Apa Itu Cryptocurrency (Crypto)? Cryptocurrency Untuk Pemula

Di era kekinian berbasis teknologi, membuat orang semakin tergantung dengan digitalisasi. Bahkan soal keuangan juga merambah transaksi digital, salah satunya menggunakan cryptocurrency. Apa itu cryptocurrency (crypto)? cryptocurrency untuk pemula? Simak infonya, untuk yang ingin mulai menggunakan.

Apa Itu Cryptocurrency (Crypto)? Cryptocurrency Untuk Pemula

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum memanfaatkan cryptocurrency adalah, pengertian dari istilah tersebut. Dimana, secara literatur merupakan gabungan dua kata. Ada kata cryptography yang artinya kode bersifat rahasia dan kata currency dengan arti mata uang.

Jadi, jika digabungkan dan ditelaah secara sederhana artinya adalah mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi di dunia maya. Proses penggunaannya secara umum adalah langsung dikirim dari pembeli barang kepada penjual dengan sistem peer to peer.

Berhubung proses transaksi menggunakan mata uang ini dilakukan secara online, tentunya semua jejak transaksi tercatat otomatis. Pada sistem operasional perangkat  dan jaringan cryptocurrency yang digunakan. Makanya, transaksi dengan cara ini masuk kategori aman selama Anda memilih jenis yang tepat.

Ciri-Ciri Cryptocurrency

Biar Anda tidak bingung seperti apa sebenarnya crypto tersebut, berikut ini beberapa ciri-cirinya. Sehingga semakin mudah membedakannya dengan alat transaksi digital lainnya.

  • Tidak Terpengaruh Inflasi

Mata uang digital ini berbeda dengan mata uang konvensional, yang sangat rentan terpengaruh pada inflasi yang terjadi. Cryptocurrency tidak akan terpengaruh inflasi, jadi aman digunakan bahkan ketika sebuah negara sedang mengalami masalah ekonomi yang sulit.

  • Tidak Ada Intervensi Pemerintah

Pengelolaan mandiri yang dilakukan pihak tertentu, membuat mata uang ini tidak terikat pada aturan pemerintah. Sebab pada umumnya mata uang ini bersifat universal, bukan hanya terbatas di sebuah kawasan saja.

  • Transparan

Dengan sistem yang memiliki akuntabilitas tinggi, memungkinkan proses penggunaan cryptocurrency lebih transparan. Dimana setiap transaksi apapun pada sebuah akun tercatat dan bisa dicek kapanpun dibutuhkan.

  • Terbit Tanpa Regulator

Regulatornya adalah langsung pengelola mata uang itu sendiri bersama semua penggunanya. Mungkin di masa depan akan terdapat regulasi terhadap crypto. tentu saja regulasi akan disesuaikan dengan negara tertentu.

  • Infrastruktur Rentan Bermasalah

Tidak semua cryptocurrency berkualitas, jika tidak didasari infrastruktur yang hebat maka akan rentan menimbulkan masalah. Mulai dari jaringan hingga keamanan data penggunanya. Hal itu bisa dilihat jika sebuah crypto mempunyai nilai dan juga volume yang rendah, maka kemungkinan itu adalah crypto yang buruk. tapi untuk top crypto seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Polkadot atau yang lainnya, Infrastrukturnya tetap sudah hebat. (top 100 hingga 200 crypto biasanya mempunyai infrastruktur yang hebat)

Jenis Cryptocurrency

Sejak kemunculan sistem mata uang digital di era 1980 an silam, saat ini sudah bertebaran banyak jenis yang dikelola dan digunakan banyak orang. Baik di Indonesia maupun dunia. Anda penasaran apa saja jenis dan namanya?

Bitcoin

Di Indonesia, pengguna crypto yang satu ini sangat banyak, dengan jumlah uang yang beredar hanya sekitar 21 juta saja. Soal harga, bitcoin mengalami peningkatan yang cukup drastis seiring semakin banyaknya yang menggunakannya sebagai alat transaksi digital atau berinvestasi. (Tesla Berinvestasi sebesar $1.5 Milyar)

Akibat ketenaran dan sistem jaringan yang dianggap cukup mumpuni, crypto ini banyak dijadikan pilihan pemula yang ingin berinvestasi dan diberi gelar the king of cryptocurrency.

Ethereum

Adalah jenis yang pertama kali populer di kalangan pebisnis yang ingin punya aset uang digital atau crypto. Para pengembang yang menggunakan Ethereum ini memiliki kesempatan untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan pada komputer atau ponsel, dengan sistem terdesentralisasi.

Makanya, banyak orang menggunakannya apalagi kontrak yang terjadi antara pengguna dan pengelola tidak akan melibatkan pihak ketiga. Bahkan hingga 2020 kemarin, masih menjadi mata uang yang menempati posisi puncak.

Polkadot

Polkadot mempunyai performa yang sangat baik pada masa bullish tahun 2020/21 ini. mungkin karena ada beberapa masalah yang tidak bisa di selesaikan oleh protokol ethereum (karena fee transaksi yang besar), maka banyak developer yang berganti ke Polkadot. dari sisi investasi sendiri, sudah bisa dikatakan bahwa Polkadot sangat menguntungkan.

Dogecoin

Berawal dari harga hanya Rp.45 saja, dan sekarang harga dogecoin hari ini mencapai kisaran Rp.1000, sudah bisa membayangkan bukan, berapa profit yang di dapatkan jika membeli dogecoin pada harga 45-50 rupiah. hal ini terjadi setelah CEO Tesla Elon Musk selalu mengirimkan meme tentang dogecoin sebagai sistem pemabayaran yang baik, hal inilah yang menjadi penyebab harga dogecoin meroket dalam beberapa minggu terakhir.

