Tampilan yang sederhana sederhana dan informasi yang cukup lengkap dari prospektus, fund fact sheet, grafik nilai investasi, expense ratio, dan lain-lain
  • Proses pendaftaran /registrasi serta transaksi yang mudah
  • Sangat direkomendasikan untuk orang yang pertama kali belajar berinvestasi, terutama di reksadana

Kekurangan Bibit:

  • Kurang kelengkapan informasi mengenai resiko saham yang sangat besar.
  • saham yang ada kurang lengkap.

Ajaib

Ajaib menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk investasi saham di Indonesia. Aplikasi ini cocok bagi investor untuk trading saham. Tidak hanya untuk trading saham aplikasi ini juga menfasilitasi pengguna untuk investasi online. Dengan fitur-fitur yang diunggulkan ajaib menjadi salah satu aplikasi yang disukai investor-investor pemula. Dalam fiturnya selain apps yang dimiliki oleh aplikasi lain ajaib juga menawarkan :

  • Biaya transaksi yang rendah
  • Menyediakan integrasi forum dan training
  • CS online chat

Neo HOTS Mobile

Aplikasi milik PT Mirae Asset Sekuritas ini digunakan oleh investor setelah memantau pergerakan atau perkembangan saham yang diincar dan memutuskan untuk memulai investasi. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah untuk jual-beli sajamnya dan fee yang ditawarkan juga rendah dan wajar, yaitu sekitar 0,15% untuk pembelian saham dan 0,25% untuk penjualan saham.

Bukan hanya itu saja, aplikasi Neo HOTS Mobile juga bisa membuat investor mendapatkan edukasi secara gratis mengenai ilmu-ilmu atau pengetahuan seputar investasi saham.

Sehingga sangat memudahkan investor untuk mendalami investasi saham dan melakukan transaksi.

Banyaknya aplikasi saham yang tersedia semakin memudahkan investor untuk melakukan control terhadap modal yang dipercayakan kepada suatu perusahaan. Para investor pemula dapat segera mengunduh aplikasi investasi terbaik.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *