Skip to content

3 Mindset Investasi Penting Bagi Pemula

Para generasi millenial dan generasi Z mengartikan Investasi untuk bisa cepat kaya dalam waktu yang. Mindset tersebut yang demikian tidaklah benar karna segala sesuatu yang kita jalani dalam hidup ini butuh proses dan ga ada yang instan, mie instan pun harus direbus terlebih dahulu baru bisa dimakan.

Selain itu banyak juga dari mereka yang beranggapan bahwa investasi hanya untuk orang kaya saja karena membutuhkan modal yang cukup besar. Nyatanya saat ini banyak perusahaan sekuritas atau (broker) resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) banyak memberikan kemudahan sehingga investasi dapat dijangkau oleh semua kalangan dengan modal yang rendah. Dengan Rp. 100.000 saja sebagai setoran awal sudah bisa menjadi investor dan membeli saham untuk pertama kalinya.

Para generasi millenial dan generasi Z berfikir cepat kaya membuat segalanya semakin terasa susah dijalani dikarenakan pikiran sudah dipenuhi angan-angan yang tidak rasional dan sulit menjadi kenyataan karena tekanan tersebut sehingga niat untuk tetap konsisten berinvestasi menjadi memudar dan enggan untuk melanjutkan. Mereka lupa bahwa investasi juga memiliki resiko tidak selamanya untung dan untung.

Sebagai investor sebaiknya tanamkan mindset sebagai berikut untuk memulai belajar di dunia investasi.

Jadilah orang yang mau berproses dan pantang menyerah

Untuk menjadi investor yang mengetahui kondisi pasar kapan harus membeli dan menjual aset perlu belajar dengan tekun sedikit demi sedikit. Seperti halnya kita mengumpulkan uang 1 juta berawal dari 100rb hingga menjadi 1 juta. Jika tidak menghargai proses maka juga tidak akan mendapatkan apa yang menjadi tujuanmu.

Mulailah dari nominal kecil

Mulai Berinvestasilah pertama dengan nominal kecil sembari belajar tentang investasi lebih dalam agar dapat meminimalisir kerugian yang tidak terduga. Mungkin Ada yang berkata jika investasi nominalnya kecil kapan jadi kayanya? Nah pola pikir seperti itu yang harus diubah tetap fokus pada belajar dan belajar Jika kebiasaan baik itu sudah tertanam maka tujuan pun akan semakin mudah.

Mulailah dari sekarang

Ada pepatah waktu adalah uang maka dari itu jangan pernah sia-siakan waktu sebagai contoh 1 detik pun sangat berharga bagi atlet lari apalagi berbicara tentang investasi semakin cepat kita memulai semakin baik pula untuk kedepannya dan semakin cepat pula tujuan tersebut tercapai di masa depan.

Semoga paparan diatas bisa menjadi motivasi awal bagi yang ingin memulai berinvestasi di pasar modal indonesia.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.