BNB

BNB Coin adalah native tokens dari exchange terbaik saat ini, Binance. menjelang tahun baru China, volume BNB coin meningkat dengan pesat dan pada akhirnya dari harga rata rata awal $25-$30 sekarang bisa mencapai all time high (new ATH) sekitar $148. Ada beberapa sebab kenaiakan harga bnb coin ini, seperti volume yang sangat meningkat tajam, regulasi DeFi (Decentralized Finance) dan juga listing baru dan partnership.

Litecoin

Saat ini jumlah litecoin yang beredar di dunia mencapai 84 juta dan banyak dijadikan instrumen investasi virtual. Salah satu alasannya adalah, Anda bisa mendapatkan koin hasil menambang sebanyak 25 litecoin hanya dalam waktu singkat yaitu dua menit saja. Kamu harus mempunyai perlengkapa yang cukup bagus untuk bisa melakukan mining litecoin. dari sisi teknologi, Litecoin juga sangat cepat.

NEM

Crypto ini masuk kategori hemat saat dijadikan instrumen investasi, karena NEM mempunyai harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bitcoin, ethereum atau polkadot. Jika dibandingkan dengan mata uang digital lainnya, NEM juga tergolong paling cepat dalam proses transaksi.

Untuk melakukan transaksi baru, Anda hanya perlu waktu sekitar 20 detik untuk konfirmasi kesuksesan transaksi tersebut. Sedangkan untuk mulai transaksi hanya perlu waktu enam detik saja.

Vidycoin

Anda bisa menggunakannya melalui platform Vidy, nanti akan ada koin yang jadi milik pengguna ketika sudah menonton iklan yang tersedia disana. Cukup dengan mengumpulkan koin tersebut, maka Anda sudah bisa menabung secara digital dan mendapatkan banyak bonus.

Diprediksi, jenis crypto ini akan melejit dalam beberapa waktu ke depan. Dengan menggeser kebiasan blocking iklan dan menjadikannya sumber keuangan jangka panjang. Nilai utilitas dari crypto ini juga tergolong besar, terutama saat Anda berkontribusi di Reward City yang tersedia di platform tersebut.

Transaksi virtual pada fitur Reward City ini, akan berdampak pada ReGas token Anda yang akan bertambah. Reward tersebut bisa digunakan untuk transaksi digital, mulai dari membeli produk rumah tangga, digital, dan lainnya. Makanya jika dibandingkan rypto lain, Vidycoin sangat menggiurkan.

Mau Investasi Cryptocurrency? Ini Tipsnya

Dengan prediksi perkembangan cryptocurrency yang semakin luar biasa, tak sedikit orang yang menjadikannya pilihan investasi. Apakah Anda juga berminat untuk mencobanya?

Sebelum mulai, pastikan untuk mengetahui dulu apa tujuan berinvestasi, apakah untuk melindungi uang saat terjadi inflasi, atau ingin mencoba pakai teknologi yang ditawarkan oleh berbagai platform cryptocurrency, atau ingin melakukan kegiatan sosial.

Selanjutnya adalah memastikan untuk tidak menggunakan semua uang yang Anda punya untuk dijadikan uang digital. Tetap, sisihkan uang di kantong untuk mewaspadai ketika terjadi turunnya harga crypto yang Anda punya. Boleh dibilang, ini merupakan langkah meminimalisir resiko!

Anda juga perlu tahu jenis-jenis koin crypto yang tersedia, karena banyak tersedia jenis koin dengan karakter dan plus minusnya masing-masing. Selain itu, pastikan juga untuk memilih yang menggunakan aplikasi terpercaya dan mudah untuk digunakan.

Apa Saja Plus Minus Pakai Cryptocurrency

Biar tambah yakin untuk menggunakan cryptocurrency dan menjadikannya investasi. Anda juga perlu memahami apa saja plus dan minus yang dimilikinya.

  • Nilai Plus

Nilai plus yang bisa Anda dapatkan adalah, sistem keamanan yang dimiliki platform terpercaya sehingga data pribadi yang diberikan saat mendaftar dan bertransaksi terbilang aman.

Anda tidak akan terkena dampak pemalsuan uang, sebab sudah ada sistem blockchain yang memblok ketika ada dua transaksi dengan satu mata uang sama. Idealnya, satu mata uang hanya boleh untuk sekali transaksi.

Nilai plus lainnya adalah adanya potensi bahwa di masa depan, harga crypto akan naik signifikan dan bisa mendatangkan untung besar bagi yang menggunakannya.

  • Nilai Minus

Hati-hati dengan kemungkinan Volatilitas atau perubahan nilai mata uang yang terjadi tiba-tiba tanpa diprediksi. Jika harganya naik tentu bisa menguntungkan, tapi kalau turun drastis tentu memberikan kerugian yang tidak sedikit.

Jika Anda tak ingat password untuk membuka dompet digital dimana Anda menyimpan uang digital tersebut, maka otomatis Anda tak bisa mengakses dana yang ada di dalamnya apalagi melakukan transaksi.

Mengingat saat ini berbagai cara dilakukan untuk menjaga keamanan finansial, mengetahui apa itu cryptocurrency (crypto)? cryptocurrency untuk pemula akan sangat membantu. Supaya Anda bisa melakukan investasi yang aman dengan uang digital, sehingga masa depan finansial jadi lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *