Skip to content

5 Jenis Investasi Mahasiswa yang Aman dan Menguntungkan

Investasi adalah kegitan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Investasi sebaiknya harus dimulai atau ditanamkan sedini mungkin. Banyak orang yang memulai investasi ketika sudah memiliki pekerjaan atau penghasilan sendiri tetapi Masa kuliah jadi waktu yang paling pas untuk memulai berinvestasi Pasalnya, saat ini sudah banyak platform investasi yang menawarkan modal minim dengan meniyihkan 10.000 per hari Anda bisa berinvestasi saat masih kuliah. Investasi bagi mahasiswa akan melatih mental dalam mengambil keputusan serta merencanakan keuangan masa depan. Berikut ini adalah manfaat investasi bagi mahasiswa :

  1. Melatih Mengatur Keuangan

Sebagian Besar Mahasiswa cenderung menghabiskan uang untuk hal yang kurang bermanfaat seperti, nongkrong di kafe, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Alhasil mahasiswa tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, oleh karena itu dengan memulai investasi dapat menghemat pengeluaran sekaligus melatih diri untuk mengatur keuangan.

  1. Sarana Menabung

Investasi juga bisa sarana untuk menabung, misalnya untuk membeli barang yang dibutuhkan seperti laptop, hp liburan dengan berinvestasi maka dapat menyisihkan uang untuk memenuhi keinginan tersebut tanpa membebankan pada orang tua dan tanpa harus menggunakan uang kebutuhan harian.

  1. Menambah Sumber Pemasukan

Dengan berinvestasi secara tidak langsung dapat menambah sumber penghasilan tambahan. Sebagai mahasiswa pastinya penghasilan tersebut akan sangat bermanfaat untuk berinvestasi lagi ataupun digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

  1. Mempersiapkan Keuangan di Masa Depan

Dengan Investasi jangka panjang entunya kita bisa mempersiapkan keuangan yang nantinya untuk menunjang kebutuhan di masa depan. Karena kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi dan apa yang dibutuhkan pada masa depan nantinya.

5 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Kalangan Mahasiswa

Reksadana pasar uang

Reksadana yang menggunakan instrumen pasar uang untuk mendapatkan keuntungan bagi para investornya. Reksadana pasar uang juga merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki risiko kecil. Karena memiliki resiko kecil Investasi ini sangat cocok untuk pemula yang belum mengenal investasi sekalipun.

Saham

Investasi yang sedang naik daun yang sangat diminati mahasiswa karena banya sekali platform yang  memudahkan mahasiswa untuk memulai berinvestasi lewat aplikasi jual-beli saham. Investasi saham dapat dilakukan dengan modal sedikit. Bahkan ada saham yang bisa dibeli dengan modal ratusan ribu saja. Untuk memulai dan mendapat keuntungan.

Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih karena nilai emas cenderung naik dan stabil Selain itu, kemudahan berinvestasi emas jauh lebih mudah sekarang ini. Berbagai platform marketplacepun sudah ada fasilitas untuk berinvestasi emas. Dan juga dengan modal mulai dari 10.000 rupiah saja sudah bisa memulai untuk berinvestasi emas. Maka dari itu Emas merupakan investasi yang sangat cocok untuk mahasiswa.

Deposito

Deposito merupakan salah satu produk perbankan yang sangat cocok untuk berinvestasi. Deposito berbentuk simpanan di bank yang penyetoran maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Umumnya, deposito berjangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Jenis investasi ini sangat aman bagi mahasiswa.

P2P Lending

P2P Lending adalah salah satu investasi yang aman dan sedang populer serta sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa. Investasi P2P lending yaitu dengan pemberian pinjaman kepada individu maupun kelompok bisnis/usahawan. Dana P2P lending berasal dari pinjaman dari banyak individu. Oleh karena itu sangat cocok bagi mahsiswa untuk mulai berinvestasi di P2P lending. modal yang diperlukan yaitu mulai dari Rp100.000 saja.

Itulah beberapa investasi mahasiswa yang menguntungka mulai dari reksadana, saham, emas, deposito, dan juga p2p lending. Bagaimana tertarik untuk melakukan investasi? Tetap gunakan uang dingin dalam melakukan investasi walaupun investasi diatas tergolong aman dan kecil resiko!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.